PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE HYPNOTEACHING PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS V SD NURUL IJTIHAD PUJUT LOMBOK TENGAH

Biaq Arnika Saadati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penerapan metode Hpnotaching pada mata pelajaran IPS siswa kelas V SD Nurul Ijtihad Pujut Lombok Tengah. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas model  Kemis dan Taggart. Penelitian  dilaksanakan  dalam  dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 1 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Lembar observasi digunakan untuk melihat aktivitas guru dan aktivitas siswa sedangkan angket digunakan untuk melihat motivasi belajar siswa. Yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MIN 3 SD Nurul Ijtihad Pujut Lombok Tengah.

Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Hypnoteaching dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Peningkatan motivasi  belajar  siswa  dilihat  dari  peningkatan   jumlah  siswa  yang mencapai nilai kategori  cukup tinggi dengan persentase sebesar 40 % dan kategori tinggi dengan persentase sebear 60 % pada siklus I meningkat menjadi 30 % kategori tinggi dan 70 % kategori paling tinggi disiklus ke II, sedangkan    rata-rata motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 28 menjadi 41,6 pada siklus II, sehingga dari hasil rata-rata motivasi belajar siswa meningkat menjadi 13,6 % pada siklus ke II.


Keywords


Motivasi Belajar, Mata pelajaran IPS, dan Metode Hypnoteaching

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Budiarso, A. S. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Metode Hypnoteaching Untuk Memotivasi Siswa Dalam Pembelajaran IPA . Pena Sains, 135.

Djamarah, S. B. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta .

Mahardika, D. (2015). Menerapkan Hypnoteaching. Yogyakarta: Diva Press.

R, H. T. (2013). Seni Mengajar Ala Pelatih Top Sepak Bola Dunia. Yogyakarta: Diva Press.

Senjaya, W. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif . Bandung: Alfabeta.

Sutikno, S. (2013). Belajar dan Pembelajaran . Lombok: Holistica.

Suyadi. (2012). Panduan Penelitian Tindakan Kelas . Yogyakarta: Diva Press.

Syaodih, I. d. (2010). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.24815/pear.v1i1.14727

Article Metrics

Abstract view : 0 times
XML (Bahasa Indonesia) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Biaq Arnika Saadati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



PESONA DASAR

Jurnal Pendidikan Dasar dan Humaniora

ISSN: 2715-6664 (Online) | ISSN: 2337-9227 (Print)
Organized by Universitas Syiah Kuala 
Published by Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala
Website : https://jurnal.usk.ac.id/PEAR
Email     : pesonadasar@fkip.usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.