Mengembangkan Kemampuan Anak Mengenal Bilangan Menggunakan Media Pohon Bilangan Di TK Alifba I Iskandar Muda Banda Aceh

Ina Rakhma, Yuhasriati Yuhasriati, Khoiriyah Khoiriyah

Abstract


Abstract

Anak usia dini merupakan individu usia 0-6 tahun yang mempunyai karakteristik yang unik. Pada usia tersebut anak sedang menjalani pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat bagi kehidupan selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk memperkenalkan konsep bilangan pada anak melalui media pohon bilangan yang dibuat khusus oleh peneliti sebagai bahan ajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan masing-masing siklus 1 pertemuan. Dalam setiap siklus mencakup tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak yang berada di kelompok B3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan dalam kemampuan anak mengenal bilangan. Pada siklus I anak yang memperoleh kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH) pada aspek menyebutkan lambang bilangan 1-10 yaitu sebanyak 10 orang anak. Selanjutnya pada siklus II anak yang mencapai kriteria Berkembang Sesuai harapan (BSH) pada aspek menggunakan lambang bilangan untuk berhitung sebanyak 12 orang anak dan Berkembang Sangat Baik (BSB) pada aspek mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan sebanyak 9 orang anak. Disimpulkan bahwa kemampuan anak mengenal bilangan dapat meningkat mencapai kriteria penilaian Berkembang Sesuait Harapan (BSH) sebanyak 12 dan Berkembang Sangat Baik (BSB) sebanyak 9 orang anak dengan menggunakan media pohon bilangan di TK Alifba Iskandar Muda Banda Aceh.

Keywords

Kemampuan Mengenal Bilangan, Media Pohon Bilangan, Anak Usia Dini.


References


Alfabeta. Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Hartati, Netti. (2013). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 1 Sampai 10 Melalui Media Pohon Bilangan Bagi Anak Tuna grahita Ringan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus., (Online), Volume 1, No.1 http://ejournal.unp.ac.id/jupekhu

Guslinda. (2018). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Surabaya: CV Jakad Publishing.

Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Khusnaya, Fita Uly. (2019). Penggunaan media permainan kartu angka dalam meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok A di TK islam terpadu tazkia cangkiran mijen. [Skripsi, Universitas Islam Negeri Walisongo], Semarang.

Nurrahmadani, dkk. (2017). Memperkenalkan Bilangan Untuk Anak Usia Dini Dengan Menggunakan Media Pohon Angka Di TK Darurrahman Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini. (Online), Vol 2, No. 2 http://www.jim.unsyiah.ac.id/paud/article/download/5798/4500

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta.

Susanto, Ahmad. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana




DOI: https://doi.org/10.24815/pear.v11i2.34642

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 ina rakhma

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



PESONA DASAR

Jurnal Pendidikan Dasar dan Humaniora

ISSN: 2715-6664 (Online) | ISSN: 2337-9227 (Print)
Organized by Universitas Syiah Kuala 
Published by Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala
Website : https://jurnal.usk.ac.id/PEAR
Email     : pesonadasar@fkip.usk.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.