MENDORONG LEARNING COMMUNITY DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS X SMA LAB SCHOOL UNSYIAH

Mukhlis Mukhlis, Evi Ridhayani, Suhartina Suhartina

Abstract


ABSTRAK Artikel ini mengulas dasar pemikiran pentingnya implementasi konsep learning community (komunitas belajar) dalam pembelajaran bahasa Indonesia bagi siswa baru (siswa kelas X) SMA Lab School Unsyiah beserta strategi, dampak, dan rekomendasi bagi manajemen sekolah. Artikel ini ditulis sebagai salah satu strategi publikasi lesson learned pelaksanaan program Penugasan Dosen ke Sekolah (Program PDS tahun 2018/2019).Penelitian ini dilaksanakan di SMA Lab School Unsyiah Banda Aceh. Data dikumpulkan melalui observasi dan perekaman langsung proses pembelajaran di kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perubahan yang cukup signifikan dalam proses belajar Bahasa Indonesia di kelas X SMA Lab School Unsyiah. Perubahan itu terjadi dari aspek keterlibatan secara aktif para siswa dalam aspek hubungan dan kepedulian antarindividu dalam proses pembelajaran, adanya inkuiri (proses mencari tahu) yang produktif pada para siswa, lingkungan belajar yang lebih positif, dan pengharapan guru yang tinggi akan hasil belajar siswa. Usaha untuk menciptakan komunitas belajar (learning community) di SMA Lab School Unsyiah bukanlah hal yang mudah bagi guru, akan tetapi ini harus dilakukan. Tidak ada proses kegiatan belajar yang baik yang dapat tercipta tanpa adanya komunitas belajar yang baik. Penciptaan kondisi sedemikian memerlukan berbagai tindakan dari guru apabila ia berharap semua upaya yang dilakukannya untuk membelajarkan siswa membuahkan hasil yang memuaskan. Kata Kunci: Learning Community, pembelajaran bahasa Indonesia ABSTRACT
This article reviews the rationale for the importance of implementing the concept of learning community in Indonesian learning for new students (class X students) of the Unsyiah High School Lab School along with strategies, impacts, and recommendations for school management. This article was written as one of the lessons learned publication strategies for the implementation of the Lecturer-to-School Assignment program (2018/2019 PDS Program). This research was carried out at Unsyiah Banda Aceh High School Lab School. Data was collected through direct observation and recording of the learning process in class. The results showed that there were significant changes in the process of learning Indonesian in class X of the Unsyiah Lab School High School. The change occurred from the aspect of students' active involvement in aspects of relationships and caring between individuals in the learning process, the existence of productive inquiry (the process of finding out) in students, a more positive learning environment, and high teacher expectations for student learning outcomes. The effort to create a learning

community in the Unsyiah Lab School High School is not an easy thing for teachers, but it must be done. There is no good learning process that can be created without a good learning community. The creation of such conditions requires a variety of actions from the teacher if he hopes all the efforts he made to teach students produce satisfying results.
Keywords: Learning Community, learning Indonesian


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Jurnal Bahasa dan Sastra

ISSN 1693-962X  (print) | 2654-6582 (online)
Organized by Universitas Syiah Kuala 
Published by Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala
Website : http://jurnal.usk.ac.id/JLB
Email     : jimpbsi@fkip.usk.ac.id

Creative Commons License