Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh Kognitif dengan System Online Selama Pandemic COVID-19 pada Rotasi Klinik Ilmu Kedokteran Forensik FK USK Tahun 2020
Abstract
Latar belakang: Pandemi COVID-19 telah berdampak pada semua sektor termasuk pendidikan. Kebijakan pemerintah untuk pembatasan aktivitas social juga diterapkan pada proses belajar mengajar alternatif dengan memprioritaskan kesehatan dan keselamatan semua sivitas akademika. Pendidikan profesi dokter juga telah mengubah metode rotasi klinis konvensional menjadi sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ) secara online. Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala (FK USK) mengadopsi metode partial online system dengan membagi rotasi menjadi tahapan kognitif dan psikomotorik. Metode: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat efektivitas PJJ kognitif secara online yang diterapkan pada rotasi klinis Kedokteran Forensik FK USK periode April-Desember 2020. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif observasional melalui survei online dengan partisipan seluruh mahasiswa rotasi klinik ilmu kedokteran forensik FK USK sebanyak 109 orang (28 laki-laki dan 81 perempuan). Hasil penelitian: Secara umum ditemukan bahwa responden merasa metode PJJ kognitif efektif selama pandemi COVID-19 (efektivitas 72,45%). Dari berbagai aspek yang diteliti terkait PJJ kognitif, aspek sikap responden menyatakan tidak efektif (efektivitas 53,87%), dari segi waktu, efektif (72,71% efektivitas), dari aspek kemudahan- sangat efektif (efektivitas 80,20%) dari aspek kepuasan terhadap sistem pembelajaran- sangat efektif (efektivitas 80,56%), dan dari aspek kepuasan terhadap sistem penilaian kognitif- sangat efektif (efektivitas 90,26%). Hasil nilai prestasi belajar selama rotasi kognitif yang diperoleh mahasiswa baik dengan rata-rata nilai kognitif 83,76. Hasil yang diperoleh tidak mutlak, karena terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan suatu metode pembelajaran online. Kesimpulan: PJJ kognitif pada rotasi klinik ilmu kedokteran forensik FK Unsyiah terbukti efektif sebagai metode belajar mengajar selama pandemic COVID-19, namun demikian mahasiswa lebih menyukai metode rotasi klinik konvensional.
Keywords
References
Yi Y, Lagniton PNP, Ye S, Li E, Xu R. COVID-19 : what has been learned and to be learned about the novel coronavirus disease. Int J Biol Sci. 2020;16:1753–66.
Maassenvandenbrink A, Vries T De, Danser AHJ. Headache medication and the COVID-19 pandemic. J Headache Pain .2020;5:1–4.
WHO. WHO Coronavirus Disease (COVID-19) Dashboard [Internet]. 2021;Available from: www.covid19.who.int
Anugrahana A. Hambatan , Solusi dan Harapan : Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Sch J Pendidik dan Kebud .2020;10(3):282–9.
Pambudi W, Herwanto, Farah F, Kristanto E, Mantu MeR, Dewanto NEF. Pengalaman Pembelajaran Jarak Jauh Kepaniteraan Ilmu Kesehatan Anak Selama PSBB di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara. J Muara Sains, Teknol Kedokteran, dan Ilmu Kesehat. 2021;4(7):1–6.
Aji W, Dewi F, Kristen U, Wacana S. Dampak COVID-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di. Edukatif J Ilmu Pendidik. 2020;2(1):55–61.
Kim SM, Park SG, Jee YK, Song IH, Mi S, Gun S, et al. Perception and attitudes of medical students on clinical clerkship in the era of the Coronavirus Disease 2019 pandemic Perception and attitudes of medical students on clinical clerkship in the era of. Med Educ Online [Internet] 2020;25(1). Available from: https://doi.org/10.1080/10872981.2020.1809929
Pangondian RA, Santosa PI, Nugroho E. Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring. In: Seminar Nasional Teknologi Komputer dan Sains. 2019: 56–60.
Damayanthi A. Efektivitas pembelajaran daring di masa pandemi covid - 19 pada perguruan tinggi keagamaan katolik. J Teknol Pendidik. 2020;19(3):189–210.
Tikollah MR, Hasyim SH, Tangke S. Combination of PBL and I CARE Learning Models in Increasing Student Learning. 2019;335:530-5.
Emilia O, Bloomfield L, Rotem A. Measuring students approaches to learning in different clinical rotations. BMC Med Educ. 2012;12(14): 1-6.
Lisiswanti R, Oktaria D, Sari MI, Prabowo AY. Perbedaan Nilai Sebelum dan Sesudah Bimbingan Metode Small Group Learning dalam Persiapan UKMPPD Nasional Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. JK Unila. 2017;1(3):473–477
Schiekirka S, Reinhardt D, Helm S, Fabry G, Pukrop T, Anders S, et al. Student perceptions of evaluation in undergraduate medical education: A qualitative study from one medical school. BMC Med Educ. 2012;12(45): 1-7
Effendi AM. Persepsi dokter muda tentang pembelajaran penulisan resep pada tahap sarjana kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia. 2017.
Suryadi T, Kulsum K. Student’s self-assessment regarding the clinical skills in forensic medicine. Budapest Int Res in Exact Sci J. 2020; 2(2): 241-247.
Suryadi T, Kulsum K. Description of Student Performance in the Clinical Rotation of Forensic Medicine Period January- December 2019 in Faculty of Medicine, Syiah Kuala University. Budapest International in Excat Sciences (BirEx) Journal. 2020;2(3):341-346.
DOI: 10.24815/jks.v22i3.20272
Refbacks
- There are currently no refbacks.