PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE PADA MATERI SUHU DAN KALOR IPA SD
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anam, K., Mochammad Choifin. (2017). Implementasi Model Four-D (4d) Untuk Pembelajaran Aplikasi Multiplatform Penggolongan Hewan Berdasarkan Makanannya. Teknika : Engineering and Sains Journal. 1(2): 111-116. Desember 2017.
Andriani, M.R. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Interaktif Melalui Pendekatan Saintifik Untuk Pembelajaran Tematik Integratif Siswa Kelas 2 Sdn Bergas Kidul 03 Kabupaten Semarang. Jurnal Scholaria. 6(1): 143-158. Januari 2016.
Astutika, L.S, Agustin, U.L, dan Suwandayani, B.I. (2020). Pengaruh Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Aksara Jawa di Sekolah Dasar. JP2SD Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar. 8(1): 79-87. April 2020.
Azwar, S. (2014). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bahar, Risnawati. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD di Kabupaten Gowa. Jurnal Publikasi Pendidikan. 9(1). Februari 2019.
Buku Pedoman Guru Tema : Panas dan Perpindahannya Kelas 5 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
Danumiharja, M. (2017). Profesi Tenaga Kependidikan. Yogyakarta : K-Media
Darmawan, L.A. (2019). Pengembangan Media Puzzle Susun Kotak Pada Tema Ekosistem. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. 3(1): 14-17. 2019.
Fibriana, F., Mariantia A., Purwinarko. (2018). Peningkatan Kompetensi Digital Guru Melalui Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis MS Powerpoint di SMPN 01 Karimunjawa. Seminar Kolaborasi Pengabdian Pada Masyarakat. SNKPM. 1: 63-66. 2018.
Husna, N. (2017). Pengembangan Media Puzzle Materi Pencemaran Lingkungan di SMP Negeri 4 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. 5(1): 66-71. 2017.
Jayusman, I. dkk. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Multi Media Power Point Pada Mata Kuliah Sejarah Asia Timur. Jurnal Candrasangkala, 3(1). 2017.
Khaerunnisa, F. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Power Point Terhadap Minat Belajar Sejarah Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bumiayu Tahun Ajaran 2017/2018. Indonesian Journal of History Education. 6 (1): 31-41. 2018.
Kurniawan, D., Dewi., Sinta Verawati. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Media Screencasto-Matic Mata Kuliah Kalkulus 2 Menggunakan Model 4-D Thiagarajan. Jurnal Siliwangi. 3(1): 214-219. 2017.
Marfuah, S., Zulkardi., Nyimas Aisyah. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Powerpoint Disertai Visual Basic For Application Materi Jarak Pada Bangun Ruang Kelas X. Jurnal Gantang Pendidikan Matematika FKIP – UMRAH. 1(1). Agustus 2016.
Mustari, M., Yunita Sari. (2017). Pengembangan Media Gambar Berupa Buku Saku Fisika Smp Pokok Bahasan Suhu Dan Kalor. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 06(1): 113-123. 2017.
Rijali A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah. 17(33): 81-95. Januari– Juni 2018.
Rumakhit, N. (2017). Pengembangan Media Puzzle Untuk Pembelajaran Materi Mengidentifikasi Beberapa Jenis Simbiosis Dan Rantai Makanan Kelas IV Sekolah Dasar Tahun 2016/2017. Jurnal Simki-Pedagogia. 1(2). 2017.
Samatowa, U. (2011). Pembelajran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks
Sanjaya, W. (2016). Strategi Pembelajaran. Jakarta : PT Prenadamedia Group
Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Slavin, R.E. (2011). Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Jakarta : PT Indeks
Sukmadinata, N.S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
PEI Department of Education. (2008). Evaluation and Selection of Learning Resources. Charlottetown: Prince Edward Island.
Permendikbud Nomor 64 Tahun 2013 tentang standar isi kurikulum 2013
Permendikbud nomor 104 tahun 2013 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Prabowo, C.A., Ibrohim., dan Saptasari M. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Inkuiri Berbasis Laboratorium Virtual. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. 1(6): 1090-1097. Juni 2016.
Prasetiyo, N.A., Perwiraningtyas, P. (2017). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Lingkungan Hidup Pada Matakuliah Biologi Di Universitas Tribhuwana Tunggadewi The Development of Environment based Textbook in Biology Course at Tribhuwana Tunggadewi University. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia. 3(1): 2-19. 2017.
Purbasari, R.J. (2012). Pengembangan aplikasi Android sebagai Media Pembelajaran Matematika pada Materi Dimensi Tiga untuk Siswa SMA kelas X. Jurnal Pendidikan Matematika. 1(2): 3-11. 2012.
Yanto, D.T. (2019). Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif Pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik . Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi. 19(1): 75-82. 2019.
Warapsari, D.A dan Saptorini. (2015). Pengembangan Contextual Puzzle Dalam Pembelajaran Ipa Berbasis Proyek Tema Pencemaran Dan Dampaknya Bagi Makhluk Hidup. Unnes Science Education Journal, USEJ. 4(1). 2015.
DOI: https://doi.org/10.24815/pear.v8i2.18668
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Iis Sri Sugiarti, Setiyani ., Dian Permana Putri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PESONA DASAR
Jurnal Pendidikan Dasar dan Humaniora
ISSN: 2715-6664 (Online) | ISSN: 2337-9227 (Print)
Organized by Universitas Syiah Kuala
Published by Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala
Website : https://jurnal.usk.ac.id/PEAR
Email : pesonadasar@fkip.usk.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.