The REACT-Based Contextual Learning Model And Mastering The Concept Of Physics In High School Students
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Ahman, E. H., & Mursalin, M. (2018). Penerapan modul pembelajaran REACT pada materi hukum newton tentang gerak. Quantum: Seminar Nasional Fisika, Dan Pendidikan Fisika, 197–201.
Al-Tabany, T. I. B. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif. Progresif dan Konstektual.” dalam Mendesain Model Pembelajaran. ed. Titik Triwulan Titik Trianto. Surabaya: Prenada Media.
Aqib, Z. (2015). Pendidikan Sikap di Sekolah Membangun Sikap dan Kepribadian. Bandung: Yrama Widya.
Azizah, R., Yuliati, L., & Latifah, E. (2015). Kesulitan pemecahan masalah fisika pada siswa SMA. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 5(2), 44–50.
Bustami, B., Ngadimin, N., & Farhan, A. (2020). The Difficulty Factors of Students to Understand Mathematics Physics 1 at Physics Education Department FKIP Unsyiah. Asian Journal of Science Education, 2(1), 1-10.
Cahyono, B. A. D., Sutarto, S., & Mahardika, I. K. (2017). Model Pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying,Cooperating, Transfering) disertai Media Video Kejadian Fisika Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Edukasi. https://doi.org/10.19184/jukasi.v4i3.6155
Choiriyah, E. N. J. I. (2017). Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah dengan Strategi REACT untuk Meningkatkan Pemahaman Relasional Siswa. UIN Sunan Ampel Surabaya.
Fakhruriza, O., & Kartika, I. (2015). Keefektifan model pembelajaran relating, experiencing, applying, cooperating, transferring (REACT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMP pada materi kalor. Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika, 2(2), 54–57.
Fatmala, K., Churiyah, M., & Nora, E. (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kontekstual REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, dan Transferring). JPBM (Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Manajemen), 2(1), 27–40.
Fauziah, R. (2020). Mathematical problem-solving ability using flipping classroom with relating, experiencing, applying, cooperating, and transferring learning strategy. Journal of Physics: Conference Series, 1663(1), 12055.
Ibrahim, E., & Yusuf, M. (2019). Implementasi Modul Pembelajaran Fisika Dengan Menggunakan Model REACT Berbasis Kontekstual Pada Konsep Usaha Dan Energi. Jambura Physics Journal, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.34312/jpj.v1i1.2281
Ismaya, S. N., Subiki., & Harijanto, A. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transferring (REACT) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Fisika Di Sma. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Jember.
Jannah, M., & Supardi, Z. A. I. (2020). Guided Inquiry Model with the REACT Strategy Learning Materials to Improve the Students’ Learning Achievement. IJORER: International Journal of Recent Educational Research, 1(2), 156–168.
Lefrida, R. (2016). Efektifitas Penerapan Pembelajaran Kontekstual dengan Strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, dan Transferring) untuk Meningkatkan Pemahaman Pada materi Logika Fuzzy. Kreatif, 16(3).
Merisa, N. S., Halim, A., & Mahzum, E. (2020). The Effects of Exercise Using Minnesota Strategy Problem Solving Model to Student Learning Outcomes and Critical Thinking Ability. Asian Journal of Science Education, 2(1), 24-32.
Mulyatiningsih, E., & Nuryanto, A. (2014). Metode penelitian terapan bidang pendidikan.
Musdalifah, N. (2013). Penerapan Pendekatan Kontekstual Berbasis REACT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Palu. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 1(2), 55–60.
Nisa, F. C., Lesmono, A. D., & Bachtiar, R. W. (2018). Model Pembelajaran Kontekstual Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transferring (REACT) Dengan Simulasi Virtual Dalam Pembelajaran Fisika Di Sma (Materi Momentum, Impuls Dan Tumbukan Kelas X Sman 2 Jember). Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(1), 8–14.
Putra, I. B. K. D., Japa, I. G. N., & Kusmariyatni, N. (2014). Pengaruh Strategi REACT terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1).
Putri, M. E., & Saputro. (2019). The effect of application of REACT learning strategies on mathematics learning achievements: Empirical analysis on learning styles of junior high school students. International Journal of Educational Research Review, 4(2), 231–237.
Safitri, A., & Mahmudi, A. (2017). Efektivitas Pembelajaran Kontekstual Dengan Strategi REACT Ditinjau Dari Prestasi Dan Motivasi Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika-S1, 6(4), 41–50.
Selamet, K., Sadia, I. W., & Suma, K. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual REACT Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas Viii Smp. In Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA (Vol. 3, Issue 1). https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/article/view/751
Sugiyono, D. (2019). Statistika untuk Penelitian (Cetakan ke-30). In Bandung: Cv Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.24815/ajse.v3i1.19897
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Abdul Hamid
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Asian Journal of Science Education
ISSN 2715-5641 (online)
Organized by Universitas Syiah Kuala
Published by Universitas Syiah Kuala
Website : http://jurnal.usk.ac.id/ajse
Email : ajse@usk.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. | http://repository.teknokrat.ac.id/garudaw/
View My Stats