Pengembangan Game Sebagai Media Pembelajaran Matematika Dengan MDLC

Hidayati Ami

Abstract


Pengembangan teknologi telah mengubah lanskap pendidikan, menciptakan peluang baru untuk memperkaya proses belajar dan mengajar. Media pembelajaran matematika berbasis game ini dibangun dengan menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC), yang meliputi tahap konsep, desain, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Hasilnya adalah aplikasi pembelajaran yang berhasil memikat perhatian siswa dan membantu mereka dalam memahami konsep- konsep matematika dengan lebih baik. Penerapan unsur permainan dalam aplikasi ini dapat meningkatkan minat belajar siswa terhadap matematika. Dalam pengujian awal, aplikasi media pembelajaran ini telah diterima dengan baik oleh siswa dan dianggap sebagai alat yang berguna dalam pembelajaran matematika. Dengan adanya aplikasi ini, guru dan orangtua juga dapat lebih efektif dalam mengajar dan mendukung pembelajaran anak-anak di TK IT Al-Hikmah. Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis game ini telah membuktikan potensinya dalam meningkatkan minat belajar siswa dan membantu meningkatkan pemahaman mereka terhadap konsep matematika


References


H. I. Sandre, W. R. L. Paat, and S. Pratasik, “Analisis Pembelajaran Daring Pada Smk,” Edutik J.

Pendidik. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 1, no. 1, pp. 90–96, 2021, doi: 10.53682/edutik.v1i1.1540.

M. A. Tambunan dan P. Siagian, “Humantech Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia Pengembangan

Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Website (Google Sites) Pada Materi Fungsi Di Sma Negeri

Medan,” J. Ilm. Multi Disiplin Indones., vol. 2, no. 10, pp. 1520–1533, 2022.

K. Naniek dan E. S. Murti, Strategi Mengajar Di Sekolah Dasar. CV. Ae media grafika, 2019.

H. Sugiarto, “Penerapan Multimedia Development Life Cycle Pada Aplikasi Pengenalan Abjad Dan

Angka,” IJCIT (Indonesian J. Comput. Inf. Technol., vol.3 no.1, pp. 26–31, 2018.

Judinar, D. Syifa, and K. Martiwi, “Pembuatan Video Animasi Infografis Edukatif Mengenai Gejala

Covid-19,” J. Teknol. Terap. Sains, vol. 3, no. 1, pp. 87–98, 2022.

S. Alisyafiq, B. Hardiyana, and R. P. Dhaniawaty, “Implementasi Multimedia Development Life Cycle

Pada Aplikasi Pembelajaran Multimedia Interaktif Algoritma dan Pemrograman Dasar Untuk

Mahasiswa Berkebutuhan Khusus Berbasis Android,” J. Pendidik. Kebutuhan Khusus, vol. 5, no. 2, pp.

–143, 2021, doi: 10.24036/jpkk.v5i2.594.

Kustandi C, Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia, 2013.

A. Sumitra, C. A. Windarsih, D. S. Elshap, and D. Jumiatin, “Meningkatkan Kemampuan Mengenal

Huruf Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Menggunakan Boneka Jari,” vol. 6, no. 1, pp.

–0413, 2020.

Arch C. Luther, Authoring Interactive Multimedia. Boston: Arch C. Luther, 1994.

M. Rurut, J. Waworuntu, and T. Komansilan, “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika

Berbasis Mobile di Sekolah Dasar,” Edutik J. Pendidik. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 2, no. 2, pp. 212–

, 2022, doi: 10.53682/edutik.v2i2.4562.


Full Text: PDF

DOI: 10.24815/j-sign.v1i2.35026

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.