MENINGKATKAN PEMAHAMAN CERITA DENGAN PENDEKATAN SHARED BOOK READING DI PAUD

Siti Shaliha, Rose Mini Agoes Salim, Rini Hildayani

Abstract


Pendekatan membacakan buku cerita oleh guru akan membantu anak meningkatkan keterampilan kognitifnya dalam memahami cerita yang dibacakan sebelum memasuki tahapan pembaca mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara pendekatan shared book reading (SBR) dan pemahaman anak terhadap cerita. Penelitian ini menggunakan within subject designdengan melakukan kontrol kondisi untuk membandingkan skor pemahaman anak terhadap cerita pada masing-masing kondisi yang diberikan. Partisipan dalam penelitian ini adalah 4 orang guru dan 21 orang anak (rentang usia 4-5 tahun) di Satuan PAUD Sejenis (SPS). Data kuantitatif yang diperoleh mengenai pemahaman anak terhadap cerita dianalisa menggunakan uji sign test. Penelitian ini juga memberikan pelatihan pada guru serta melakukan pengukuran terhadap keterampilan guru. Pengukuran pemahaman anak terhadap cerita dan keterampilan guru dalam menggunakan pendekatan saat membacakan buku cerita dilakukan sebanyak tiga kali pada tahap pre-test,post test 1dan post test 2, untuk melihat peningkatan yang terjadi setelah pemberian intervensi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan skor pemahaman anak terhadap cerita saat guru membacakan cerita dengan pendekatan SBR dengan nilai probabilitas lebih kecil dari 0.05, yaitu 0.01. Hasil tersebut berbanding lurus dengan peningkatan skor keterampilan yang diperoleh guru setelah diberikan pelatihan pendekatan SBR yang ditampilkan di dalam grafik.

Keywords


pemahaman anak terhadap cerita; anak 4-5 tahun; guru; pendekatan membaca SBR; pelatihan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24815/s-jpu.v2i1.14110

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Seurune : Jurnal Psikologi Unsyiah

Lisensi Creative Commons

Seurune: Jurnal Psikologi Unsyiah published by Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-Berbagi Serupa 4.0 Internasional. Based on a work at http://jurnal.usk.ac.id/seurune.