CAMPUR KODE DALAM TUTURAN GURU KELAS VII MTSS SAMAHANI KECAMATAN KUTA MALAKA KABUPATEN ACEH BESAR

Nuratun Maknun, Razali ., Azwardi .

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk-bentuk campur kode dalam tuturan guru kelas VII MTsS Samahani, Kecamatan Kuta Malaka, Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tuturan yang berisi campur kode. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik simak bebas libat cakap, teknik rekam, teknik catat, dan teknik wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat jenis campur kode yang digunakan oleh guru kelas VII, yaitu campur kode berbentuk kata, campur kode berbentuk frasa, campur kode pengulangan kata, dan campur kode berbentuk baster. Campur kode berbentuk kata  merupakan bentuk campur kode yang paling banyak ditemukan, yaitu 48 data. Campur kode berbetuk frasa berjumlah 25 data. Campur kode yang paling sedikit ditemukan adalah campur kode berbentuk pengulangan kata dengan jumlah lima data. Terakhir, terdapat campur kode berbentuk baster yang berjumlah enam data.

Kata Kunci: campur kode, tuturan guru, proses belajar-mengajar


ABSTRACT

This research aim to describe the form of code mixing in speech of teacher grade VII MTsS Samahani, Kuta Malaka District, Aceh Besar Regency. This research uses a qualitative approach. The data of this research is the speech that contain code mixing. The collecting data process is done by uninvolved conversation observation technique, recording technique, taking notes technique, and interview technique. The result of this research shows that there are four forms of code mixing used by teachers who teach in class VII, which is form of the word, phrase, repetation of word, and baster. The form of the word is the most commonly used form of code mixing, which is 48 datas. The form of phrase has 25 datas. The least mix code is form of repetation of word with five datas. The last, there is the form of baster that amounts six datas.

Keywords: code mixing, teacher’s speech, teaching and learning process




DOI: https://doi.org/10.24815/jbs.v15i1.20599

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Jurnal Bahasa dan Sastra

ISSN 1693-962X  (print) | 2654-6582 (online)
Organized by Universitas Syiah Kuala 
Published by Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala
Website : http://jurnal.usk.ac.id/JLB
Email     : jimpbsi@fkip.usk.ac.id

Creative Commons License