IDENTITAS TOKOH HISAM PADA CERPEN "BURUNG NASAR DAN KUTUKAN KORBAN KESEMBILAN" KARYA BEN SOHIB: ANALISIS PSIKOLOGI SASTRA LACANIAN

Humaira Anwar, Nurlayli Yanti, Zulfahmi Zulfahmi, Akhmad Rizqi Turama, Dian Fitri K

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan identitas dan Hasrat tokoh Hisam dalam cerpen “Burung Nasar dan Kutukan Korban Kesembilan” karya Ben Sohib. Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi sastra lacanian yang berangkat dari ketidaksadaran merupakan suatu struktur yang tersembunyi yang menyerupai struktur bahasa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data adalah teknik simak dan catat. Teknik penganalisisan data adalah teknik kualitatif dengan mereduksi, menyaji, dan memverifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan tokoh memiliki perilaku tentang lapisan tidak sadar dari jiwa manusia. Alam bawah sadar adalah sumber neurosis atau gejala syaraf. Hal ini dikarenakan seseorang ingin mencoba membuang kenangan-kenangan yang tidak ia sukai. Selanjutnya, di bagian awal cerita hidup Hisam terlihat mengalami kepenuhan. Padahal, hidup Hisam Tasir sendiri sebenarnya sedang mengalami ketidakpenuhan. Ketidakpenuhan tersebut terlihat saat ia melakukan negasi dengan kehidupannya (lingkungannya). Tokoh Hisam Tasir melakukan beberapa hal untuk memenuhi ketidakpenuhannya.

Full Text:

PDF

References


Armiya, Armiya. (2022). “Kepribadian Tokoh Utama dalam Novel Tanah Surga Merah Karya Arafat Nur: Kajian Psikologi Sastra”. Jurnal Bahasa dan Sastra volume 16 (Nomor 1, Januari 2022) hal 28-33.

Faruk. (2012). Metode Penelitian Sastra: Sebuah Penjelajahan Awal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nasution, Arie Azhari. (2020). “Bersemayam di antara Hal yang Nyata dan Tidak Nyata: Kajian Psikoanalisis Lacanian pada Cerpen ‘Penguburan Kembali Sitaresmi’ dan ‘Bunga Lili di Tenda Pengungsi’ Karya Triyanto Triwikromo”. Bahasa Indonesia Prima, volume 2 (nomor 1, 2020) hal 22-36.

Nurgiyantoro, Burhan. (2005). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sohib, Be. (2013). “Burung Nasar dan Kutukan Korban Kesembilan”. Koran Tempo. 10 Maret 2013.

Soleha, Faridatus dkk. (2020). “Tempramen Analysis in The Novel Catatan Juang Karya Fiersa Besari”. Jurnal Disastri (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), volume 2 (nomor 2, Agustus 2020) hal 97-106.

Waluyo, Yoyok Sabar. (2022). “Pencarian Identitas Diri Melalui Reinterpretasi Kepercayaan Nenek Moyang pada Novel The Da Peci Code dan Rosid & Delia Karya Ben Sohib”. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Vokasi 2022 1, hal 211-217.




DOI: https://doi.org/10.24815/jbs.v17i2.32997

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Jurnal Bahasa dan Sastra

ISSN 1693-962X  (print) | 2654-6582 (online)
Organized by Universitas Syiah Kuala 
Published by Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala
Website : http://jurnal.usk.ac.id/JLB
Email     : jimpbsi@fkip.usk.ac.id

Creative Commons License