Students’ Mathematical Representation and Communication Ability in Mathematics Problem Solving
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ariyanti, H. P. (2016). Pengaruh pembelajaran matematika realistik terhadap kemampuan matematis siswa (ditinjau dari kemampuan representasi dan komunikasi). Buana Matematika: Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika. 6(2), 37–44.
Asmana, A. T. (2018). Pengembangan rubrik analitik untuk asesmen. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. 5(1), 64–77.
Asmana, A. T. (2018). Profil komunikasi matematika tertulis dalam pemecahan masalah matematika di SMP ditinjau dari kemampuan matematika. Inspiramatika I Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Matematika. 4(1), 1–12.
Creswell, J. W. (2013). Research design pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Dahlan, J. A., & Juandi, D. (2011). Analisis representasi matematik siswa sekolah dasar dalam penyelesaian masalah matematika kontekstual. Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam. 16(1),128-138
Dewi, I. (2014). Profil keakuratan komunikasi matematis mahasiswa calon guru ditinjau dari perbedaan gender. Jurnal Didaktik Matematika. 1(2), 1–12
Ernaningsih, Z., & Wicasari, B. (2017). Analysis of mathematical representation, communication and connection in trigonometry. The 2017 International Conference on Research in Education, 45–57.
Farahhadi, S. D., & Wardono, W. (2019). Representasi matematis dalam pemecahan masalah. In PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika. (2), 606–610.
Feriyanto, F. (2019). Analisis kemampuan representasi matematis mahasiswa dalam menyelesaikan soal program linear ditinjau dari perbedaan gender. Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat LP4MP Universitas Islam Majapahit, (2),90–97.
Istiqomah, Tandililing, E., & Hartoyo, A. (2016). Kemampuan komunikasi dan representasi matematis dalam pembelajaran berbantuan lembar kerja siswa berbasis teori bruner. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(4), 1-14.
Junita, R. (2016). Kemampuan representasi dan komunikasi matematis peserta didik SMA ditinjau dari prestasi belajar dan gaya kognitif. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 193-206.
Laamena, C. M. (2019). Strategi scaffolding berdasarkan gaya belajar dan argumentasi siswa: Studi kasus pada pembelajaran pola bilangan. Barekeng: Jurnal Ilmu Matematika dan Terapan, 13(2), 085-092.
Laamena, C. M., & Laurens, T. (2021). Mathematical literacy ability and metacognitive characteristics of mathematics pre-service teacher. Infinity Journal, 10(2), 259-270.
Laamena, C. M., & Nusantara, T. (2019). Prospective mathematics teachers’argumentation structure when constructing a mathematical proof: The importance of backing. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 12(1), 43-59.
Lestari, W. (2017). Pengaruh kemampuan awal matematika dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Analisa, 3(1), 76-84.
Mainali, B. (2021). Representation in teaching and learning mathematics. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 9(1), 1–21.
Mason, J., Burton, L., & Stacey, K. (2010). Thinking mathematically second edition. England: Pearson Education Limited.
Mataheru, W. (2019). Proses kognitif dalam pemecahan masalah. Bandung: Alfabeta
NCTM. (2000). Principles and standards for school mathematics. USA: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
Rahmawati, D., Purwanto, Subanji, Hidayanto, E., & Anwar, R, B. (2017). Process of mathematical representation translation from verbal into graphic. International Electronic Journal of Mathematics Education, 12(3), 367-381.
Rahayu, E.S., & Naila, R. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematik siswa SMK di kota cimahi pada materi program linear. Inomatika: Jurnal Inovasi Matematika, 1(1), 70-80.
Ratumanan, T. G., & Laurens, T. (2015). Penilaian hasil belajar pada tingkat satuan pendidikan. Yogyakarta: Pensil Komunika
Ratumanan, T. G., Ayal, C. S., & Tupamahu, P. Z. (2022). Mathematical representation ability of mathematics education study program students. JUPITEK: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 50-59.
Solihah, S., Hendriana, H., & Maya, R. (2018). Enhancing the mathematical communication ability and self-confidence of junior high school students using brain-based learning. Mathematics Education Journal, 2(2), 75-82. https://doi.org/10.22219/mej.v2i2.6491
Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan (kuantitatif, kualitatif dan kombinasi, R&D dan penelitian pendidikan). Bandung: Alfabeta
Suhaedi, D. (2012). Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP melalui pendekatan pendidikan matematika realistik. Prosiding: Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. 191-202.
Sukmaningthias, N., & Hadi, A. R. (2016). Improve analytical thinking skill and mathematical representation of the students through math problem solving. 3rd International Conference on Research, Implementation and Education of Mathematics and Science. 449-454.
Villegas. J. L., Castro, E., & Gutiérrez, J. (2009). Representations in problem-solving: A case study with optimization problems. Electronic Journal of Research in Educational Psychology, 7(17), 279–308.
DOI: https://doi.org/10.24815/jdm.v10i1.29376
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Pieter Zakarias Tupamahu, Christina Laamena
![Creative Commons License](http://licensebuttons.net/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Didaktik Matematika
ISSN 2355–4185 (print) | 2548–8546 (online)
Published by:
Universitas Syiah Kuala incorporated with the Indonesian Mathematics Educators Society (I-MES)
Mathematics Education Department Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala, Darussalam, Banda Aceh, Indonesia - 23111
Website : http://jurnal.usk.ac.id/DM/
Email : jurnal.jdm@usk.ac.id
Jurnal Didaktik Matematika by Program Studi Magister Pendidikan Matematika FKIP Universitas Syiah Kuala is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.