ANALISIS TINDAK TUTUR EKSPRESIF GURU BAHASA INDONESIA DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI MAN 3 ACEH BESAR

Nur Askia, Razali Razali, Azwardi Azwardi

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian berjudul “Analisis Tindak Tutur Ekspresif Guru Bahasa Indonesia dalam Proses Belajar Mengajar di MAN 3 Aceh Besar” ini bertujuan untuk mendeskripsikan tindak tutur ekspresif guru Bahasa Indonesia dalam proses pembelajaran di MAN 3 Aceh Besar. Rumusan masalahnya adalah bagaimanakah tindak tutur ekspresif guru Bahasa Indonesia dalam proses pembelajaran di MAN 3 Aceh Besar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pengamatan, teknik rekam, dan teknik catat. Hasil dari penelitian ini adalah data berupa jenis-jenis tindak tutur ekspresif . Dari data ujaran tersebut, kemudian diklasifikasikan sesuai dengan tindak tutur ekspresif berterima kasih, mengucapkan selamat,memuji, menyalahkan, mengeluh, mengkritik, dan menyanjung. Berdasarkan hasil analisis tersebut, jenis tindak tutur yang paling banyak muncul adalah tindak tutur ekspresif mengkritik.

Kata Kunci: tindak tutur ekspresif, mengkritik, guru

 

 

ABSTRACT

 

The study entitled "Analysis of Expressive Speech Actions of Indonesian Language Teachers in the Teaching and Learning Process at MAN 3 Aceh Besar" aims to describe the expressive speech acts of Indonesian Language teachers in the learning process at MAN 3 Aceh Besar. The formulation of the problem is how expressive speech acts of Indonesian teachers in the learning process at MAN 3 Aceh Besar. The method used in this research is descriptive qualitative method. Data collection techniques used in this study were observation techniques, recording techniques, and note taking techniques. The results of this study are data in the form of expressive speech acts. From the utterance data, then classified according to expressive acts of thanking, congratulating, praising, blaming, complaining, criticizing, and flattering. Based on the results of the analysis, the type of speech act that most frequently appears is the expressive act of criticizing speech.

Keywords: expressive speech act, criticizing, teacher


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Jurnal Bahasa dan Sastra

ISSN 1693-962X  (print) | 2654-6582 (online)
Organized by Universitas Syiah Kuala 
Published by Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala
Website : http://jurnal.usk.ac.id/JLB
Email     : jimpbsi@fkip.usk.ac.id

Creative Commons License