LITERASI INFORMASI GURU SEKOLAH DASAR DALAM PELAKSANAAN PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK ANGKATAN I TAHUN PERTAMA DI KABUPATEN NAGAN RAYA

Rismawati Rismawati, Lili Eky Nursia

Abstract


Penelitian ini mengkaji masalah literasi informasi guru sekolah dasar dalam pelaksanaan Program Sekolah Penggerak Angkatan 1 tahun pertama di Kabupaten Nagan Raya.  Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tingkat penguasaan literasi informasi guru sekolah dasar di Kabupaten Nagan Raya dalam pelaksanaan Program Sekolah penggerak Angkatan I tahun pertama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif.  Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini digunakan teknik observasi secara berkala dengan memanfaatkan framework Association of College and Research Libraries (ACRL) dalam mengukur tingkat literasi informasi guru. Data penelitian ini diolah dengan menggunakan statistik sederhana (persentase). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat penguasaan literasi informasi guru sekolah dasar di Kabupaten Nagan Raya dalam pelaksanaan Program Sekolah Penggerak Angkatan I pada tahun pertama sudah sangat baik dalam, (1)  menentukan dan merumuskan informasi yang dibutuhkan, (2) membandingkan dan menganalisa informasi yang diperoleh dengan pengetahuan yang telah ada, (3) menggunakan informasi baru dan pengetahuan terdahulu untuk menghasilkan karya. Selanjutnya, kemampuan lietrasi informasi yang masih rendah adalah (1) mengkomunikasikan hasil karya dengan media yang tepat, (2) memanfaatkan/ menggunakan daftar pustaka/ daftar rujukan dalam pembuatan karya, (3) kesulitan dalam memanfaatkan atau menggunakan strategi penelusuran, URL, drive, tipe dokumen, dan berbagai aplikasi digital lainnya.

 


References


Ditpsd. (2022). Digitalisasi pendidikan era merdeka belajar melalui pemanfaatan TIK di sekolah. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/public/artikel/detail/digitalisasipendidikan-era-merdeka-belajar-melalui-pemanfaatan-tik-di-sekolah. Diunduh Minggu 26 Juni 2022.

KBBI. (2022). https://kbbi.kemdikbud.go.id/. Diunduh Mei 2022.

Kemdikbud. (2022). Pulihkan pembelajaran, mendikbudristek luncurkan kurikulum merdeka dan platform merdeka mengajar.

https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/02/pulihkan-pembelajaranmendikbudristek-luncurkan-kurikulum-merdeka-dan-platform-merdekamengajar. Diunduh 26-6-2022.

Kemendikbud. (2017). Materi umum SD untuk GS. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Mashuri, I. (2012). Implementasi literasi informasi di sekolah. Jurnal Pustakaloka, 4(1), 61-72.

Nurkancana. (1992). Evaluasi belajar. Usaha Nasional.

Nurohman, A. (2014). Signifikansi literasi informasi (information literacy) dalam dunia pendidikan di era global. Jurnal Kependidikan, 2(1), 1- 24.

Patilima, S. (2021). Sekolah penggerak sebagai upaya peningkatan kualitas pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 228-236.

Samsuardi. (2022). Menyoal rendahnya mutu pendidikan Aceh. Serambi News.com. https://aceh.tribunnews.com/2022/03/16/menyoal-rendahnya-mutupendidikan-aceh?page=all

Sukardi. (2014). Metodologi penelitian pendidikan kompetensi dan praktiknya. Bumi Aksara.

Zuriah, N. (2009). Metodologi penelitian sosial pendidikan teori-aplikasi. Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.24815/jbs.v17i1.29187

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Jurnal Bahasa dan Sastra

ISSN 1693-962X  (print) | 2654-6582 (online)
Organized by Universitas Syiah Kuala 
Published by Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala
Website : http://jurnal.usk.ac.id/JLB
Email     : jimpbsi@fkip.usk.ac.id

Creative Commons License