Nilai-Nilai Edukatif dalam Ca-é Covid-19 Karya Medya Hus
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan nilai-nilai edukatif dalam teks Ca-é Covid-19 karya Medya Hus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teks Ca-é Covid-19 karya Medya Hus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menentukan nilai edukatif sebagai objek kajian, mengklasifikasi satu per satu bait ca-é yang mengandung nilai edukatif, mendeskripsikan nilai edukatif yang terdapat dalam bait ca-é yang telah diklasifikasikan, dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat enam jenis nilai, yaitu (1) nilai religius, (2) nilai disiplin, (3) nilai gemar membaca, (4) nilai peduli lingkungan, (5) nilai peduli sosial, dan (6) nilai tanggung jawab. Nilai edukatif yang dominan yang terdapat dalam teks Ca-é Covid-19 adalah yang berkaitan dengan nilai disiplin dan religius.
Kata kunci: ca-é, Covid-19, nilai edukatif
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Azwardi. (2018). Haba Peuingat: Ca-é Aceh. Bina Karya Akademika.
Basrowi & Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Rineka Cipta.
Djamara, S.B. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.
Dyanasta, R. (2015). Keefektifan Klarifikasi Nilai untuk Meningkatkan Kesadaran Nilai Tanggung Jawab Akademik pada Siswa. Jurnal Psikopedagogi, 4(2), 136-142.
Harun, M. (2012). Pengantar Sastra Aceh. Citapustaka Media Perintis.
Koesoema, D. (2015). Pendidikan Karakter Utuh dan Menyeluruh. Kanisius.
Mangera, E., Yulianto, B., Subandiyah, H., & Tjahjono, T. (2021). Nilai Edukatif dalam Novel Children of Heaven Karya Enang Rokajat Asura untuk Membangun Literasi Kritis serta Relevansinya sebagai Materi Ajar Bahasa Indonesia SMP Kelas VII. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(3), 225-232.
Noviyanti, S. R., & Sutiyono, S. (2017). Bentuk, Perubahan Fungsi, dan Nilai-Nilai Edukatif pada Musik Tari Japin Tahlul di Amuntai. Imaji: Jurnal Seni dan Pendidikan Seni, 15(1), 97-112.
Samani, M. & Hariyanto. (2014). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Remaja Rosdakarya.
Sari, N. (2020). Analisis Nilai-nilai Edukatif pada Novel Ayah Karya Andrea Hirata. Basastra; Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 8(1), 47-52.
Suyadi. (2012). Menerapkan Pendidikan Karakter di Sekolah. Mentari Pustaka.
Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Remaja Rosdakarya.
Tillman, D. (2004). Pendidikan Nilai untuk Kaum Dewasa Muda. Gramedia Widiasarana Indonesia.
DOI: https://doi.org/10.24815/jbs.v16i1.23884
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Bahasa dan Sastra
ISSN 1693-962X (print) | 2654-6582 (online)
Organized by Universitas Syiah Kuala
Published by Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala
Website : http://jurnal.usk.ac.id/JLB
Email : jimpbsi@fkip.usk.ac.id