PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL PADA MATERI HIDROKARBON DI SMA NEGERI 11 BANDA ACEH

Ayu Rahmi, Yusrizal Yusrizal, Ilham Maulana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep dan hasil belajar kognitif siswa pada materi
hidrokarbon melalui penggunaan pengembangan bahan ajar modul. Pengembangan modul menggunakan model
Hannafin and Peck yang terdiri atas tiga fase, yaitu fase analisis keperluan, desain,serta pengembangan dan
implementasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel diambil secara acak dan terbagi dalam kelas
kontrol dan eksperimen. Penelitian dilaksanakan di kelas X SMA Negeri 11 Banda Aceh tahun pelajaran 2012/2013.
Pengumpulan data untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep dan hasil belajar kognitif siswa dilakukan
melalui tes awal dan tes akhir pada kedua kelas, dan untuk mengetahui tanggapan guru dan siswa terhadap
penggunaan modul sebagai bahan ajar pada materi hidrokarbon digunakan angket. Pengolahan data dilakukan melalui
beberapa tahapan, diantaranya validitas, reliabilitas, uji tingkat kesukaran dan daya beda untuk instrumen yang akan
digunakan dalam penelitian. Selanjutnya, untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep dan hasil belajar kognitif
siswa dilakukan perhitungan N-gain dari hasil tes awal dan tes akhir siswa. Uji hipotesis menggunakan beberapa
pengujian, diantaranya uji normalitas, homogenitas, dan uji kesamaan dua rerata. Berdasarkan hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa penggunaan modul hidrokarbon dapat meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar kognitif
siswa. Di samping itu, guru dan siswa sangat setuju terhadap penggunaan modul tersebut.

Full Text:

PDF Remote

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times Remote - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


CDA is indexed by: