Variasi Bahasa pada Novel Orang Tak Dikenal Karya Nazar Shah Alam

Nasrullah Nasrullah, Syahriandi Syahriandi, Trisfayani Trisfayani

Abstract


Penelitian ini mengkaji variasi bahasa pada novel Orang Tak Dikenal karya Nazar Shah Alam. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan variasi bahasa pada novel Orang Tak Dikenal karya Nazar Shah Alam. Pendekatan yang digunakan berupa pendekatan kualitatif, adapun jenis penelitian yaitu deskriptif kualitatif. Data penelitian ini berupa kata dan kalimat yang mengandung variaisi bahasa pada novel Orang Tak Dikenal karya Nazar Shah Alam. Sumber data penelitian ini adalah novel Orang Tak Dikenal karya Nazar Shah Alam. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik baca dan teknik catat. Analisis data dilakukan dengan 3 tahap yang telah dijabarkan, yaitu; reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini menujukan bahwa kata dan kalimat yang mengandung variaisi bahasa pada novel orang tak dikenal karya Nazar Shah Alam terdapat sebanyak 42 data. Data ini dapat dikelompokkan menjadi (a) segi bahasa ditinjau dari cara penutur sebanyak 18 data, (b) ragam bahasa dilihat dari segi komunikasi sebanyak 14 data, (c) ragam bahasa ditinjau dari topik berkomunikasi sebanyak 5 data, (d) ragam bahasa dilihat dari segi keformalan sebanyak 3 data.

Kata Kunci: pengertian bahasa, variasi bahasa, novel

Full Text:

 Subscribers Only

References


Apriliana, C. (2018). Jenis ragam dan karakteristik ragam tuturan guru dan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VIII A SMP Pnangudi Luhur Kalibawang tahun ajaran 2017/2018. Skripsi Universitas Sanata Dharma.

Darmianti. (2017). Ragam bahasa pedagang Pasar Mare Kabupaten Bone (Kajian sosiolinguistik). (http://digilibadmin.unismuh.ac.id). Diakses tanggal 22 Juni 2021.

Devianty, R. (2017). Bahasa sebagai cerminan kebudayaan. Jurnal Tarbiyah, 24(2), 235.

Krisna, M. (2018). Campur kode dan alih kode dalam interaksi perdagangan di Pasar Beringharjo Yogyakarta. Skripsi Universitas Sanata Dharma.

Mahsun. (2012). Metode penelitian bahasa. Raja Grafindo Persada.

Nurgiyantoro, B. (2017). Teori pengkajian fiksi. Gajah Mada University Press.

Putrayasa, I. G. N. K. (2018). Ragam bahasa Indonesia.

Putri, N. P. (2021). Analisis penggunaan campur kode dalam vlog Atta Halilintar: Kajian sosiolinguistik. Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(2), 102-116.

Sumanto. (2014). Teori dan aplikasi metode penelitian. CAPS (Center Of Academic Publishing Service).

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kualitatif, kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.

Srihartatik, A & Mulyani, S. (2017). Alih kode dan campur kode masyarakat tutur di Pasar Tradisional Plered Cirebon. Jurnal Literasi, 1(2), 33-40.

Yunia, I. (2020). Perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun di TK Putri Aisyah Kebon IX Kecamatan Sungai Gelam. Skripsi Universitas Jambi.




DOI: https://doi.org/10.24815/jbs.v18i1.33209

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Jurnal Bahasa dan Sastra

ISSN 1693-962X  (print) | 2654-6582 (online)
Organized by Universitas Syiah Kuala 
Published by Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala
Website : http://jurnal.usk.ac.id/JLB
Email     : jimpbsi@fkip.usk.ac.id

Creative Commons License