Orientasi Masa Depan Siswa kelas XII MAN ditinjau dari Konsep Diri

Siti Nur Azmi

Abstract


Teenage students are expected to have clear goals regarding their future, showing a strong interest in career, education and social aspects. However, not all students have a definite direction, because they are still confused about planning for the future, especially after finishing school. This study aims to examine the correlations between self-concept and future orientation among class XII students at MAN. The method used is quantitative with a correlational approach. A total of 184 students were randomly selected using the simple random sampling method as research subjects. The instruments used are a future orientation scale and self-concept scale. Data analysis using the Pearson correlation coefficient shows that there is a positive and significant relationship between self-concept and future orientation of class XII students at MAN, with a correlation value of 0.590 which is higher than the table correlation value of 0.145 and a significance value of 0.000 (p <0.05). This indicates that the more positive the students' self-concept, the higher their orientation towards the future, and conversely, the lower the students' self-concept, the lower their focus towards the future.


Siswa remaja diharapkan memiliki tujuan yang jelas mengenai masa depan mereka, menunjukkan minat yang kuat dalam hal karir, pendidikan, dan juga aspek sosial. Namun, tidak semua siswa memiliki arah yang pasti, dikarenakan masih bingung dalam merencanakan masa depan, terutama setelah menyelesaikan sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti hubungan antara konsep diri dengan orientasi masa depan di kalangan siswa kelas XII MAN. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Sebanyak 184 siswa dipilih secara acak menggunakan metode simple random sampling sebagai subjek penelitian. Instrumen yang digunakan adalah skala orientasi masa depan dan skala konsep diri. Analisis data menggunakan koefisien korelasi pearson menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara konsep diri dan orientasi masa depan siswa kelas XII MAN dengan nilai korelasi sebesar 0.590 yang lebih tinggi dari nilai korelasi tabel sebesar 0.145 dan nilai signifikansi 0.000 (p < 0.05). Hal ini menunjukkan bahwa semakin positif konsep diri siswa, semakin tinggi pula orientasi mereka terhadap masa depan, sebaliknya semakin rendah konsep diri siswa, maka semakin rendah juga orientasi mereka terhadap masa depan. 


Keywords


self-concept; future orientation; student; konsep diri; orientasi masa depan; siswa

Full Text:

PDF

References


Agusta, Y. N. (2014). Hubungan antara orientasi masa depan dan daya juang terhadap kesiapan kerja pada mahasiswa tingkat akhir fakultas ilmu sosial dan ilmu politik di universitas mulawarman. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(3), 133-140. http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v2i3.3653

Aprilia, L. (2018). Pengaruh efikasi diri dan dukungan orang tua terhadap orientasi masa depan. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(2), 2477-2674. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v6i2.4562

Aslamawati, Y., Sobari., & Utami, D. L. (2012). Hubungan konsep diri dengan orientasi masa depan bidang pendidikan pada remaja tuna rungu di slbb “pancaran kasih” cirebon. Prosiding SNaPP: Sosial, Ekonomi, dan Humaniora, 3(1), 55-62. https://proceeding.unisba.ac.id/index.php/sosial/article/view/228

Desmita. (2013). Psikologi perkembangan. PT Remaja Rosdakarya

Garcia, F., Martinez, I., Balluerka, N., Cruise, E., Garcia, O. F., & Serra, E. (2018). Validation of the five-factor self-concept questionnaire af5 in brazil: testing factor structure and measurement invariance across language (brazilian and spanish), gender, and age. Frontiers In Psychology, 9, 1-14. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2018.02250

Hendri. (2019). Peran pola asuh orang tua terhadap pembentukan konsep diri pada anak. Jurnal At-Taujih Bimbingan dan Konseling Islam, 2(2). http://dx.doi.org/10.22373/taujih.v2i2.6528

Hurlock, E. B. (2011). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Erlangga

Jenab. (2013). Konsep diri dalam perencanaan karir siswa XII SMA Negeri 1 Palimanan Kabupaten Cirebon. (Tesis). IAIN Syekh Nurjati, Cirebon.

Kemenag. (2023). Unit Kerja Madrasah Aliyah. Diakses melalui https://dki.kemenag.go.id/unit-kerja-madrasah-aliyah

Lau., & Wijaya, J. (2021). Orientasi masa depan dengan daya juang dalam mengerjakan skripsi pada mahasiswa. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(1), 29-36. http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v9i1.5664

Lestari, E. (2014). Hubungan orientasi masa depan dengan daya juang pada siswa-siswi kelas xii di sma negeri 13 samarinda utara. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(2), Universitas Mulawarman, https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v2i2.3649

Masela, M. S. (2019). Pengaruh antara konsep diri dan kecerdasan emosi terhadap perilaku prososial pada remaja. Psikovidya, 23(2), 214-224. https://doi.org/10.37303/psikovidya.v23i2.149

Mazibuko, M. E., & Tlale, D. N. (2014). Factors that shape the adolescent’s future orientation: Analysing Qualitative data. Mediterranean Journal of Social Science, 5(2), 237.

Muljanto, M. (2021). Pengaruh konsep diri dan komunikasi interpersonal terhadap kesiapan kerja pada generasi millennial. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(1), 175-187. http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v9i1

Preska, L. & Wahyuni, Z. I. (2017). Pengaruh dukungan sosial, self-esteem dan self-efficacy terhadap orientasi masa depan pada remaja akhir. Tazkiya: Journal of Psychology, 22(1), 65-78. http://dx.doi.org/10.15408/tazkiya.v22i1.8160

Putra, M. D. K., & Tresniasari, N. (2015). Pengaruh dukungan sosial dan self-efficacy terhadap orientasi masa depan pada remaja. Jurnal Psikologi, 20 (1), 78. http://dx.doi.org/10.15408/tazkiya.v20i1.9194

Riyadi, N. S. (2022). Pengaruh daya juang dan dukungan orang tua terhadap orientasi masa depan (Studi pada siswa kelas XII SMAN 01 Muara Badak). Skripsi

Safitri, I. (2021). Hubungan konsep diri dan dukungan keluarga dengan orientasi masa depan pada mahasiswa. Universitas Islam Negeri Raden Intanlampung. Skripsi

Sakinah, A. M. (2016). Keseimbangan relasi orang tua–remaja sebagai prediktor kejelasan orientasi masa depan pendidikan. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(2), 261-280. https://doi.org/10.15575/psy.v3i2.986

Santrock, J. W. (2007). Perkembangan Anak. Jilid 1. PT. Erlangga

Shabrina, F. R., & Kusumaningrum, F. A. (2023). Self-concept and Future Orientation in Adolescents with Divorced Parents. In 3rd Universitas Lampung International Conference on Social Sciences (ULICoSS 2022) (pp. 558-571). Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-046-6_56

Simbolon, N. P., & Rasyid, M. (2021). Konsep diri dan dukungan orangtua terhadap keputusan karir. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(2), 391-401. http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v9i2

Trisnowati, E. (2016). Program bimbingan karir untuk meningkatkan orientasi karir remaja. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 3(1), 41–53. http://114.4.104.248/index.php/sosial/article/view/265/262

Van der Aar, L. P. E., Peters, S., Van der Cruijsen, R., & Crone, E. A. (2019). The neural correlates of academic self-concept in adolescence and the relation to making future-oriented academic choices. Trends in neuroscience and education, 15, 10-17. https://doi.org/10.1016/j.tine.2019.02.003

Yunani, A., Yeni., A., & Sumarto. (2021). Peran Konsep Diri Terhadap Perencanaan dan Kematangan Karir Siswa-Siswi SMK. Consilia: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling, 4(3), 216-226. https://doi.org/10.33369/consilia.4.3.216-226

Yusuf, S. L. N. (2017). Bimbingan dan konseling perkembangan: Suatu pendekatan komprehensif. PT Refika Aditama




DOI: https://doi.org/10.24815/s-jpu.v7i2.38412

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seurune : Jurnal Psikologi Unsyiah

Lisensi Creative Commons

Seurune: Jurnal Psikologi Unsyiah published by Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-Berbagi Serupa 4.0 Internasional. Based on a work at http://jurnal.usk.ac.id/seurune.