ANALISIS PENERAPAN PROGRAM ADIWIYATA TERHADAP SIKAP KEPEDULIAN SISWA PADA LINGKUNGAN SEKOLAH DI SMA NEGERI KOTA BONTANG

Nur Halimah, Yulian Widya Saputra, Yaskinul Anwar Anwar

Abstract


Program adiwiyata dibuat untuk menciptakan sekolah yang berkomiten untuk mendidik siswa yang peduli dan berbudaya lingkungan. Tujuan penelitian untuk menganalisis penerapan program adiwiyata terhadap sikap kepedulian siswa pada lingkungan sekolah di SMA Negeri Kota Bontang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian yaitu siswa kelas X dan XI SMA Negeri Kota Bontang berjumlah 1.393 siswa dengan teknik sampel cluster random sampling dengan sampel 349 siswa. Pengumpulan data dengan observasi, angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan pada sekolah adiwiyata sikap kepedulian lingkungan sekolah menunjukkan sangat peduli dengan jumlah 115 siswa (47%), sedangkan sekolah non adiwiyata sikap kepedulian lingkungan cukup peduli dengan jumlah 54 siswa (52%). Berdasarkan hasil tersebut maka terlihat bahwa sikap yang dimiliki oleh siswa pada sekolah adiwiyata terlihat lebih baik dibandingkan siswa sekolah non adiwiyata.


Keywords


Program Adiwiyata;Sikap Kepedulian;Lingkungan Sekolah

References


Astria, I., & Putri, M. K. 2018. Peran Siswa Pada Program Adiwiyata Dalam Mengurangi Pemanasan Global Di Sma Negeri 4 Kabupaten Lahat. JURNAL SWARNABHUMI : Jurnal Geografi Dan Pembelajaran Geografi, 3(2), 94. https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v3i2.2599

Indrianeu, T. 2020. Model Sekolah Adiwiyata Dalam Meningkatkan Kepedulian Warga. Geosee, 1(1), 14–20.

Makkasau, A., Syawaluddin, A., & Sulfadly. 2020. Pengaruh Penerapan Program Adiwiyata Terhadap Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas IV dan V SD Inpres BTN IKIP I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Jurnal Publikasi Pendidikan, 10(3), Hal. 251-259. http://ojs.unm.ac.id/index.php/pubpend. Diunduh 13 Oktober 2021

Nufus, C. M. B., Azis, D., & Furqan, M. H. 2022. Implementasi Program Sekolah Adiwiyata (Studi Di Smp Negeri 17 Banda Aceh). Jurnal Samudra Geografi, 5(1), 29–37. https://doi.org/10.33059/jsg.v5i1.4557

Nugroho, M. A., Hariyanto, & Suharini, E. 2017. Perilaku Peduli Lingkungan Siswa Sekolah Adiwiyata Perdesaan Dan Perkotaan Di Jawa Tengah Tahun 2016. Edu Geography, 5(2), 26–33. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/edugeo/article/view/15391

Rakhmawati, D., Prasetyo, A. P. B., & Ngabekti, S. 2016. Peran Program Adiwiyata Dalam Pengembangan Karakter Peduli Lingkungan Siswa : Studi Kasus di SMK Negeri 2 Semarang. Unnes Science Education Journal, 5(1), 1148–1154.

Saputro, R., & Liesnoor, D. 2015. Implementasi Program Adiwiyata Dalam Pengelolaan Lingkungan Sekolah Di Sma Negeri 1 Jekulo Kudus. Edu Geography, 3(6), 44–53.

Sunarti, L. S., Isjoni, I., & Zulkarnaini, Z. 2017. Pengaruh Implementasi Program Adiwiyata Terhadap Perilaku Warga Sekolah Pada SekolahAdiwiyata Mandiri Di Kota Pekanbaru. Dinamika Lingkungan Indonesia, 4(2), 139. https://doi.org/10.31258/dli.4.2.p.139-146

Susilastri, S. D., & Rustaman, N. Y. 2015. Students ’ environmental Literacy Profile in School-Based Nature and in School that Implement the Adiwiyata Program. Seminar Nasional Konservasi Dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam, 263–269.

Tompodung, T. C. G., Rushayati, S. B., & Aidi, M. N. 2018. Efektivitas Program Adiwiyata Terhadap Perilaku Ramah Lingkungan Warga Sekolah Di Kota Depok. Jurnal Pengelolaan Sumberdaya Alam Dan Lingkungan (Journal of Natural Resources and Environmental Management), 8(2), 170–177. https://doi.org/10.29244/jpsl.8.2.170-177

Wardani, K. N. D. 2020. Analisis Implementasi Program Adiwiyata dalam Membangun Karakter Peduli Lingkungan. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(1), 60–73. https://doi.org/10.21154/sajiem.v1i1.6




DOI: https://doi.org/10.24815/jpg.v9i1.34488

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nur Halimah Halimah, Yulian Widya Saputra, Yaskinul Anwar Anwar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By:

 

ISSN 2541-6936 (Print)| ISSN 2808-2834 (Online)
Organized by Universitas Syiah Kuala 
Jurnal Pendidikan Geosfer Published by Jurusan Pendidikan Geografi FKIP Universitas Syiah Kuala
Website : http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpg


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License