Pengaruh Food Quality dan Service Person Customer Orientation terhadap Repurchase Intention pada UMKM Kuliner di Kota Banda Aceh
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh Food Quality, Service Person Customer Orientation terhadap Repurchase Intention yang dimediasi oleh Customer Satisfaction pada UMKM Kuliner di Kota Banda Aceh. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pelanggan dari UMKM Kuliner di Kota Banda Aceh yang terbagi pada 9 Kecamatan dan 45 UMKM Kuliner di Kota Banda Aceh yang berjumlah 176 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Analisis data menggunakan model Structural Equation Modelling (SEM) dengan metode analisis menggunakan Confirmator Factor Analysis (CFA) dengan menggunakan alat bantu program AMOS. Hasil Penelitian menunjukkan hasil bahwa Food Quality, Service Person Customer Orientation, Customer Satisfaction, dan Repurchase Intention pada UMKM Kuliner di Kota Banda Aceh sudah baik. Food Quality berpengaruh terhadap Customer Satisfaction, Service Person Customer Orientation berpengaruh terhadap Customer Satisfaction, Food Quality berpengaruh terhadap Repurchase Intention, Service Person Customer Orientation berpengaruh terhadap Repurchase Intention, Customer Satisfaction berpengaruh terhadap Repurchase Intention, Customer Satisfaction memediasi secara parsial pengaruh Food Quality terhadap Repurchase Intention, dan Customer Satisfaction memediasi secara parsial pengaruh Service Person Customer Orientation terhadap Repurchase Intention.
Kata Kunci: Food Quality; Service Person Customer Orientation; Customer Satisfaction; Repurchase Intention; UMKM Kuliner
Full Text:
PDFReferences
Adi Ahdiat. (2022). Mayoritas Industri Mikro-Kecil Bergerak di Sektor Makanan | Databoks. https://databoks-series.katadata.co.id/datapublish/2022/03/30/mayoritas-industri-mikro-kecil-bergerak-di-sektor-makanan
Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian tindakan kelas. Bumi Aksara, 136(2), 2–3.
Bahri, S., & Zamzam, F. (2015). Quantitative Research Model Based on SEM-Amos. Yogyakarta: Depublish.
Baron, R. M., & Kenny, D. A. (1986). The moderator–mediator variable distinction in social psychological research: Conceptual, strategic, and statistical considerations. Journal of Personality and Social Psychology, 51(6), 1173.
BERLIANSYAH, R. A., & SUROSO, A. (2018). The Influence of Food & Beverage Quality, Service Quality, Place, and Perceived Price to Customer Satisfaction and Repurchase Intention. JOURNAL OF RESEARCH IN MANAGEMENT, 1(1). https://doi.org/10.32424/jorim.v1i1.18
Bungin, B. (2013). Metodologi Penelitian Sosial & ekonomi: Format-format kuantitatif dan Kualitatif untuk studi sosiologi, kebijakan publik, komunikasi, manajemen, dan pemasaran.
Cavana, R., Delahaye, B., & Sekeran, U. (2001a). Applied business research: Qualitative and quantitative methods. John Wiley & Sons.
Chic, P. pada kompas. com. (2011). Lima Penentu Keberhasilan Bisnis Kuliner. https://lifestyle.kompas.com/read/2011/05/12/18310444/lima.penentu.keberhasilan.bisnis.kuliner
Cooper, D. R., & Schindler, P. S. (2006). Metode riset bisnis.
Darwin, S. (2014). Analisis pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan dan kepercayaan pelanggan sebagai variabel intervening pada asuransi jiwa Manulife Indonesia-Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 2(1), 1–12.
Dita, A. (2010). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Majestyk Bakery & Cake Shop Cabang HM YAMIN Medan. Universitas Negeri Medan. Jurnal Keuangan Dan Bisnis, 2(1).
ekon.go.id. (2021). UMKM Menjadi Pilar Penting dalam Perekonomian Indonesia - Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. https://ekon.go.id/publikasi/detail/2969/umkm-menjadi-pilar-penting-dalam-perekonomian-indonesia
Ellitan, L., Sugiyanto, S. A., & Risdwiyanto, A. (2022). Increasing Repurchase Intention through Experiential Marketing, Service Quality, and Customer Satisfaction. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 12(1), 164. https://doi.org/10.30588/jmp.v12i1.1022
Fariza Rizky Ananda pada okezone.com. (2021). Ini Alasan Bisnis Kuliner Jadi Pilihan Peluang Usaha Menjanjikan : Okezone Economy. https://economy.okezone.com/read/2021/04/26/455/2400875/ini-alasan-bisnis-kuliner-jadi-pilihan-peluang-usaha-menjanjikan
Forsman, H. (2008). Business development success in SMEs: a case study approach. Journal of Small Business and Enterprise Development, 15(3), 606–622.
Gaman, P. M., & Sherrington, K. B. (1996). The science of food. Routledge.
Goff, B. G., Boles, J. S., Bellenger, D. N., & Stojack, C. (1997). The influence of salesperson selling behaviors on customer satisfaction with products. Journal of Retailing, 73(2), 171–183.
Halstead, D. (1999). The use of comparison standards in customer satisfaction research and management: A review and proposed typology. Journal of Marketing Theory and Practice, 7(3), 13–26.
Hellier, P. K., Geursen, G. M., Carr, R. A., & Rickard, J. A. (2003). Customer repurchase intention: A general structural equation model. European Journal of Marketing, 37(11/12), 1762–1800.
Hennig‐Thurau, T. (2004). Customer orientation of service employees: Its impact on customer satisfaction, commitment, and retention. International Journal of Service Industry Management, 15(5), 460–478.
Hill, C. J., & Tillery, K. R. (1992). What do male/female perceptions of an international business career suggest about recruitment policies? SAM Advanced Management Journal, 57(4), 10.
Hutama, D. (n.d.). “Keep moving forward, make plans for your future, and never give up.”
Indrasari, M. (2019). PEMASARAN DAN KEPUASAN PELANGGAN: pemasaran dan kepuasan pelanggan. unitomo press.
Ismaniar. (2021). Chek Zainal Sebut Prospek Bisnis Kuliner di Banda Aceh Sangat Menjanjikan. https://dishub.bandaacehkota.go.id/berita-chek-zainal-sebut-prospek-bisnis-kuliner-di-banda-aceh-sangat-menjanjikan.html
K Vanda pada ukmindonesia.id. (2022). Customer Oriented – UKM Indonesia. https://ukmindonesia.id/baca-deskripsi-posts/customer-oriented
Kharisma, L., & Hutasuhut, S. (2019). Peran Mediasi Minat Beli Pada Pengaruh Brandambassador dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Niagawan, 8(3), 197–215.
Kotler, K., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management, 14th, Person Education. Philip Kotler DanKevin LaneKeller.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran (Vol. 1, Issue 2). Jilid.
Lufti, M., & Situmorang, S. H. (2014). Analisis Data untuk Riset Manajemen dan Bisnis. Medan: Usu Press.
M. Nurdin. (2021). UMKM di Banda Aceh Bertambah hingga 16.332 Unit Usaha, Pemko Sudah Kucurkan Dana Rp 32 Miliar - Serambinews.com. https://aceh.tribunnews.com/2021/07/17/umkm-di-banda-aceh-bertambah-hingga-16332-unit-usaha-pemko-sudah-kucurkan-dana-rp-32-miliar
Michael, A. A., & Adinugraha, A. T. (2014). Analisi pengaruh kualitas makanan dan persepsi harga terhadap kepuasan konsumen D’cost Surabaya. Jurnal Manajemen Perhotelan.
Mowen, J. C., & Minor, M. S. (1998). Consumer behavior and marketing strategy. Journal of Market Focused Management.
NABILA MASARRAH HARSHA. (2020). PENGARUH FOOD QUALITY, SERVICE QUALITY DAN PRICE FAIRNESS TERHADAP REPATRONAGE INTENTION YANG DIMEDIASI OLEH CUSTOMER SATISFACTION PADA KANTIN MAKANAN JEPANG HANA DI
BANDA ACEH. Jurnal Ilmiah Manajemen.
Namkung, Y., & Jang, S. (2007a). Does food quality really matter in restaurants? Its impact on customer satisfaction and behavioral intentions. Journal of Hospitality & Tourism Research, 31(3), 387–409.
Namkung, Y., & Jang, S. (2007b). Does food quality really matter in restaurants? Its impact on customer satisfaction and behavioral intentions. Journal of Hospitality & Tourism Research, 31(3), 387–409.
Nurdin pada satuharapan.com. (2019). UMKM Banda Aceh Capai 12.000, Usaha Kuliner Mendominasi - Satu Harapan. https://www.satuharapan.com/read-detail/read/umkm-banda-aceh-capai-12000-usaha-kuliner-mendominasi
Nurhayati. (2016). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI.
Nursalam, I. I. (2017). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis.
Oliver, R. L. (1999). Customer satisfaction research. The Handbook of Marketing Research: Uses, Misuses, and Future Advances, 1, 569–587.
Padlee, S. F., Thaw, C. Y., & Zulkiffli, S. N. (2019). The relationship between service quality, customer satisfaction and behavioural intentions. Tourism and Hospitality Management, 25(1), 121–139.
Pasaribu, M. P., Lampus, B. S., & Sapulete, M. (2014). The Relationship Between Eating Habits with the Gastritis at the Medical Faculty Level of Student 2010 Sam Ratulangi University Manado. Jurnal Kedokteran Komunitas Dan Tropik, 2(2).
Peppy Widyanty, T., Eko Sujianto, A., Studi Manajemen Bisnis Syari, P., Ekonomi dan Bisnis Islam, F., Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, U., Kunci, K., Pelayanan, K., Produk, K., Pembelian, K., & Konsumen, K. (n.d.). THE EFFECT OF SERVICE QUALITY AND PRODUCT QUALITY ON PURCHASE DECISIONS WITH CUSTOMER SATISFACTION AS INTERVENING VARIABLES (Kajian Prespektif Syariah Pada Nirmala Food And Beverages Trenggalek). https://doi.org/10.29407/jae.v7i2.17865
Peter, J. P., Olson, J. C., & Grunert, K. G. (1999). Consumer behavior and marketing strategy.
Qin, G., & Prybutok, V. R. (2008a). Determinants of customer-perceived service quality in fast-food restaurants and their relationship to customer satisfaction and behavioral intentions. Quality Management Journal, 15(2), 35–50.
Qin, G., & Prybutok, V. R. (2008b). Determinants of customer-perceived service quality in fast-food restaurants and their relationship to customer satisfaction and behavioral intentions. Quality Management Journal, 15(2), 35–50.
Redaksi BisnisUKM. (2019). Apa Bisnis Kuliner adalah Peluang Usaha yang Mudah? Ini 10 Alasannya! https://bisnisukm.com/apa-bisnis-kuliner-adalah-peluang-usaha-yang-mudah-ini-10-alasannya.html
Rozekhi, N. A., Hussin, S., Siddiqe, A., Rashid, P. D. A., & Salmi, N. S. (2016). The influence of food quality on customer satisfaction in fine dining restaurant: Case in Penang. International Academic Research Journal of Business and Technology, 2(2), 45–50.
Setiawan, M. F. (2013). Analisa pengaruh food quality dan brand image terhadap keputusan pembelian roti kecik toko roti Ganep’s di Kota Solo. Jurnal Strategi Pemasaran, 1(1).
Steffi Weilani. (2015). ANALISA PENGARUH FOOD QUALITY, SERVICE PERSON CUSTOMER ORIENTATION, DAN PHYSICAL ENVIRONMENT, TERHADAP REPURCHASE INTENTION, MELALUI CUSTOMER SATISFACTION.
Sudjana, N. (2005). Metoda Penelitian. Bandung: Tarsito.
Sugiyono, P. (2016). Dr.(2016). metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Cv.
Sugiyono, S. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cetakan 8. Alfabeta, Bandung.
Sugiyono. (2017). √ Skala Likert: Pengertian, Rumus Menghitung, Contoh. https://wikistatistika.com/skala-likert/
Suliyanto, S., & Rahab, R. (2012). The role of market orientation and learning orientation in improving innovativeness and performance of small and medium enterprises. Asian Social Science, 8(1), 134.
Supriyanto, S. (2006). Pemberdayaan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) sebagai salah satu upaya penanggulangan kemiskinan. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 3(1), 17247.
Suryabrata, S. (2004). Metodologi Penelitian, Edisi 2. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Syukran Jazila. (2021). Peumulia Jamee, Tradisi Masyarakat Aceh yang Dipertahankan Hingga Masa Kini. https://www.acehtrend.com/news/peumulia-jamee-tradisi-masyarakat-aceh-yang-dipertahankan-hingga-masa-kini/index.html
Tambunan, T. (2013). Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015: Peluang dan tantangan bagi UMKM di Indonesia. Policy Paper, 15.
Tjiptono, F. (2020). Pemasaran.
Verhees, F. (1999). Market orientation, product innovation and market performance: The case of small independent companies. Tijdschrift Voor Sociaalwetenschappelijk Onderzoek van de Landbouw, 14, 19–35.
VOI.com. (n.d.). VOI - Waktunya Merevolusi Pemberitaan. Retrieved March 1, 2023, from https://voi.id/
Wajdi, M. F., & Isa, M. (2014). Membangun Konsep Modal Manusia Yang Berperanan Dalam Kinerja Pemasaran Industri Kecil.
West, B. B., Wood, L., & Harger, V. F. (1966). Food service in institutions. Food Service in Institutions., 4th ed.
Wijono, D. (1999). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan Vol. 1. Surabaya: Airlangga University Press. Hal, 14, 33.
Wuisan, D. S. S. (2021). PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN FOOD QUALITY TERHADAP CUSTOMER LOYALTY PENGGUNA GOFOOD INDONESIA YANG DIMEDIASI OLEH PERCEIVED VALUE DAN CUSTOMER SATISFACTION. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 8(1). https://doi.org/10.35794/jmbi.v8i1.33851
Zainal pada damkar.bandaacehkota.go.id. (2021). Chek Zainal Sebut Prospek Bisnis Kuliner di Banda Aceh Sangat Menjanjikan - damkar. https://damkar.bandaacehkota.go.id/2021/03/04/chek-zainal-sebut-prospek-bisnis-kuliner-di-banda-aceh-sangat-menjanjikan/
Zainal. (2021). Chek Zainal Sebut Prospek Bisnis Kuliner di Banda Aceh Sangat Menjanjikan. https://dishub.bandaacehkota.go.id/berita-chek-zainal-sebut-prospek-bisnis-kuliner-di-banda-aceh-sangat-menjanjikan.html
Zamiah Hasibuan, Sarkum, S., & Rafika, M. (2022). Analysis of Product Quality, Locations and Services of Culinary SMEs In Restaurants Toward Customer Loyalty: A Study of Customer Satisfaction In Pandemic Times. Quantitative Economics and Management Studies, 3(3), 363–372. https://doi.org/10.35877/454ri.qems947
Zeithaml, V. A., Bitner, M. J., & Gremler, D. D. (2010). Services marketing strategy. Wiley International Encyclopedia of Marketing.
Zikmund, W. G., Babin, B. J., Carr, J. C., & Griffin, M. (2013a). Business research methods. Cengage learning.
Zikmund, W. G., Babin, B. J., Carr, J. C., & Griffin, M. (2013b). Business research methods. Cengage learning.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.