RESILIENSI DENGAN KOMPETENSI INTERKULTURAL PADA MAHASISWA MANCANEGARA (STUDI KASUS DI BANDA ACEH

Lidra Pratiwi Tanjung, Marty Mawarpury, Intan Dewi Kumala

Abstract


Mahasiswa mancanegara yang memilih untuk melanjutkan studi di Indonesia akan menghadapi berbagai jenis perubahan dalam berbagai aspek kehidupan mereka. salah satunya karena adanya perbedaan budaya. Sebagai mahasiswa internasional, mahasiswa yang tinggal di luar negeri biasanya dituntut untuk memiliki resiliensi dan kompetensi interkultural karena mereka mengalami berbagai masalah dan tantangan di tahun pertama mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan resiliensi dengan kompetensi interkultural. Sebanyak 30 mahasiswa internasional yang belajar di Universitas di Banda Aceh berpasrtisipasi dalam penelitian ini dan dipilih dengan menggunakan brief resilience scale (α=0.141) untuk mengukur resiliensi dan wesleyan intercultural competence scale (α=0.819-0.978) untuk mengukur kompetensi interkultural. Analisis data dengan metode korelasi rank spearman memberikan nilai signifikansi p=0.325 (<0.05), artinya tidak ada hubungan antara resiliensi dengan kompetensi interkultural pada mahasiswa mancanegara Banda Aceh.

Keywords


Resiliensi; kompetensi interkultural; mahasiswa mancanegara

Full Text:

PDF

References


Amah, M. (2015).Adaptasi Mahasiswa mancanegara dan Luar Daerah di Universitas Padjadjaran Kampus Jatinangor. Jurnal LIKS, 15-32 DOI

25124/liski.v1i1.811

Amalia, F. (2016). Pengaruh strategi coping terhadap culture shock pada mahasiswa asing tahun ajaran baru 2015/2016. Undergraduate thesis. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Bennet, M. J. (1986). A Developmental Aproach to Training for Intercultural Sensitivity. International Journal of Intercultural Snsitivity , (10), 179-196

Byram, M. (1997). Teaching and assessing intercultural communicative competence. Clevendon: Multilingual Matters.

Deardorff, D. K. (2006). The Identification and Assessment of Intercultural Competence as a Student Outcome of Internationalization at Institutions of Higher Education in the United States. Journal of Studies in International Education, 10:241-266.

Devinta, M., & Hendrastomo, G. (2015). Fenomena Culture Shock (Gegar Budaya) Pada Mahasiswa Perantauan DI Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Sosiologi, 1-14.

Fakhrurozi, A.L.R. (2020). Kesiapsiagaan dan resiliensi terhadap bencana tsunami di pesisir Kabupaten Puworejo tahun 2020. Skripsi. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Fletcher, D., & Sarkar, M. (2013). Psychological resilience: A review and critique of definitions, concepts, and theory. European Psychologist, 18(1), 12–23. https://doi.org/10.1027/1016-9040/a000124.

Hastuti, E.B. (2017). Kompetensi interkultural di kampus regional polytechnic institute techno sen takeo. Kamboja: pengenalan budaya indonesia dan kamboja. Seminar Nasional Pengajaran Bahasa, 149-160.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). 679 mahasiswa Asing terima beasiswa dari Indonesia. Kemendikbud.go.id diaksesdari

https://www.kemendikbud.go.id/main/blog/2018/09/679-mahasiswa asingterima-beasiswa-dari-indonesia

Kristanto, Y. R. (2016). Komunikasi Interkultural Mahasiswa mancanegara (Studi tentang kecenderungan-kecenderungan komunikasi antarbudaya yang berkembang di kalangan mahasiswa mancanegara di Surakarta). Digilib UNS, 1-15.

Lou, K., & Bosley, G. (2008). Dynamics of cultural contexts: Meta-Level interventions in the study abroad experience. In V Savicki (Ed.). Developing intercultural competence and transformation: Theory, research, and applications in international education. (pp. 276-296). Sterling, VA:Stylus.

Luthans, F., Youssef, C. M., & Avolio, B. J. (2007). Psychological capital: Developing the human competitive edge. Oxford University Press. 60(3), 541-572

Mufidah, A.C. (2017). Hubungan Antara Dukungan Sosial Terhadap Resiliensi Pada Mahasiswa Bidikmisi Dengan Mediasi Efikasi Diri. Jurnal sains psikologi, 6(02), 68-74.

Nasir, M. (2012). Effects of Cultural Adjustment on Academic Achievement of International Students. Journal of Elementary Education. 22(2), 1-10.

Nisa, M.K., & Muis, T. (2016). Studi tentang daya tangguh (Resiliensi) anak di Panti Asuhan Sidoarjo A Study Children Resilence in Sidoarjo Orphanages. Jurnal Mahasiswa Bimbingan Konseling. 6(3), 40-44.

Reivich, K., & Shatte, A. (2002). The Resilience Factor: 7 Keys to Finding Your Inner Strength and Overcoming Life’s Hurdles. New York: Broadway Books.

Santrock, J. (2002). A topical approach to life-span development. Boston: McGrawHill.

Smith, B. W., Dalen, J., Wiggins, K., Tooley, E., Christopher, P., & Bernard, J. (2008). The Brief Resilience Scale: Assessing the Ability to Bounce Back. International Journal of Behavioral Medicine, 15, 194-200. http://dx.doi.org/10.1080/10705500802222972

Soe, T. T., Soe, K. T. T., & Sharifi, A. F. (2020). The Relationship between Resilience and Cross- Cultural Adaptation among International Students from a Chinese University. International Journal of Science and Research (IJSR), 1 (9), 1-9. DOI: 10.21275/ART20204273

Solihat, M. (2018). Adaptasi Komunikasi Dan Budaya Mahasiswa Asing Program Internasional Di Universitas Komputer Indonesia (Unikom) Bandung. Jurnal Common, 2(1), 57-70.

Stemler, S. E., Imada, T., & Sorkin, C. (2014). Development and Validation of the Wesleyan InterculturalCompetence Scale (WICS): A Tool for Measuring the Impact of Study Abroad Experiences. Frontiers : the Interdisciplinary Journal of Study Abroad, (24), 24-47.

Tibury, D., & Henderson, K. (2003). Education for intercultural understanding in Australian schools: A review of its contribution to education for a sustainable future,. Australian Journal of Environmental Education, 18.

Wagnild, G. M., & Young, H. M. (1993). Development and Psychometric Evaluation of the Resilience Scale. Journal of nursing measurement, 2(1), 165-178.

Wello, M.B., Nur, S., & Azis, A. (2017). Intercultural communication at

higher education context: Portraits and practices. International Journal of Language Education, Vol. 1 No. 2, 2017 pp. 8-16.

Wijanarko, E., & Syafiq, M. (2013). Studi Fenomenologi Pengalaman Penyesuaian Diri Mahasiswa Papua Di Surabaya. Jurnal Psikologi : Teori dan Terapan, 2(03), 79-92.

Zautra, A.J., Hall, J.S., & Murray, K.E. (2010). Resilience: A new definition of health for people and communities. In J.R. Reich, A.J. Zautra, & J.S. Hall (Eds). Handbook of Adult Resilience (pp. 3-30). New York: Guilford




DOI: https://doi.org/10.24815/s-jpu.v5i1.25151

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Seurune : Jurnal Psikologi Unsyiah

Lisensi Creative Commons

Seurune: Jurnal Psikologi Unsyiah published by Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-Berbagi Serupa 4.0 Internasional. Based on a work at http://jurnal.usk.ac.id/seurune.