Pengembangan Game Sebagai Media Pembelajaran Matematika Dengan MDLC
Abstract
Pengembangan teknologi telah mengubah lanskap pendidikan, menciptakan peluang baru untuk memperkaya proses belajar dan mengajar. Media pembelajaran matematika berbasis game ini dibangun dengan menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC), yang meliputi tahap konsep, desain, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Hasilnya adalah aplikasi pembelajaran yang berhasil memikat perhatian siswa dan membantu mereka dalam memahami konsep- konsep matematika dengan lebih baik. Penerapan unsur permainan dalam aplikasi ini dapat meningkatkan minat belajar siswa terhadap matematika. Dalam pengujian awal, aplikasi media pembelajaran ini telah diterima dengan baik oleh siswa dan dianggap sebagai alat yang berguna dalam pembelajaran matematika. Dengan adanya aplikasi ini, guru dan orangtua juga dapat lebih efektif dalam mengajar dan mendukung pembelajaran anak-anak di TK IT Al-Hikmah. Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis game ini telah membuktikan potensinya dalam meningkatkan minat belajar siswa dan membantu meningkatkan pemahaman mereka terhadap konsep matematika
References
H. I. Sandre, W. R. L. Paat, and S. Pratasik, “Analisis Pembelajaran Daring Pada Smk,” Edutik J.
Pendidik. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 1, no. 1, pp. 90–96, 2021, doi: 10.53682/edutik.v1i1.1540.
M. A. Tambunan dan P. Siagian, “Humantech Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia Pengembangan
Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Website (Google Sites) Pada Materi Fungsi Di Sma Negeri
Medan,” J. Ilm. Multi Disiplin Indones., vol. 2, no. 10, pp. 1520–1533, 2022.
K. Naniek dan E. S. Murti, Strategi Mengajar Di Sekolah Dasar. CV. Ae media grafika, 2019.
H. Sugiarto, “Penerapan Multimedia Development Life Cycle Pada Aplikasi Pengenalan Abjad Dan
Angka,” IJCIT (Indonesian J. Comput. Inf. Technol., vol.3 no.1, pp. 26–31, 2018.
Judinar, D. Syifa, and K. Martiwi, “Pembuatan Video Animasi Infografis Edukatif Mengenai Gejala
Covid-19,” J. Teknol. Terap. Sains, vol. 3, no. 1, pp. 87–98, 2022.
S. Alisyafiq, B. Hardiyana, and R. P. Dhaniawaty, “Implementasi Multimedia Development Life Cycle
Pada Aplikasi Pembelajaran Multimedia Interaktif Algoritma dan Pemrograman Dasar Untuk
Mahasiswa Berkebutuhan Khusus Berbasis Android,” J. Pendidik. Kebutuhan Khusus, vol. 5, no. 2, pp.
–143, 2021, doi: 10.24036/jpkk.v5i2.594.
Kustandi C, Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia, 2013.
A. Sumitra, C. A. Windarsih, D. S. Elshap, and D. Jumiatin, “Meningkatkan Kemampuan Mengenal
Huruf Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Menggunakan Boneka Jari,” vol. 6, no. 1, pp.
–0413, 2020.
Arch C. Luther, Authoring Interactive Multimedia. Boston: Arch C. Luther, 1994.
M. Rurut, J. Waworuntu, and T. Komansilan, “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika
Berbasis Mobile di Sekolah Dasar,” Edutik J. Pendidik. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 2, no. 2, pp. 212–
, 2022, doi: 10.53682/edutik.v2i2.4562.
DOI: 10.24815/j-sign.v1i2.35026
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.