MODEL-MODEL PEMBELAJARAN YANG DIGUNAKAN UNTUK MENGAJARKAN MATERI MENELAAH STRUKTUR SYAIR PADA SISWA KELAS VII SMP

Khairani Nazliana, Armia ., Muhammad Idham

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran yang digunakan untuk mengajarkan materi menelaah struktur syair pada siswa kelas VII SMP dan bagaimana proses pelaksanaan pembelajarannya dengan menggunakan model pembelajaran yang digunakan tersebut. Adapun langkah-langkah pengumpulan data dalam penelitian ini adalah (1) peneliti membaca buku model-model pembelajaran, (2) peneliti menyesuaikan model pembelajaran yang tepat untuk mengajarkan materi menelaah struktur syair pada siswa kelas VII SMP, (3) peneliti melakukan uji coba pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Banda Aceh, (4) peneliti menilai hasil nilai kerja kelompok siswa untuk menentukan model pembelajaran yang paling sesuai dan tepat digunakan untuk materi menelaah struktur syair yang dibaca, dan (5) peneliti membuat kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat dapat dikemukakan sebagai berikut.  Pertama, ada tiga model pembelajaran tipe kooperatif yang digunakan untuk mengajarkan materi menelaah struktur syair, yaitu model pembelajaran Jigsaw, model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD), dan model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Kedua, proses pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran tersebut, yaitu adanya sebuah rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan ketiga model yang sudah ditentukan, dan nilai hasil rata-rata yang tertinggi diperoleh dari setiap kelompok dengan menggunakan model-model pembelajaran yang digunakan. Dari hasil pembelajaran dengan menggunakan ketiga model pembelajaran model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) yang paling sesuai digunakan untuk mengajarkan materi menelaah struktur syair pada siswa kelas VII SMP. Hal ini terbukti dengan pemerolehan nilai rata-rata tertinggi dari setiap kelompok, yaitu 86.

Kata Kunci: model-model pembelajaran, menelaah, struktur, syair


ABSTRACT

This study aims to determine the learning model used to teach the material to examine the structure of the poetry in seventh grade students of junior high school and how the learning process is carried out using the learning model used. The data collection steps in this study are as follows: (1) the researcher reads the learning models book, (2) the researcher adjusts the appropriate learning model to teach the material, examines the structure of the poetry to the seventh grade students of junior high school try on grade VII students of SMP Negeri 1 Banda Aceh, (4) the researcher assesses the results of the group work scores of students to determine the most appropriate and appropriate learning model to use for the material to examine the structure of the poetry that is read, and (5) the researcher makes conclusions. The results of this study can be stated as follows. First, there are three types of cooperative learning models that are used to teach material to examine the structure of the verse, namely the Jigsaw learning model, the Student Team Achievement Division (STAD) learning model, and the Think Pair Share (TPS) learning model. Second, the learning implementation process using the learning model, namely the existence of a learning implementation plan (RPP), learning steps using the three predetermined models, and the highest average result value obtained from each group using learning models. used. From the learning outcomes using the three learning models, the Student Team Achievement Division (STAD) learning model is the most suitable for teaching material examining poetry structures in class VII SMP students. This is evidenced by the acquisition of the highest average value for each group, namely 86.

Keywords: learning models, analyzing, structure, poetry




DOI: https://doi.org/10.24815/jbs.v15i1.20597

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Jurnal Bahasa dan Sastra

ISSN 1693-962X  (print) | 2654-6582 (online)
Organized by Universitas Syiah Kuala 
Published by Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala
Website : http://jurnal.usk.ac.id/JLB
Email     : jimpbsi@fkip.usk.ac.id

Creative Commons License