PENGGUNAAN METODE BATU LONCATAN (STEPPING STONE) PADA MATERI MENGIDENTIFIKASI UNSUR PEMBANGUN KARYA SASTRA DALAM CERITA PENDEK DI KELAS IX SMP NEGERI 8 BANDA ACEH

Wardina Hasanah Harefa, Ramli Ramli, Subhayni Subhayni

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini berjudul “Penggunaan Metode Batu Loncatan (Stepping Stone) pada Materi Mengidentifikasi Unsur Pembangun Cerpen dalam Cerita Pendek di Kelas IX SMP Negeri 8 Banda Aceh”.Rumusan masalahnya adalah (1) Bagaimanakah penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran yang menggunakan metode Batu Loncatan (Stepping Stone) dalam mengidentifikasi unsur pembangun karya sastra dalam teks cerita pendek oleh siswa kelas IX SMP Negeri 8 Banda Aceh,(2) Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran yang menggunakan metode Batu Loncatan (Stepping Stone) dalam mengidentifikasi unsur pembangun karya sastra dalam teks cerita pendek oleh siswa kelas IX SMP Negeri 8 Banda Aceh, dan (3) Bagaimana hasil pembelajaran yang menggunakan metode Batu Loncatan (Stepping Stone) dalam mengidentifikasi unsur pembangun karya sastra dalam teks cerita pendek oleh siswa kelas IX SMP Negeri 8 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik studi dokumentasi dan teknik observasi. Selanjutnya, sumber data penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia, serta siwa kelas IX-1 dan IX-5 di SMP Negeri 8 Banda Aceh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menyusun RPP sesuai dengan langkah-langkah metode Batu Loncatan (Stepping Stone). Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode Batu Loncatan (Stepping Stone) berjalan dengan baik dan langkah-langkah yang digunakan juga sudah tepat sesuai dengan metode Batu Loncatan (Stepping Stone). Hasil pembelajaran yang diperoleh oleh siswa dalam materi mengidentifikasi unsur pembangun karya sastra dalam teks cerpen dengan menggunakan metode Batu Loncatan (Stepping Stone) sudah sangat memuaskan.
Kata Kunci: metode Batu Loncatan (Stepping Stone), teks cerpen
ABSTRACT
This research is entitled "The Use of Stepping Stone in the Material of Identifying Short Builder Elements in Short Stories in Class IX of Banda Aceh Public Middle School 8". The formulation of the problem is (1) How is the preparation of the learning plan using the Stepping Stone method in identifying elements of building literary works in short story texts by class IX students of SMP Negeri 8 Banda Aceh, (2) What is the implementation of learning using the Stone method Stepping Stone in identifying the building blocks of literary work in short story texts by class IX students of SMP Negeri 8 Banda Aceh, and (3) What are the learning outcomes using the Stepping Stone method in identifying literary building elements in story texts short by class IX students of SMP Negeri 8 Banda Aceh

This study used a qualitative approach with descriptive methods. Data collection techniques used are documentation study techniques and observation techniques. Furthermore, the data sources of this study are Indonesian language teachers, as well as students of grades IX-1 and IX-5 in State Middle School 8 Banda Aceh. The results of the study show that the teacher prepares the lesson plan in accordance with the steps of the Stepping Stone method. The implementation of learning using the Stepping Stone method goes well and the steps used are also in accordance with the Stepping Stone method. The learning results obtained by students in the material identified the building blocks of literary works in short story texts using the Stepping Stone method were very satisfying.
Keywords: Stepping Stone method, short story text


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Jurnal Bahasa dan Sastra

ISSN 1693-962X  (print) | 2654-6582 (online)
Organized by Universitas Syiah Kuala 
Published by Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala
Website : http://jurnal.usk.ac.id/JLB
Email     : jimpbsi@fkip.usk.ac.id

Creative Commons License