Development of Learning Videos on Petroleum Materials Using Dora Toon Web Apps for Class XI High School Students
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aceto, S., Borotis, S., Devine, J., & Fischer, T. 2014. Mapping and analysing prospective technologies for learning. Results from a consultation with european stakeholders and roadmaps for policy action. JRC Publication Repository. https://dx.doi.org/10.2791/64987
Afifah, N. & Isnawati. 2023. Profil miskonsepsi buku teks pelajaran biologi kurikulum 2013 dan penyelesaiannya pada materi evolusi. Bioedu, 12(1):32–43. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/47268
Afrilia, L., Arief, D., & Amini, R. 2022. Efektivitas media pembelajaran berbasis video animasi untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3):710–721. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2559
Alfiani, F., Kurniawati, T., & Siwi, M.K. 2018. Pengembangan Webtoon untuk pembelajaran IPS (Ekonomi) di SMP. Jurnal Ecogen, 1(2):439–449. https://doi.org/10.24036/ jmpe.v1i2.4766
Anwariningsih, S.H. & Ernawati, S. 201. Development of interactive media for ICT learning at Elementary School based on student self learning. Journal of Education and Learning (Edulearn), 7(2):121–128. https://doi.org/10.11591/edulearn.v7i2.226
Apriliana, R. & Rochmawati, R. 2023. Pengembangan media pembelajaran audio visual berbasis aplikasi Doratoon pada mata pelajaran perbankan dasar materi simpanan deposito pada siswa SMK. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(11):8801–8808. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2643
Ariani, N.K. & Ujianti, P.R. 2021. Media video animasi untuk meningkatkan listening skill anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1):43–52. https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.35690
Arikunto, S. 2010. Research Procedure a Practical Approach. Jakarta: Rineka Cipta, 152.
Astuti, N., Sholeh, M.I., & Amilda, A. 2021. Pengembangan media pembelajaran berbasis android pada materi senyawa hidrokarbon dan minyak bumi. Al’Ilmi: Jurnal Pendidikan MIPA, 10(1):21–28. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/alilmi/ article/view/16028
Asyhari, S.H. & Hidayat, H. 2024. Pengembangan media pembelajaran Dora Toon berbasis PBL untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD. Jurnal Dirosah Islamiyah, 6(1):109–123. https://doi.org/10.47467/jdi.v6i1.5339
Awalia, I., Pamungkas, A.S., & Alamsyah, T.P. 2019. Pengembangan media pembelajaran animasi Powtoon pada mata pelajaran matematika di kelas IV SD. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1):49-56. https://doi.org/10.15294/kreano. v10i1.18534
Ayu, D.W., Triwoelandari, R., & Fahri, M. 2019. Media pembelajaran Powtoon terintegrasi nilai-nilai agama pada pembelajaran IPA untuk mengembangkan karakter. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(2):65–74. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v9i2.3088
Ayuningsih, K. 2017. Pengaruh video animasi terhadap hasil belajar kognitif pada mata pelajaran IPS materi menghargai jasa pahlawan di kelas V SDN Sidokumpul Sidoarjo. JICTE (Journal of Information and Computer Technology Education), 1(1): 41-50. https://doi.org/10.21070/jicte.v1i1.1129
Bina, N.S., Ramadhani, R., & Hasan, H.I. 2022. Digitalisasi pembelajaran bermakna melalui perancangan video animasi berbasis Powtoon animation bagi guru sekolah dasar. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(4):2615–2628. https://doi.org/10.31764/ jmm.v6i4.8889
Candra, D.N.M.L., & Negara, I. 2021. Pengembangan media video animasi IPA pada pokok bahasan sistem pernapasan kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1):122–130. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32501
Dayutiani, G.S. & Fitrianna, A.Y. 2021. Analisis keefektifan video pembelajaran sebagai media pembelajaran matematika pada siswa SMP di masa pandemi. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(6):1723–1730. http://dx.doi.org/10.22460/ infinity.v6i1.234
Deriyan, L.F. 2022. Pengembangan media video pembelajaran IPA dengan menggunakan aplikasi Capcut di Kelas V SD. Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA, 7(1):1–10. https://doi.org/10.32696/jp2mipa.v7i1.1332
Dewi, N.W.U.R., Asril, N.M., & Wirabrata, D.G.F. 2021. Meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada anak usia dini melalui video animasi. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1):99–106. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.36800
Dimyati, D., Fatah, A., & Sudiana, R. 2023. Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis video animasi berbantuan platform Doratoon. Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 4(3):193–203. http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v4i3.20650
Fauziah, M.P. & Ninawati, M. 2022. Pengembangan media audio visual (video) animasi berbasis Dora Toon materi hak dan kewajiban penggunaan sumber energi mata pelajaran PPKN di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4):6505–6513. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3257
Febriani, C. 2017. Pengaruh media video terhadap motivasi belajar dan hasil belajar kognitif pembelajaran IPA kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Prima Edukasia, 5(1):11-21. https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.8461
Fitriyah, I.J. & Fardhani, I. 2022. Increase students’ motivation in learning science by developing instructional media in the form of Powtoon. JIPI (Jurnal IPA & Pembelajaran IPA), 6(2):111–118. https://doi.org/10.24815/jipi.v6i2.24639
Gae, N.A., Ganing, N.N., & Kristiantari, M.G. 2021. Pengembangan media video animasi berorientasi membaca pemahaman dengan strategi directed reading thinking activity (DRTA) pada muatan bahasa indonesia. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(1):100–108. https://ejournal.undiksha.ac.id/index. php/JJL/article/view/32453
Kaad, K. 2018. Meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa dalam mengungkap sejarah penyiaran agama buddha dengan media interaktif dalam pembelajaran agama buddha siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pekanbaru. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 2(6):1050–1056. https://pajar.ejournal.unri.ac.id/index.php/PJR/ article/download/6550/5904
Kasih, F.R. 2017. Pengembangan film animasi dalam pembelajaran fisika pada materi kesetimbangan benda tegar di SMA. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 2(1):41–47. https://doi.org/10.24042/tadris.v2i1.1737
Kemuda, N.M.G.A.A. & Yasa, I.G.B.K. 2024. Persepsi siswa terhadap penggunaan video animasi berbasis Dora Toon. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(1):8–16. https://doi.org/10.37478/jpm.v5i1.3169
Kountul, Y.K. & Wibowo, E. 2021. Pengembangan media pembelajaran video sparkol videoscribe pada materi lingkaran dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika. Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2):142–158. https://doi.org/10.53090/jlinear.v5i2.207
Kurniawan, R., Agung, A.A.G., & Tegeh, I.M. 2017. Pengembangan video pembelajaran teknik dasar sepak bola dengan konsep quantum learning. Jurnal Edutech Undiksha, 5(2):179–188. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/download/ 20374/12425
Latif, A. & Dewi, T.U. 2023. Pelatihan pembuatan video pembelajaran dengan Doratoon bagi guru untuk meningkatkan pemahaman siswa SMA. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1):56-62. https://doi.org/10.47467/elmujtama. v3i1.2241
Latifah, N. & Lazulva, L. 2020. Desain dan uji coba media pembelajaran berbasis video animasi Powtoon sebagai sumber belajar pada materi sistem periodik unsur. JEDCHEM (Journal Education and Chemistry), 2(1):26-31. https://www.ejournal.uniks.ac.id/index.php/JEDCHEM/article/view/428
Lendeng, L.C., Sugiarso, B.A., & Rumagit, A.M. (2021). Media Interaktif Berbasis Animasi Pada Materi Minyak Bumi Untuk Kelas XI SMA. Jurnal Teknik Informatika, 16(2): 183–192. https://doi.org/10.35793/jti.16.2.2021.34087
Lestari, K.P., Nasbey, H., & Raihanati, R. 2021. The development of “poster equipped with video (POSEVI)” on fluids at rest topic for 11th grade students. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 7(1):91–98. https://doi.org/10.21009/1.07110
Magdalena, I., Shodikoh, A.F., Pebrianti, A.R., Jannah, A.W., & Susilawati, I. 2021. Pentingnya media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa SDN Meruya Selatan 06 Pagi. Edisi: Jurnal Edukasi dan Sains, 3(2):312-325. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi/article/download/1373/958
Marliyani, L.P. 2021. Pengembangan video pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa Sekolah Dasar. Paedagogy : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi, 1(2):125–133. https://doi.org/10.51878/paedagogy.v1i2.802
Maulida, H. 2019. Pengembangan media berbasis animasi untuk pembelajaran teks negosiasi pada siswa kelas XI MA. Jurnal Bahtera: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, dan Budaya, 6(12):621-632. https://doi.org/10.37729/btr.v6i12.6026
Melisa, A.D. & Fadlan, M.N. 2023. Pengembangan video animasi berbantuan Doratoon pada tema makanan sehat di kelas V Sekolah Dasar. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2):901-908. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.371
Mulyana, T.D., Wahyuni, S., & Rusdianto, R. 2023. Development of Powtoon-based animated videos to improve critical thinking skills middel school students in science learning. JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA), 7(2):145–155. https://doi.org/10.24815/jipi.v7i2.30066
Muna, K.N. & Wardhana, S. 2021. Pengembangan media pembelajaran video animasi dengan model ADDIE pada pembelajaran bahasa indonesia materi perkenalan diri dan keluarga untuk kelas 1 SD. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2):175–183. https://doi.org/10.26740/eds.v5n2.p175-183
Nomleni, F.T. & Manu, T.S.N. 2018. Pengembangan media audio visual dan alat peraga dalam meningkatkan pemahaman konsep dan pemecahan masalah. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(3):219–230. https://doi.org/10.24246/j.js. 2018.v8.i3.p219-230
Nur, S.F. & Badu, K.A. 2021. Potensi pemanfaatan Youtube dalam pembelajaran matematika. Edumatsains : Jurnal Pendidikan, Matematika dan Sains, 6(1):71–90. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v6i1.2945
Nurfadhillah, S., Cahyani, A.P., Haya, A.F., Ananda, P.S., Widyastuti, T., & Tangerang, U. M. 2021. Penerapan media audio visual berbasis video pembelajaran pada siswa kelas IV di SDN Cengklong 3. Jurnal Pendidikan dan Dakwah, 3(2):396–418. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa
Nurjanah, F., Nazar, M., & Rusman. 2017) Pengembangan media animasi menggunakan software videoscribe pada materi minyak bumi kelas X MIA di MAN Darussalam. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia (JIMPK), 2(4):230-236. https://jim.usk.ac.id/pendidikan-kimia/article/view/5784
Nurlatifah, N. & Suprihatiningrum, J. 2023. Pengembangan google sites berbasis inkuiri terbimbing pada materi asam basa sebagai media belajar mandiri siswa SMA/MA kelas XI. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 11(1):67–83. https://doi.org/10.24815/jpsi.v11i1.27391
Nurseto, T. 2011. Membuat media pembelajaran yang menarik. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 8(1):19–35. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706
Nurwidayanti, D. & Mukminan, M. 2018. Pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar ekonomi ditinjau dari gaya belajar siswa SMA Negeri. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 5(2):105-114. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v5i2.17743
Nuryadin, N. & Husein, A. 2021. Diagnosa Keterampilan mengajar guru PAI pada materi yang dianggap tabu di SDIT Al-Firdaus Banjarmasin. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 7(1):78–91. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v7i1.5587
Octavyanti, N.P.L. & Wulandari, I.G.A.A. 2021. Video pembelajaran berbasis pendekatan kontekstual pada mata pelajaran matematika kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1):66–74. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32223
Puryono, D.A. 2020. Pelatihan pembuatan video pembelajaran untuk guru SD Kristen Terang bagi Bangsa Pati menggunakan kinemaster. Jurnal Pengabdian Vokasi, 1(4): 242–247. https://doi.org/10.14710/jpv.2020.8821
Rachma, A., Tuti, I., & Handoyo, S.S. 2023. Penerapan model ADDIE dalam pengembangan media pembelajaran berbasis video simulasi mengajar keterampilan memberikan reinforcement. Jurnal Pendidikan West Science, 1(8):506–516. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i08.554
Rahayu, L., Dewi, R.S., & Hakim, Z.R. 2023. Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis video animasi Dora Toon pada pembelajaran di kelas V Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Penelitian dan Artikel Pendidikan, 15(2):295–306. https://doi.org/10.31603/edukasi.v15i2.10525
Riani, J.J., Iriani, T., & Maulana, A. 2023. Penerapan model four-D dalam pengembangan media video keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan. Jurnal Pendidikan West Science, 1(6):372–378. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i6.455
Ridwan, A. 200). Rumus dan data dalam analisis statistika untuk penelitian. Alfabeta. Bandung.
Rohman, M.A. & Mutmainah, S. 2015. Pengembangan media permainan monopoli kelas VI SDN Tanamera I. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 3(1):47–56. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/va/article/view/10165
Rowindi, G. 2011. Pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi dora toon pada materi penyajian data SMP Al-Aufa Jambearum Puger. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Jember.
Sakhia, A., Harun, A.I., & Sartika, R.P. 2021. Pengaruh media Powtoon terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada materi minyak bumi. EduChem, 2(2):12–24. https://doi.org/10.26418/educhem.v2i2.37438
Sari, D.I. & Sari, N. 2019. Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis realistic mathematics education pada materi aritmatika sosial. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(2):310–322. https://doi.org/10.24127/ajpm. v8i2.1954
Setiawan, N. 2020. Pengembangan modul pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan untuk siswa kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan otomotif SMK Negeri 2 Pengasih. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 3(1):95–101. https://doi.org/10.21831/jpvo.v3i1.36211
Setiawan, W. 2017. Era digital dan tantangannya. Seminar Pendidikan Indonesia. ISBN.
Siddiq, Y.I., Sudarma, I.K., & Simamora, A.H. 2020. Pengembangan animasi dua dimensi pada pembelajaran tematik untuk siswa kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2):49–63. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28928
Sulihin, S., Asbar, A., & Elihami, E. 2020. Developing of instructional video media to improve learning quality and student motivation. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2):51–55. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i2.692
Sugiyono, D. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Sumarni, R.A., Bhakti, Y.B., Astuti, I.A.D., Sulisworo, D., & Toifur, M. 2020. The development of animation videos based flipped classroom learning on heat and temperature topics. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 3(3):304–315. https://doi.org/10.24042/ijsme.v3i3.7017
Supriyono, S. 2018. Pentingnya media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa SD. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1):43-48. https://doi.org/10. 26740/eds.v2n1.p43-48
Tegeh, I.M., Simamora, A.H., & Dwipayana, K. 2019. Pengembangan media video pembelajaran dengan model pengembangan 4D pada mata pelajaran agama hindu. Mimbar Ilmu, 24(2):158–166. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21262
Thiagarajan, S., Semmel, D.S., & Semmel, M.I. 1974. Instructional development for training teachers of exceptional children. Minneapolis, Minnesota: leadership training institute/special education.
Umar, A., Hanum, I., & Hutagalung, T. 2020. The effectiveness of using the Dora Toon animation maker learning media in semantic courses in indonesian language. Multidiciplinary Output Research For Actual and International Issue, 2(3):497–502. https://doi.org/10.54443/morfai.v2i3.402
Viandhy, A.O. & Ratnasari, R.T. 2014. Pengaruh kualitas pelayanan terhadap niat ulang dengan menggunakan produk yang lain melalui kepercayaan 135 nasabah bank syariah mandiri kantor cabang boulevard di Surabaya. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 1(8):565–580. https://doi.org/10.20473/vol1iss20148pp546-564
Wahyuni, E.S. & Yokhebed, Y. 2019. Deskripsi media pembelajaran yang digunakan guru biologi SMA Negeri di Kota Pontianak. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 8(1):32–40. https://doi.org/10.31571/saintek.v8i1.1105
Warmi, A., Wardono, W., & Waluya, B. 2024. Implementasi media animasi 3D terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 295–300.
Widyawati, D.D. 2019. Pengembangan video pembelajaran Powtoon pada tema pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup di kelas III SD 2 Wergu Wetan Kudus. Skripsi Unnes.
Wisada, P.D. & Sudarma, I.K. 2019. Pengembangan media video pembelajaran berorientasi pendidikan karakter. Journal of Education Technology, 3(3):140–146. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735
Wuryanti, U. & Kartowagiran, B. 2016. Pengembangan media video animasi untuk meningkatkan motivasi belajar dan karakter kerja keras siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(2):232-245. https://doi.org/10.21831/jpk. v6i2.12055
Yanti, I., Febriyanti, I., & Khairuddin, K. 2023. Pemanfatan media pembelajaran berbasis Doratoon untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran TIK di SMP Negeri 2 Bukittinggi. Alfihris: Jurnal Inspirasi Pendidikan, 1(1):35–45. https://ejurnalqarnain.stisnq.ac.id/index.php/ALFIHRIS/article/download/102/104
Yendrita, Y. & Syafitri, Y. 2019. Pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap hasil belajar biologi. Bioedusains: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 2(1):26–32. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v2i1.620
Yusuf, M.M., Amin, M., & Nugrahaningsih, N. 2017. Developing of instructional media-based animation video on enzyme and metabolism material in Senior High School. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 3(3):254–257. https://doi.org/10. 22219/jpbi.v3i3.4744
DOI: https://doi.org/10.24815/jipi.v8i2.37959
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA)
JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA)
ISSN 2614-0500 (print) | 2620-553X (online)
Organized by Universitas Syiah Kuala
Published by Master of Science Education Study Program Graduate School Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Indonesia
Website : http://jurnal.usk.ac.id/jipi
Email : jipi@usk.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.