KONSEP DIRI DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA SISWA SMAN X ACEH BESAR
Abstract
Komunikasi interpersonal merupakan komunikasi dua arah untuk membangun hubungan relasi dan mencapai tujuan yang sama. Dalam membangun komunikasi interpersonal pada siswa terdapat kendala-kendala yang menghambat terbentuk komunikasi interpersonal yang efektif antara siswa dengan siswa ataupun guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan konsep diri dan komunikasi interpersonal pada siswa SMAN X Aceh Besar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel 167 orang. Penentuan sampel dengan teknik stratified random sampling dan analisis hipotesis menggunakan analisis korelasi Pearson. Berdasarkan analisis hipotesis data, diperoleh koefisien korelasi sebesar R= 0.568 dengan p=0.000, yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara konsep diri dan komunikasi interpersonal pada siswa SMAN X. Hal ini mengindikasikan bahwa semakin tinggi konsep diri, maka semakin efektif komunikasi interpersonal, sebaliknya semakin rendah konsep diri maka semakin tidak efektif komunikasi interpersonal pada siswa SMAN X Aceh Besar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abror, M. (2019). Pengertian sekolah fungsi definisi lengkap. diunduh Januari Selasa,2019, dari https://www.ayoksinau.com/pengertian-sekolah-fungsidefinisi-lengkap/
Arifin, B. S. (2015). Psikologi Sosial. Bandung: CV Pustaka Setia.
Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Calhoun, F & Acocella, J. (1995). Psikologi Tentang Penyesuaian dan Hubungan Kemanusiaan (edisi ketiga). Semarang: IKIP Semarang.
Devito, J.A. (2011). Komunikasi Antar Manusia. Tangerang Selatan: Karisma Publishing Group.
Ghufron, M. N., & Risnawati, R. (2010). Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Handayani, S., Yusmansyah & Mayasari, S. (2019). Hubungan Konsep Diri dengan Komunikasi Interpersonal pada Siswa. Alibkin (Jurnal Bimbingan Konseling). Vol 7, No. 3.
Hasanah, H. (2015). Pengaruh Komunikasi Interpersonal dalam Menurunkan Problem Tekanan Emosi Berbasis Gender. Sawwa. Vol. 11, No. 1.
Laksana, M. W. (2015). Psikologi Komunikasi. Bandung: CV.. Pustaka Setia.
Nasrudin, E. (2015). Psikologi Komunikasi. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Papalia, D. E., Olds, S. W., & Feldman, R. D. (2011). Human Development.
Jakarta: Kencana.
Priyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Surabaya: Zifatama Publishing
Putro, K. Z. (2017). Memahami Ciri dan Tugas Perkembangan Masa Remaja. Aplikasia : Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama. Vol.17, No. 1. 1-8
Rakhmat, J. (2018). Psikologi Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama media.
Reber, A. S., & Reber, E. S. (2010). Kamus Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Riswandi. (2013). Psikologi Komunikasi. Jakarta: Graha Ilmu.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Ulfatin, N., Mukhadis, A., & Imron, A. (2010). Profil Wajib Belajar 9 Tahun dan Alternatif Penuntasannya. Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 17, No. 1, 36-45.
Yohana, C. (2014). Hubungan antara Konsep Diri dengan Komunikasi Interpersonal pada Mahasiswa Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Econo Sains. Vol.12, No. 1
Yunanto, J. (2016). Hubungan antara Konsep Diri dengan Komunikasi Interpersonal pada Mahasiswa FIP UNESA Surabaya. Unesa. Vol. 4, No. 3
DOI: https://doi.org/10.24815/s-jpu.v4i1.20251
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Seurune : Jurnal Psikologi Unsyiah
Seurune: Jurnal Psikologi Unsyiah published by Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-Berbagi Serupa 4.0 Internasional. Based on a work at http://jurnal.usk.ac.id/seurune.