Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CTL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Materi Elastisitas di SMAN 1 Peusangan

Ismatunsarrah Ismatunsarrah, Iqbal Ridha, Izkar Hadiya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan metode pembelajaran CTL dalam meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik kelas XI IPA 2 di SMA Negeri 1 Peusangan pada materi elastisitas. Jenis penelitian yang digunakan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Waktu penelitian selama 3 bulan. Subyek penelitian yakni peserta didik kelas XI IPA 2 yang berjumlah 22 orang. Hasil pembelajaran sesudah dilakukan tindakan penerapan metode pembelajaran CTL terlihat adanya peningkatan sampai 37% dibanding kondisi awal dengan merujuk pada hasil tes. Rasa ingin tahu peserta didik juga meningkat selama proses pembelajaran yang ditandai dengan keaktifan peserta didik berdiskusi dan bertanya jawab dalam kelompok belajar. Hal ini terlihat sangat berbeda dengan suasana belajar sebelum dilaksanakan penelitian.

Keywords


materi elastisitas, metode pembelajaran CTL, penilaian tindakan kelas, hasil belajar, aktivitas siswa

Full Text:

PDF

References


Aliwanto. 2017. Analisis Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 3(1):64-71.

Dimyati dan Mujiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Handini, D., Gusrayani, D, dan Panjaitan, R. L. 2016. Penerapan Model Contextual Teaching And Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Materi Gaya. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1):451-460.

Johnson, E. B. 2008. Contextual Teaching & Learning Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: Mizan Learning Center (MLC).

Mansur, A. 2017. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika dengan Mengontrol Motivasi Belajar Peserta Didik. Thesis. Makassar: Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.

Mintasih, D. 2016. Merancang Pembelajaran Menyenangkan bagi Generasi Digital. Jurnal eL-Tarbawi, 9(1):39-48.

Mulia, D. S. & Suwarno. PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal d an Penulisan Artikel Ilmiah di SD Negeri Kalisube, Banyumas. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(2).

Nurhaidah & Musa, M. I. 2017. Melalui Metode Diskusi Kelompok Dapat Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Bidang Studi Matematika Materi Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) di Kelas IV SD Unggul Lampeuneurut Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Pesona Dasar, 5(2):78-92

Nurhasanah, S & Sobandi, A. 2016. Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1):128-135.

Ridwanulloh, A., Jayadinata, A. K. & Sudin, A. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (Ctl) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Materi Pesawat Sederhana. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1):731-740

Salirawati, D. 2012. Percaya Diri, Keingintahuan, Berjiwa Wirausaha: Tiga Karakter Penting Bagi Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Karakter, 2(2).

Tarigan, D. 2014. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Make A Match pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas V SDN 050687 Sawit Seberang. Jurnal Kreano, 5(1):56-62




DOI: https://doi.org/10.24815/jipi.v4i1.14567

Article Metrics

Abstract view : 18 times
PDF - 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JIPI (Jurnal IPA & Pembelajaran IPA)



JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA)

ISSN 2614-0500  (print) | 2620-553X (online)
Organized by Universitas Syiah Kuala 
Published by Master of Science Education Study Program Graduate School Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Indonesia
Website : http://jurnal.usk.ac.id/jipi
Email     : jipi@usk.ac.id

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.