Model Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era New Normal pada SMA di Kecamatan Tanah Jambo Aye Kabupaten Aceh Utara

Ririn Rahayu, Rani Adersi Pratiwi, Azhari Azhari

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan model pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di era new normal pada SMA Tanah Jambo Aye Kabupaten Aceh Utara. Sebagai manfaatnya, penelitian ini dapat memberi kontributif secara teoretis, penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan memberikan informasi tentang model-model pembelajaran yang inovatif di era new normal serta secara praktisnya hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi role model bagi guru, dan bahan rujukan bagi kalangan pelajar khususnya mahasiswa atau calon guru yang akan melaksanakan proses belajar-mengajar. Untuk memperoleh hasil penelitian, penitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian ini bersumber dari guru bidang studi bahasa Indonesia yang ada di SMA Tanah Jambo Aye Kecamatan Baktiya Kabupaten Aceh Utara. Data penelitian ini diperoleh dengan langkah melakukan wawancara langsung dan studi dokumenter. Dari hasil analisis data dan penarikan kesimpulan, model pembelajaran bahasa Indonesia yang digunakan guru SMA di Kecamatan Tanah Jambo Aye meliputi (1) JIGSAW, (2) Think, Pair, and Share (TPS), (3) Pengukuran Membaca Cepat, (4) Menulis Karya Ilmiah, (5) Menulis Puisi Berdasarkan Objek, (6) Picture and Picture, (7) Debat, (8) Cerdas Cermat, (9) Problem Based Instruction, (10) Dramatisasi, (11) Inkuiri, (12) Artikulasi, (13) Bermain Peran, (14) Kartu Kalimat, dan (15) Melengkapi Akhir Cerita, (16) membuat kamus, dan (17) SQ3R.

Kata Kunci: model, new normal, pembelajaran


References


Ayun, Q. (2020, Desember 3). Pilihan Strategi dalam Pembelajaran yang Efektif di Era New Normal. https://bdksurabaya.kemenag.go.id/berita/pilihan-strategi-dalam-pembelajaran-yang-efektif-di-era-new-normal.

Djamarah, S. B. & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.

Iskandar, D. (2014). Aplikasi Model dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandar Publising.

Nazliana, K., Armia, & Idham, M. (2021). Model-model Pembelajaran yang Digunakan untuk Mengajarkan Materi Menelaah Struktur Syair pada Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Bahasa dan Sastra, 15(1), 11-16.

Pamuji, A. R. & Hidayati, D. (2021). Model Pengembangan dan Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di MTs Karangkajen. AoEJ: Academy of Education Journal, 12(1), 158-168.

Syamsudin & Damaianti. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.24815/jbs.v16i1.23595

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Jurnal Bahasa dan Sastra

ISSN 1693-962X  (print) | 2654-6582 (online)
Organized by Universitas Syiah Kuala 
Published by Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala
Website : http://jurnal.usk.ac.id/JLB
Email     : jimpbsi@fkip.usk.ac.id

Creative Commons License