Pengaruh Entrepreneurship Education terhadap Entrepreneurial Intentions pada Mahasiswa Universitas Syiah Kuala
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh Entrepreneurship Education terhadap Entrepreneurial Intentions dengan Self Efficacy dan Learning Orientationsebagai variabel mediasi pada mahasiswa Universitas Syiah Kuala. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Mahasiswa FEB USK yang berjumlah 100 responden.Peralatan pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah kuesioner. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling, dan Uji Sobel digunakan sebagai metode analisis untuk mengetahui pengaruh dari semua variabel-variabel yang terlibat.Berdasarkan hasil analisis Uji Sobel, mengindikasikan bahwa Entrepreneurship Education berpengaruh terhadap Entrepreneurial Intentions, Entrepreneurship Educationberpengaruh terhadap Self Efficacy, Entrepreneurship Education berpengaruh terhadap Learning Orientation, Self Efficacy berpengaruh terhadap Entrepreneurial Intentions, Learning Orientation berpengaruh terhadap Entrepreneurial Intentions, Self Efficacy memediasi secara parsial pengaruh Entrepreneurship Education terhadap Entrepreneurial Intentions, Learning Orientation memediasi secara parsial pengaruh Entrepreneurship Education terhadapEntrepreneurial Intentions.
Abstract: This study aims to measure the effect of Entrepreneurship Education on Entrepreneurial Intentions with Self Efficacy and Learning Orientation as mediating variables in students of Syiah Kuala University. The sample used in this study was FEB USK students, totaling 100 respondents. Data collection equipment used in this study is a questionnaire. The sampling technique used was Cluster Random Sampling, and the Sobel test was used as an analytical method to determine the effect of all the variables involved. Based on the results of the Sobel Test analysis, it indicates that Entrepreneurship Education influences Entrepreneurial Intentions, Entrepreneurship Education influences Self Efficacy, Entrepreneurship Education influences Learning Orientation, Self Efficacy influences Entrepreneurial Intentions, Learning Orientation influences Entrepreneurial Intentions, Self Efficacy partially mediates the influence of Entrepreneurship Education on Entrepreneurial Intentions, Learning Orientation partially mediates the influence of Entrepreneurship Education on Entrepreneurial Intentions.
Keywords: Entrepreneurship Education, Entrepreneurial Intentions, Self Efficacy, Learning Orientation
Full Text:
PDFReferences
Adhimursandi, Doddy. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Kewirausahaan. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 13 (1): 2528- 1127
Aje, A., Suryani, L., & Tute, K. (2019). Pengaruh Efikasi Diri Dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Tahun Akademik 2018/2019 Universitas Flores Ende, NTT. JIMUPB Jurnal Ilmiah Manajemen, 8(1), 125– 134.
Al Habib, Muhammad Farid; Rahyuda, I Ketut. (2015). Pengaruh Efikasi Diri, Kebutuhan Akan Prestasi Dan Keberanian Mengambil Risiko Terhadap Niat Berwirausaha Mahasiswa. E-Jurnal Manajemen, 4(9).
Alif Fianto, A. Y., Asiyah, S., & Rinuastuti, B. H. (2020). The Role Of Entrepreneurship Education In A Disruptive Age. Jmm Unram - Master Of Management Journal, 9(2), 149–160.
Cera, G., Mlouk, A., Cera, E., & Shumeli, A. (2020). The Impact of Entrepreneurship Education on Entrepreneurial Intention. A Quasi-Experimental Research Design. Journal of Competitiveness, 12(1), 39– 56.
Chairy. (2011). Pengaruh Karakteristik Entrepreneurial, Jenis Etnis, Jenis Kelamin Dan Profesi Orang Tua Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Manajemen dan Bisnis. 1 (2), 245-259.
Chandra, R. A., & Budiono, H. (2019). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Niat Berwirausaha yang Dimediasi Efikasi Diri Mahasiswa Manajemen. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, I(4), 645–655.
Christianingrum, & Rosalina, E. (2017). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Kasus Pada Mahasiswa Manajemen, Akuntansi Dan Sosiologi, Universitas Bangka Belitung). Integrated Journal of Business and Economics, 1(1), 45–55.
Devi, Abrista. (2017). Peran Orientasi Kewirausahaan Sebagai Mediasi Antara Pendidikan dan Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa. Jurnal Studi Ekonomi dan Bisnis Islam, 2(2).
Entrialgo, M. and Iglesias, V. (2016), “The moderating role of entrepreneurship education on the antecedents of entrepreneurial intention”, The International Entrepreneurship and Management Journal, 12(4),1209-1232.
Fauzan, F. (2019). Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan Dan Locus of Control Internal Terhadap Motivasi Berwirausaha Bagi Lulusan Prodi Manajemen Unihaz Bengkulu. Creative Research Management Journal, 2(1), 25.
Fauziati, P., & Suryani, K. (2020). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Niat Mahasiswa Untuk Berwirausaha. Edukasi:Jurnal Pendidikan, 18(1), 76.
Gozukara, I., & Colakoglu, N. (2016). Enhancing Entrepreneurial Intention and Innovativeness of University Students: The Mediating Role of Entrepreneurial Alertness. International Business Research
Gunawan, Charles. (2022). Pengaruh Entrepreneurship Education dan Entrepreneurial Passion terhadap Entrepreneurial Intention melalui Entrepreneurial Self-Efficacy sebagai Variabel Mediasi pada Mahasiswa Tingkat Akhir Universitas Kristen Petra Surabaya. Program Business Management, Fakultas Bisnis dan Ekonomi, 10(2).
Hattab, H. W. (2014). Impact of Entrepreneurship Education on Entrepreneurial Intentions of University Students in Egypt. The Journal Of Entreprenuership, 23(1), 1–18.
Hoang, Giang, Le, Thuy T. T., Tran, Anh K. T., Du, Tuan. (2020). Entrepreneurship Education and Entrepreneurial Intentions of University Students in Vietnam: The Mediating Roles of Self-Efficacy and Learning Orientation. Journal of Education and Training, 63(1), 115-133.
Indriyani, R. (2017). Pengaruh Entrepreneurship Education Terhadap Entrepreneurial Intention Melalui Entrepreneurial Motivation Sebagai Mediasi Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta Di Surabaya, BISMA (Bisnis Dan Manajemen), 10(1), 26–46.
Mahendra, Rizal and, Soepatini, S.E., M.Si., Ph.D. (2022). Pengaruh Entrepreneurship Education Terhadap Entrepreneurial Intention Dengan Entrepreneurial Self-Efficacy Sebagai Variabel Intervening. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Puni, A., Anlesinya, A. and Korsorku, P.D.A. (2018). Entrepreneurial education, self-efficacy and intentions in Sub-Saharan Africa. African Journal of Economic and Management Studies, 9 (4), 492-511.
Rahmadhania, & Zulbahri, L. (2018). Pendidikan Kewirausahaan Dan Kepercayaan Diri dalam Meningkatkan Motivasi Berwirausaha Mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Tamansiswa Padang. Journal Of Economic And Economic Education, 6(2), 133–142.
Widnyana, I. W., Widyawati, S. R., & G. Oka Warmana. (2018). Pengaruh Pemberian Mata Kuliah Kewirausahaan Dan Pelatihan Wirausaha Terhadap Minat Wirausaha Ekonomi Kreatif Pada Mahasiswa Unmas Denpasar. 1(1).
Wirandana, Eri, Hidayati, Syafaatul. (2017). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan terhadap Niat Berwirausaha. Jurnal Pendidikan, hukum, dan Bisnis, 2(2).
Yanti, A. (2019). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Self efficacy, Locus Of Control Dan Karakter Wirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Aprilda. 2, 268–283.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.