Peningkatan Kualitas SDM pada Desa Belalang dalam Kegiatan Pengabdian Masyarakat
Abstract
Kegiatan Pengabdian "Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengelolaan Wisata Daerah Desa Belalang, Kedungu, Tabanan" bertujuan meningkatkan kapasitas masyarakat dalam pengelolaan wisata melalui pelatihan dan workshop yang mendukung pengembangan potensi lokal. Rangkaian kegiatan terdiri dari Lokakarya bagi Pelaku Wisata yang memberikan pemahaman tentang pengelolaan destinasi wisata berbasis potensi lokal, Workshop Fotografi sebagai Peluang Usaha yang melatih keterampilan fotografi untuk mendukung promosi wisata, Workshop Canva dan Video Editing yang berfokus pada pembuatan konten kreatif untuk media promosi, serta Pelatihan Penguatan Sosial Media Marketing yang membahas strategi pemasaran digital melalui media sosial. Kegiatan ini berhasil mencapai nilai evaluasi kegiatan sebesar 72.7%, dimana peserta yang menyadaripentingnya Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), dan tertarik dalam mengimplementasikan dalam promosi wisata, diikuti dengan partisipasi aktif dalam seluruh rangkaian kegiatan. Melalui kegiatan ini, masyarakat diharapkan mampu mengembangkan potensi wisata secara mandiri dan berkelanjutan.
Full Text:
PDFReferences
I. W. Pantiyasa, “Evaluasi pengelolaan desa wisata Kaba-Kaba, Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan”, Jurnal Ilmiah Hospitality Management, vol. 1, no. 2, 2020.
N. Anisa, I. W. Restu, dan N. P. P. Wijayanti, “Strategi pengembangan wisata pantai Kedungu, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali,” Bumi Lestari Journal of Environment, vol. 21, no. 2, pp. 36-42, 2021.
BPS Kabupaten Tabanan, “Kabupaten Tabanan Dalam Angka, vol. 48, 2024,” Tabanan, Bali: Badan Pusat Statistik Tabanan, 2024.
P. A. G. Permana, P. D. Novayanti, N. L. G. P. Suwirmayanti, dan N. P. N. Hendayanti, “Pemberdayaan digital marketing untuk meningkatkan omzet usaha pada UMKM Ayya Farm,” Amaluna: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 2, no. 1, pp. 1–8, 2023.
N. L. G. P. Suwirmayanti, R. Hadi, P. A. G. Permana, I. K. R. Setiawan, dan I. G. N. A. C. Vijaya, “Penambahan desain kemasan dan varian rasa pada usaha Jajan Terang Bulan Mini,” Jurnal Ilmiah Populer Widyabhakti, vol. 3, no. 2, pp. 75–82, 2021.
N. L. G. P. Suwirmayanti, I. K. W. Adnyana, I. G. B. P. Sidhiantara, R. Hadi, R. Wulandari, dan I. G. A. D. Saryanti, “Media promosi digital taman Edelwis Karangasem pada masa pandemi covid-19,” Naratif : Jurnal Nasional Riset, Aplikasi dan Teknik Informatika, vol. 4, no. 1, pp. 23–31, 2022.
N. L. G. P. Suwirmayanti, N. K. Sukerti, dan R. Hadi, “Pemanfaatan media sosial dalam upaya peningkatan penjualan pada usaha konveksi di Yeti Susanti Kebaya Bali,” in Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian 2020, pp. 31–38, 2020.
R. A. N. Diaz, P. D. Novayanti, I. M. S. Pande, K. W. W. Diaz, dan A. R. C. Dewi, “Pengembangan branding dan pelatihan pemanfaatan teknologi informasi pada usaha jus buah,” Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat ADMA, vol. 2, no. 1, pp. 1-10, 2021.
I. M. Sudarsana, dan N. L. G. P. Suwirmayanti, “Sistem informasi digitalisasi pengolahan sampah TPS3R Desa Selemadeg Kabupaten Tabanan,” Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 6, no. 2, pp. 16396–16403, 2022.
D. R. Putri, N. N. W. Antari, dan I. P. Widiadnyana, “Inovasi desain label kemasan sebagai faktor peningkatan daya saing produk UKM Pizza Omi,” Jurnal Pengabdian Masyarakat (JURDIMAS), vol. 1, no. 2, pp. 2963–3788, 2023.
R. K. Ali, “Strategi pengembangan obyek wisata pantai di Kecamatan Sluke, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah,” Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha, vol. 9, no. 3, pp. 204–216, 2021.
A. Laming, D. S. M. Engka, dan J. I. Sumual, “Strategi pengembangan pariwisata dalam meningkatkan pendapatan ekonomi di Kabupaten Kepulauan Sangihe (Studi: Pantai Ria Kolongan Beha),” Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, vol. 23, no. 3, pp. 85–96, 2023.
I. M. Sakti, D. C. Pratiwi, dan S. C. Jati, “Pelatihan fotografi dan editing untuk meningkatkan promosi produk kerajinan rajut,” Magistrorum et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 2, no. 3, pp. 451–64, 2022.
S. Supriyadi, A. Christian, I. Suryani, dan I. Rusdi, “Pelatihan Canva dalam pembuatan konten promosi media sosial TikTok pada Fatayat NU,” Jurnal Altifani Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, vol. 2, no. 6, pp. 566–572, 2022.
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pengabdian Rekayasa dan Wirausaha (JPRW) is published under license of Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.