Pengembangan Modul Praktikum Interaktif Menggunakan Aplikasi Kotobee

Cut Nursafira, Basrul Abdul Majid, Khairan AR

Abstract


Penelitian ini berfokus pada sebuah pengembangan modul praktikum interaktif algoritma dan pemrograman menggunakan aplikasi Kotobee yang dapat memudahkan setiap mahasiswa dalam mengaksesnya selama masa praktikum. Karena adanya aplikasi ini modul bisa dirancang dengan lebih interaktif dan lebih menarik untuk dipelajari, kemudian dapat ditambakan sebuah video, audio, gambar 3D, quiz dan juga adanya sebuah notes yang bisa digunakan untuk membuat catatan penting dan juga bisa diakses dalam berbagai device. Penelitian ini mengacu pada model penelitian dan pengembangan ADDIE dengan menggunakan tahap-tahap pelaksanaannya yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Hasil penelitian berdasarkan validasi ahli materi dan ahli media dengan kriteria sangat valid dengan persentase ahli materi 100% dan ahli media 88%. Kemudian hasil dari uji coba kelayakan terhadap modul praktikum interaktif ini memiliki kriteria sangat baik dengan persentase 84%. Maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari sisi kelayakan dan penggunaan modul praktikum interaktif ini dapat diterapkan dan layak untuk digunakan untuk membantu praktikum.


References


T. Nurrita, “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” Misykat J. Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarb., Vol. 3, No. 1, P. 171, 2018, Doi: 10.33511/Misykat.V3n1.171.

Abdul Latip, “Peran Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19,” Eduteach J. Edukasi Dan Teknol. Pembelajaran, Vol. 1, No. 2, Pp. 108–116, Jun. 2020, Doi: 10.37859/Eduteach.V1i2.1956.

A. O. Alsadhan, S. Alhomod, And M. M. Shafi, “Multimedia Based E-Learning : Design And Integration Of Multimedia Content In E-Learning,” Int. J. Emerg. Technol. Learn., Vol. 9, No. 3, P. 26, May 2014, Doi: 10.3991/Ijet.V9i3.3308.

M. S. Abtahi, “Interactive Multimedia Learning Object (Imlo) For Dyslexic Children,” Procedia - Soc. Behav. Sci., Vol. 47, Pp. 1206–1210, 2012, Doi: 10.1016/J.Sbspro.2012.06.801.

C. Evans And N. J. Gibbons, “The Interactivity Effect In Multimedia Learning,” Comput. Educ., Vol. 49, No. 4, Pp. 1147–1160, Dec. 2007, Doi: 10.1016/J.Compedu.2006.01.008.

A. W. Ma’arif, “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Tentang Pengetahuan Sistem Pencernaan Tubuh Bagi Siswa Sekolah Dasar,” Universitas Negeri Semarang., 2017.

N. Faiqoh, “Implementasi Pendidikan Berbasis Multikultural Sebagai Upaya Penguatan Nilai Karakter Kejujuran, Toleransi, Dan Cinta Damai Pada Anak Usia Dini Di Kiddy Care, Kota Tegal,” Belia Early Child. Educ. Pap., Vol. 4, No. 2, Pp. 78–85, 2015.

F. Hamidi, Z. M. Kharamideh, And F. Ghorbandordinejad, “Comparison Of The Training Effects Of Interactive Multimedia (Cds) And Non-Interactive Media (Films) On Increasing Learning Speed, Accuracy And Memorization In Biological Science Course,” Procedia Comput. Sci., Vol. 3, Pp. 144–148, 2011, Doi: 10.1016/J.Procs.2010.12.025.

Sukiman, Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia., 2012.

J. Kuswanto, “Pengembangan Modul Interaktif Pada Mata Pelajaran Ipa Terpadu Kelas Viii,” J. Media Infotama, Vol. 15, No. 2, Oct. 2019, Doi: 10.37676/Jmi.V15i2.866.

M. R. Wijaya And A. Mariono, “Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android Materi Passive Voice Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas Xi Sma …,” Ejournal.Unesa.Ac.Id, Pp. 1–8.

G. Yulianto, “Developing Interactive English E-Book Using Kotobee Author For Smas Pelita Raya 10th Grade Students," Jefle, Vol. 3, No. 1, Pp. 38–47, 2022.

R. S. Manalastas And S. P. De Leon, “Development And Evaluation Of Electronic Instructional Module In Matter,” Eur. J. Humanit. Educ. Adv., Vol. 2, No. 8, Pp. 107–127, 2021.

J. J. A. Baring And J. S. Berame, “Supporting Conceptual Comprehension Of Newton’s Laws Of Motion Of Grade 8 Students Through Kotobee Interactive E-Module,” Indones. J. Learn. Adv. Educ., Vol. 4, No. 3, Pp. 209–232, 2022, Doi: 10.23917/Ijolae.V4i3.18790.

S. Afrianti And H. A. Musril, “Perancangan Media Pembelajaran Tik Menggunakan Aplikasi Autoplay Media Studio 8 Di Sma Muhammadiyah Padang Panjang,” J. Inform. Upgris, Vol. 6, No. 2, Pp. 2–7, 2021, Doi: 10.26877/Jiu.V6i2.6471.

N. Sugihartini And K. Yudiana, “Addie Sebagai Model Pengembangan Media Instruksional Edukatif (Mie) Mata Kuliah Kurikulum Dan Pengajaran,” J. Pendidik. Teknol. dan Kejuru., vol. 15, no. 2, Aug. 2018, doi: 10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14892.

N. Sugihartini and K. Yudiana, “Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan,” J. Pendidik. Teknol. dan Kejuru., vol. 15, no. 2, pp. 277–286, 2018.

Garaika and Darmanah, METODOLOGI PENELITIAN. Lampung Selatan: CV. HIRA TECH, 2019.

D. Budiastuti and A. Bandur, Validitas Dan Reliabilitas Penelitian. Jakarta: Mitra Wacana Media, 2018.


Full Text: PDF

DOI: 10.24815/j-sign.v1i1.34856

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.