UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD ZAT BENDA MELALUI MEDIA PAPAN WUJUD BENDA DI KELAS IV-A SD NEGERI 66 KOTA BANDA ACEH
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS), khususnya materi perubahan wujud zat. Hal ini disebabkan oleh penggunaan media pembelajaran yang kurang variatif, di mana guru cenderung hanya mengandalkan buku paket. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan media papan wujud benda dengan pendekatan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian dilakukan dalam dua siklus dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV-A SD Negeri 66 Kota Banda Aceh sebanyak 26 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan ketuntasan belajar dari 44,8% pada siklus I menjadi 88,46% pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media papan wujud benda secara efektif dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Altun, T., & Özdemir, A. S. (2021). The effect of concrete materials on science achievement: A meta-analysis study. International Journal of Educational Methodology, 7(4), 717–730. https://doi.org/10.12973/ijem.7.4.717
Arslan, A., & Yildiz-Feyzioglu, E. (2022). The effect of problem-based learning supported with visual materials on primary students’ science achievement. Research in Science Education, 52, 1565–1583. https://doi.org/10.1007/s11165-020-09959-4
Cahyani, D. P., & Widiastuti, I. A. M. S. (2023). Media konkret untuk meningkatkan pemahaman konsep perubahan wujud benda pada siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 8(1), 45–53. https://doi.org/10.29407/jpdn.v8i1.2037
Garcia, E., Magana, A., & Ariza, E. (2020). Quality education as a sustainable development goal in the context of 2030 agenda: Bibliometric approach. Sustainability, 12(1). https://doi.org/10.3390/su12010001
Hmelo-Silver, C. E. (2004). Problem-based learning: What and how do students learn? Educational Psychology Review, 16(3), 235–266. https://doi.org/10.1023/B:EDPR.0000034022.16470.f3
Masliah, L. (2023). Keefektifan model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan literasi dan numerasi peserta didik. Jurnal Basicedu, 7(1).
Nugroho, A., & Retnawati, H. (2022). The effectiveness of concrete media on students’ understanding of science concepts: A meta-analysis. International Journal of Instruction, 15(1), 435–452. https://doi.org/10.29333/iji.2022.15125a
Sani, A., Mustamin, M., & Ramlah, R. (2023). The role of concrete learning media in improving science process skills of elementary school students. Journal of Education and Learning, 17(2), 184–192. https://doi.org/10.11591/edulearn.v17i2.21372
Vitoria, L., Akhwilla, V., & Vivi, V. (2018). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pesona Dasar, 6(2).
Widodo, S. A., & Wahyudin, D. (2023). Implementing contextual media in elementary school science to support conceptual understanding. Journal of Educational Sciences, 7(2), 127–135. https://doi.org/10.31258/jes.7.2.p.127-135
DOI: https://doi.org/10.24815/pear.v13i1.45856
Article Metrics
Abstract view : 39 timesPDF - 34 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 santi santi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PESONA DASAR
Jurnal Pendidikan Dasar dan Humaniora
ISSN: 2715-6664 (Online) | ISSN: 2337-9227 (Print)
Organized by Universitas Syiah Kuala
Published by Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala
Website : https://jurnal.usk.ac.id/PEAR
Email : pesonadasar@fkip.usk.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.






