Strategi Pemasaran Warung Kopi di Kota Banda Aceh dengan Game Theory
Abstract
Banyaknya warung kopi yang yang terdapat di berbagai tempat menjadi keunikan tersendiri bagi masyarakat Kota Banda Aceh. Hal ini juga menimbulkan daya saing yang tinggi antar pemilik warung kopi, sehingga dibutuhkan suatu strategi optimal untuk dapat bersaing dengan pemilik warung kopi lainnya. Penentuan strategi optimal menggunakan game theory (teori permainan) dengan memakai tujuh strategi seperti produk, harga, lokasi, promosi, orang, sarana fisik dan proses yang dikenal dengan istilah marketing mix. Adapun warung kopi yang digunakan adalah Solong Coffee, Dhapu Kupi, dan Zakir Warkop. Penentuan nilai suatu strategi dilakukan dengan mengsurvei pelanggan warung kopi. Pengambilan sampel penelitian menggunakan metode convening sampling yaitu salah satu teknik pengambilan sampel tidak acak. Jumlah sampel penelitian yang digunakan adalah sebanyak 96. Dari hasil pengambilan data diperolehlah bahwa 89% responden adalah laki-laki dan 11% adalah perempuan. Selanjutnya, jumlah responden terbanyak dengan kategori usia adalah responden dengan usia 20-30 tahun. Jumlah responden terbanyak dengan kategori pendidikan terakhir adalah Sarjana sebesar 54% dan jumlah responden dengan kategori pekerjaan adalah mahasiswa sebesar 36%. Hasil penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa strategi optimal Solong Coffee menghadapi Dhapu Kupi dan Zakir Warkop adalah strategi produk. Strategi optimal Dhapu Kupi menghadapi Solong Coffee dan Zakir Warkop adalah strategi lokasi, sedangkan strategi optimal Zakir Warkop menghadapi Solong Coffee dan Dhapu Kupi adalah strategi sarana fisik.
One of Banda Aceh uniqueness is the number of coffee shops in its various places. This number leads to high competitiveness among coffee shop owners, thus each of them need an optimal strategy to strive in the competition. Optimal strategies determination using game theory by seven strategies such as products, prices, locations, promotions, people, physical facilities and processes, is known as marketing mix. The samples used are Solong Coffee, Dhapu Kupi, and Zakir Warkop coffee shops. The value of a strategy is determined by surveying the customers of the coffee shops that chosen by the convening sampling method. Out of 96 respondents, 89% were male and 11% were female, the highest numbers of respondents are in the age category of 20-30 years, the last education category is a Bachelor of 54%, and 36% are students in University. The results of this study conclude that the optimal strategy of Solong Coffee facing Dhapu Kupi and Zakir Warkop is the product strategy, Dhapu Kupi facing Solong Coffee and Zakir Warkop is the location strategy, and Zakir Warkop dealing with Solong Coffee and Dhapu Kupi is the physical facilities.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
BPS Kota Banda Aceh. 2013. Banda Aceh Dalam Angka 2013. BPS Kota Banda Aceh. Banda Aceh.
Assauri,S. 2011. Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep, dan Strategi. Rajawali Pers. Jakarta.
Sukotjo, H., dan Sumanto, R. 2010. Analisa Marketing Mix-7P (Produk, Price, Promotion, Place, Participant, Process, dan Physical Evidence) terhadap Keputusan Pembelian Produk Klinik Kecantikan Teta di Surabaya. Jurnal Mitra Ekonomi dan Manajemen Bisnis. 1(2) : 216-228.
Putranto, N. I. (2014). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada warga Desa Kabongan Kidul Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang yang pernah Memilih Jasa Transpotasi PO Nusantara rute Cepu-Blora-Rembang-Jakarta). Jurnal Administrasi Bisnis. 8 (2).
Rinaldi, U. 2013. Pengaruh Bauran Pemasaran (7P) Terhadap Keputusan Berbelanja di Swalayan. Jurnal Aplikasi Manajemen. 7 (3).
Mason, R. D. dan Lind, D.A. 1999. Teknik Statistika Untuk Bisnis dan Ekonomi Jilid 2. Erlangga. Jakarta.
Umar, H. 2003. Metode Riset Bisnis: Panduan Mahasiswa Untuk Melaksanakan Riset Dilengkapi Contoh Proposal dan Hasil Riset Bidang. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Siswanto. 2007. Operations Research Jilid 2. Erlangga. Jakarta.
Murthy, P.R. 2007. Operations Research (Second Edition).New Age International Publishers. New Delhi.
Winston, W. L. 2004. Operations Research Applications and Algorithms Fourth Edition. Thomson Learning. Canada.
Refbacks
- There are currently no refbacks.