METODE PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA

Anizar Anizar

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini berisi tentang gambaran penelitian tindakan kelas menggunakan model pembelajaran kooperatif two stay two strayyang bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi menelaah kaidah kebahasaa teks cerita inspiratif di kelas IX-4 SMP Negeri 6 Banda Aceh.Manfaat penelitian ini adalah sebagai langkah pemecahan masalah bagi guru terhadap permasalahan belajar yang ditemukan, yaitu rendahnya kemampuan siswa dalam menelaah kaidah kebahasaan teks cerita inspiratif. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 6 Banda Aceh kelas IX-4 berjumlah 33 siswa yang terdiri atas 17 laki-laki dan 16 perempuan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini secara deskriptif kualitatif. Prosedur penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Langkah-langkah dalam setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pada tahap observasi, observer dan peneliti melakukan pengumpulan data dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas siswa dan guru dalam proses pembelajaran menelaah kaidah kebahasaan teks cerita inspiratif menggunakan metode two stay two stray.Hasil penelitian menunjukkan bahwa saat proses pembelajaran berlangsung tercipta pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered learning). Hal ini terlihat dari persentase ketuntasan belajar siswa siklus I 64%, siklus II menjadi 97%. Persentase aktivitas siswa siklus I 60%, siklus II menjadi 84,5%. Kemampuan guru melakukan proses pembelajaran pada siklus I 78,5% dengan kategori baik, siklus II menjadi 93,75% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran two stay two stray dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menelaah kaidah kebahasaan teks cerita inspiratif.
Kata Kunci: Bahasa Indonesia, dan metodetwo stay two stray


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Jurnal Bahasa dan Sastra

ISSN 1693-962X  (print) | 2654-6582 (online)
Organized by Universitas Syiah Kuala 
Published by Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala
Website : http://jurnal.usk.ac.id/JLB
Email     : jimpbsi@fkip.usk.ac.id

Creative Commons License