PERBEDAAN PROKRASTINASI AKADEMIK DITINJAU DARI JENIS KELAMIN PADA MAHASISWA

Yuli Astuti, Haiyun Nisa, Kartika Sari, Intan Dewi Kumala

Abstract


Prokrastinasi akademik merupakan permasalahan yang umumnya dialami oleh para pelajar, tidak terkecuali mahasiswa. Prokrastinasi Akademik adalah kecenderungan untuk menunda atau penghindaran penuh terhadap suatu tugas akademik oleh individu secara sadar. Perilaku ini tidak hanya memengaruhi nilai, tetapi juga kinerja akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan prokrastinasi akademik ditinjau dari jenis kelamin pada mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis komparatif. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas S berjumlah 336 mahasiswa (168 laki-laki dan 168 perempuan). Pengumpulan data menggunakan skala Tuckman Procrastination Scale (TPS). Hasil analisis data menggunakan Mann Whitney U test dengan nilai signifikansi (p)=0,110 (p>0,05) yang berarti tidak terdapat perbedaan prokrastinasi akademik ditinjau dari jenis kelamin pada mahasiswa. Tidak adanya perbedaan prokrastinasi akademik pada mahasiswa dipengaruhi oleh adanya tuntutan untuk belajar secara mandiri pada laki-laki dan perempuan. Faktor lain tidak adanya perbedaan prokrastinasi akademik pada mahasiswa karena dipengaruhi oleh dinamika perkembangan individu yang meliputi perkembangan fisik, psikologis dan peran sosial.

Keywords


Prokrastinasi Akademik; Jenis Kelamin; Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Akmal, Vika E. (2013). Perbedaan Prokrastinasi Akademik Berdasarkan Jenis Kelamin dengan Mengontrol Manajemen Waktu pada Mahasiswa yang Kuliah Sambil Bekerja di Yogyakarta. Jurnal. Vol 2 No 1.

Allen, Ben P. (2003). Personality Theories: Development, Growth, and Diversity. Fourth Edition. Boston: Allyn and Bacon.

Astasari, L. A. (2015). Perbedaan Tingkat Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Laki-Laki Dan Perempuan. Skripsi: Yogyakarta

Azar, F. S. (2013). Self- Efficacy , Achievement Motivation and Academic Procrastination As Predictors of Academic Achievement in Pre-College Students. Proceeding of the Global Summit on Education, 11–12 Seurune, Jurnal Psikologi Unsyiah ISSN: 2614-6428

Vol. 4. No. 2, Bulan Juli 2021 E ISSN: 2655-9161, p,181

Balkis, M., & Duru, E. (2017). Gender differences in the relationship between academic procrastination, satisfaction with academic life and academic performance. Electronic journal of research in educational psychology,15(1),105-125.

Basri, A. S. H. (2017). Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Ditinjau Dari Religiusitas. Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, 14(2)

Beck, B. L., Koons, S. R., &Milgrim, D. L. (2000). Correlates and consequence of behavioral procrastination: the eff ects of academic procrastination, selfconscientiousness, self-esteem, and self-handicapping. Journal of Social Behavior and Personality, 15, 3 – 13

Beutel, M. E., Klein, E. M., Aufenanger, S., Brähler, E., Dreier, M., Müller, K. W. et al. (2016). Procrastination, Distress and Life Satisfaction across the Age Range –A German Representative Community Study. Plos One, 11(2).

http://dx.doi.org/10.1371/journal.pone.0148054

Christinasari, K. D. (2016). Perbedaan Pokrastinasi Akademik pada Siswa SMA

Laboratorium Salatiga ditinjau dari jenis kelamin. Program studi Psikologi FPSIUKSW: Salatiga

Budiman, A . (2006). Kebebasan Negara, Pembangunan, Kumpulan Tulisan. Jakarta:

Pustaka Alvabet.

Effert, B. & Ferrari, J. R. (1989). Decisional Procrastination: Examining Personality

Correlates. Journal Of Social Behavior And Personality, 4, 151-156

Ferrari, J. R., Johnson, J. L., &McCown, W. G. (1995). Procrastination and task

avoidance. New York: Plenum Press.

Ferrari, J. R., Özer, B. U., & Demir, R. (2009). Exploring Academic Procrastination

Among Turkish Students: Possible Gender Differences in Prevalence and

Reasons. The Journal of Social Psychology, 149 (2), 241–257

Hess, B., Sherman, M. F., & Goodman, M. (2000). Eveningness Predicts Academic

Procrastination: The Mediating Role Of Neuroticism. Journal Of Social Behavior

And Personality, 15(5), 61-75

Howell, A. J., & Watson, D. C. (2007). Procrastination: Associations with achievement

goal orientation and learning strategies Personality and Individual Differences,

(1), 167-78

Seurune, Jurnal Psikologi Unsyiah ISSN: 2614-6428

Vol. 4. No. 2, Bulan Juli 2021 E ISSN: 2655-9161

Idrus, M. (2009). Metode Penelitian Ilmu Sosial. Jakarta: Erlangga

Kurniawan, R. (2013). Hubungan Antara Self-Regulated Learning Dengan

Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Jurusan Psikologi Universitas Negeri

Semarang. Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Khan M. J., Arif, H., Noor, S. S., & Muneer, S. (2014). Academic Procrastination among

Male and Female University and College Students. FWU Journal of Social

science, Winter, 8(2), 65-70

Klassen, R. M., Ang, R. P., Chong, W. H., Krawchuk, L. L., Huan, V. S., Wong, I. Y.

F., & Yeo, L. S. (2010). Academic procrastination in two settings: Motivation

correlates, behavioral patterns, and negative impact of procrastination in

Canada and Singapore. Applied Psychology: An International Review, 59(3),

-379

Kristiandani, R. H., & Dewi, K. I. (2013). Prokrastinasi Akademik Ditinjau Dari Jenis

Kelamin Pada Mahasiswa Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang.

Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro.

Lase, S. P. E. (2014). Analisis Perbedaan Tingkat Prokrastinasi Ditinjau Dari Gender,

Socio-Personal, Locus Of Control, Serta Kecerdasan Emosional: studi pada

mahasiswa program studi manajemen FE UNJ. Skripsi, Jakarta

Liling, E. R., Nurcahyo, F. A., &Tanojo, K. L. (2013). Hubungan antara kecerdasan

spiritual dengan prokrastinasi pada mahasiswa tingkat akhir. HUMANITAS

(Jurnal Psikologi Indonesia), 10(2), 59-7

Mandap, C. M. (2016). Examining the differences in procrastination tendencies among

University Students. International journal of education and research, 4(4)

Mccloskey, J.D. (2011). Thesis on Procrastination. Arlington: The University Of Texas.

Mohammed, A. A., Sherit, A. M., Elssa, M. A &Mostafa, A. A. (2013). Academic

Procrastination Among College Students With Learning Disabillities: The Role

Of Positive And Negative Self-Oriented Perfectionism In Terms Of Gender,

Specialty And Grade. International Journal OfPscyho Educational Sciences,

(1)

Seurune, Jurnal Psikologi Unsyiah ISSN: 2614-6428

Vol. 4. No. 2, Bulan Juli 2021 E ISSN: 2655-9161

Monks, F.J. (2006). Psikologi Perkembangan: Pengantar Dalam Berbagai Bagiannya.

Yogyakarta: Gajah Mada University Press

Musslifah, Annies. (2012). Perilaku Menyontek Siswa ditinjau dari Kecenderungan

Locus of Control. Jurnal Talenta Psikologi. Vol 1 No. 2

Nurhasanah, D. I. ( 2017 ). Perbandingan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa

Berdasarkan Angkatan (Skripsi). Universitas Pendidikan indonesia, Bandung

Ozer, B. U.& Ferrari, J. R. (2011). A cross sectional study on procrastination: Who

procrastinate more?.International Conference on education research and

innovation, 18, 34-37

Park, S. W., & Sperling, A. R. (2012). Academic procrastination and their selfregulation. Psychology, 3(1), 12-23

Rabin, L. A., Fogel, J., &Nutter-Upham, K. E. (2011). Academic procrastination in

college students: The role of self-reported executive function. Journal of Clinical

and Experimental Neuropsychology, 33(3), 344-357

Raharjo, W. & Lee, Y. (2011). Prokrastinasi Keterbangkitan dan Menghindar :Kaitanya

dengan Efikasi Diri Pada Karyawan.

Rahardjo, W., Juneman&Setiani, Y. (2013). Computer Anxiety, Academic Stress, and

Academic Procrastination on College Students. Journal of Education and

Learning, Vol.7 (3) 147-152

Şirin, E. F. (2011). Academic procrastination among undergraduates attending school

of physical education and sports: Role of general procrastination, academic

motivation and academic self-efficacy. Educational Research & Review, 5, 447-

Solomon, L. J., &Rothblum, E. D. (1984). Academic Procrastination: Frequency and

cognitive-behavioral correlates. Journal of Counseling psychology, 31(4), 503-

Sharma, M., & Kaur, G. (2011). Gender differences in Procrastination and Academic

Stress among adolescents. Indian Journal of Social Science Researches, 8 (1),

-127.

Seurune, Jurnal Psikologi Unsyiah ISSN: 2614-6428

Vol. 4. No. 2, Bulan Juli 2021 E ISSN: 2655-9161

Steel, P. (2010). Arousal, avoidant and decisional procrastinators: Do exist?

Personality and individual differences, 48, 926-934

Tamiru&Tiruwork. (2008). Academic Procrastination and Causal Perception of Tabor

Senior Secondary Students Ethiopia. Journals African Research Review

(AFRREV). 2(2).

Tuckman, B. W. (1991). The development and concurrent validity of the procrastination

scale. Educational and psychological measurement, 51(2), 473-480

Tuckman , B. W. ( 1998 ) Using tests as an incentive to motivate procrastinators to

study. Journal of Experimental Education , 66 , 141 - 147

Tuckman, B. W., Sackes, M., & Ozer, B. U. (2013). Psychometric Properties Of The

Tuckman Procrastination Scale In A Turkish Sample. Psychological Reports:

Measures & Statistics, 113( 3), 874-884

Van Eerde, W. (2003). A Meta-Analytically derived nomological network of

procrastination. Personality and individual difference, 35, 1401-1418

Vargas, M. P. (2017). Procrastination: The Case of Mexican Researchers in

Psychology. American Journal of Education and Learning, 2(2), 103- 120

Vestervelt, C. M. (2000). An examination of the content and construct validity of four

measures of procrastination (Thesis). Carleton University, Canada.

Wahyuningtyas, E. P., Suminarti, S., & Amalia, S. (2019). Hubungan manajemen

stress dengan perilaku prokrastinasi akadmeik pada mahasiswa yang sedang

menyusun skripsi. Jurnal RAP UNP, 10(1), 28-45.

Watson, D. C. (2001). Procrastination and the five-factor model: A facet level analysis.

Personality and Individual Differences, 30(1), 149-58

Wolters C. A. (2003). Understanding procrastination from a self-regulated learning

perspective. Journal of educational Psychology, 95(1), 179-187

Zhou, M. (2018). Effects Of Personality On Procrastination: Does It Vary By

Gender?.International Journal of Management and Applied Science,




DOI: https://doi.org/10.24815/s-jpu.v4i2.22108

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Seurune : Jurnal Psikologi Unsyiah

Lisensi Creative Commons

Seurune: Jurnal Psikologi Unsyiah published by Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-Berbagi Serupa 4.0 Internasional. Based on a work at http://jurnal.usk.ac.id/seurune.