Development of Student Worksheets Based Inquiry using PhET Simulations to Enhance the Curiosity Attitude of High School Students
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Abelta, G. A., Ertikanto, C., & Wahyudi, I. (2017). Pengaruh penggunaan LKS berbasis
inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar melalui pemahaman konsep. Jurnal
Pembelajaran Fisika, 5(2), 93-104.
Apriyana, N., Herlina, K., & Abdurrahman, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa
Berbasis Inkuiri Termbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. JPF
(Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 7(2), 92-96.
Ardiyanto, D. S. (2013). Pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual
berbantuan hands on problem solving untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan
prestasi belajar siswa. Prosiding Universitas Yogyakarta, 175-184.
Barlenti, I., Hasan, M., & Mahidin, M. (2017). Pengembangan LKS Berbasis Project Based
Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. Jurnal Pendidikan Sains
Indonesia, 5(1), 81-86.
Damayanti, D. S., Ngazizah, N., & Kurniawan, E. S. (2013). Pengembangan lembar kerja
siswa (lks) dengan pendekatan inkuiri terbimbing untuk mengoptimalkan kemampuan
berpikir kritis peserta didik pada materi listrik dinamis sma negeri 3 purworejo kelas x
tahun pelajaran 2012/2013. RADIASI: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 3(1), 58-62.
Fauziah, R., & Alatas, F. (2016). Pengaruh lembar kerja siswa berbasis mind map terhadap
hasil belajar siswa sma pada konsep fluida statis. EDUSAINS, 8(1), 1-8.
Fitriani, W., Bakri, F., & Sunaryo, S. (2017). Pengembangan lembar kerja siswa (lks) fisika
untuk melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi (high order thinking skill) siswa
SMA. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 2(1), 36-42.
Hake, R. (2002). Analyzing Change/Gain Score. USA: Indiana University
Indrasati, H. (2016). Pengaruh Model Quantum Teaching Disertai LKS Berbasis Kartun
Fisika terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Fisika di SMA.
Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(1), 30-35.
Laelasari, I., & Adisendjaja, Y. H. (2018). Mengeksplorasi kemampuan berpikir kritis dan
rasa ingin tahu siswa melalui kegiatan laboratorium inquiry sederhana. Thabiea:
Journal of Natural Science Teaching, 1(1), 14-19.
Lee, W. W., & Owens, D. L. (2004). Multimedia-based instructional design: computer-based
training, web-based training, distance broadcast training, performance-based
solutions. John Wiley & Sons.
Novelyya, S. (2019). Pengaruh karakter rasa ingin tahu siswa terhadap hasil belajar mata
pelajaran IPA Fisika di SMP Negeri 08 Muaro Jambi. Briliant: Jurnal Riset Dan
Konseptual, 4(2), 174.
Prasetyawati, I. W., Subiki, S., & Budiarso, A. S. (2019). Pengaruh Lks Berbasis Inkuiri
Terbimbing Disertai Permainan Ular Tangga Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar
Siswa SMA di Kabupaten Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 8(3), 137-143.
Purnamawati, D., Ertikanto, C., & Suyatna, A. (2017). Keefektifan lembar kerja siswa
berbasis inkuiri untuk menumbuhkan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Jurnal
Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(2), 209-219.
Ratumanan, T. G., & Laurent, T. (2011). Penilaian Hasil Belajar pada Tingkat Satuan
Pendidikan (2nd ed.). Surabaya: Unesa University Press.
Sari, F. F. K., & Lahade, S. M. (2022). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap sikap
ilmiah rasa ingin tahu peserta didik sekolah dasar pada pembelajaran IPA. Jurnal
Basicedu, 6(1), 797-802.
Wulandari, E., Suliyanah, & Rohmawati,L. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa
(LKS) Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Melatihkan Keterampilan Proses
Sains pada Pokok Bahasan Hukum Newton di SMA Negeri 1 Driyorejo.
Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, Vol. 06, No.03, 258–264
DOI: https://doi.org/10.24815/ajse.v5i1.30861
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Roni Jarlis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Asian Journal of Science Education
ISSN 2715-5641 (online)
Organized by Universitas Syiah Kuala
Published by Universitas Syiah Kuala
Website : http://jurnal.usk.ac.id/ajse
Email : ajse@usk.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |
View My Stats