ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP GELOMBANG MEKANIK MELALUI APLIKASI ONLINE QUIZIZZ

Annisa Ulfa Yana, Lila Antasari, Bakhrul Rizky Kurniawan

Abstract


Gelombang mekanik merupakan salah satu materi penting yang dipelajari dalam fisika.Materi gelombang mekanikdipelajari dalam beberapa submateri sehingga menyebabkan pengukuran tingkat pemahaman konsep mahasiswa menjadi sulit. Aplikasi online Quizizz merupakan salah satu alternatif media yang dapat digunakan untuk mengetahui pemahaman konsep mahasiswa secara interaktif dan fleksibel.Penelitian ini dilakukan pada 29 mahasiswa jurusan fisika dengan menggunakan 15 soal konseptual yang diklasifikasikan ke dalam tiga materi yaitu, gelombang bunyi, gelombang mekanik pada air, dan gelombang mekanik pada tali. Pengambilan data pemahaman kosep gelombang mekanik dilakukan melalui kuis yang disajikan pada Quizizz. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara keseluruhan pemahaman konsep mahasiswa fisika terhadap gelombang mekanik adalah 51%. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat pemahaman konsep yang dimiliki mahasiswa fisika berada pada kategori sedang.

Keywords


pemahaman konsep; gelombang mekanik; quizizz

Full Text:

PDF

References


Astuti, R.D., Sanjaya, B., Triwijayanti, N., Rondonuwu, F.S., 2009. Konsepsi Mahasiswa Tentang Cepat Rambat Gelombang Pada Permukaan Air, in: Revitalitas MIPA Dan Pendidikan MIPA Dalam Rangka Penguatan Kapasitas Kelembagaan Dan Profesionalisme Menuju World Class University. Presented at the Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, pp. 83–87.

Barniol, P., Zavala, G., 2017. The Mechanical Waves Conceptual Survey: An Analysis of University Students’ Performance, and Recommendations for Instruction. EURASIA J. Math. Sci. Technol. Educ. 13, 929–952. https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.00651a

Basuki, Y., Hidayati, Y., 2019. Kahoot! or Quizizz: the Students’ Perspectives, in: Proceedings of the Proceedings of the 3rd English Language and Literature International Conference, ELLiC, 27th April 2019, Semarang, Indonesia. Presented at the Proceedings of the 3rd English Language and Literature International Conference, ELLiC, 27th April 2019, Semarang, Indonesia, EAI, Semarang, Indonesia. https://doi.org/10.4108/eai.27-4-2019.2285331

Chaiyo, Y., Nokham, R., 2017. The effect of Kahoot, Quizizz and Google Forms on the student’s perception in the classrooms response system, in: 2017 International Conference on Digital Arts, Media and Technology (ICDAMT). Presented at the 2017 International Conference on Digital Arts, Media and Technology (ICDAMT), IEEE, Chiang Mai, Thailand, pp. 178–182. https://doi.org/10.1109/ICDAMT.2017.7904957

Damayanti, P.A., Rusnayati, H., 2018. Profil Hambatan Belajar Epistemologis Siswa SMA Pada Materi Ciri-Ciri Gelombang Mekanik, in: Membangun Kemandirian Dan Daya Saing Bangsa Melalui Pendidikan Dan Penelitian Fisika, 1. Presented at the Seminar Nasional Fisika (SINAFI) 2018, FPMIPA - Universitas Pendidikan Indonesia, pp. 200–206.

Docktor, J.L., Strand, N.E., Mestre, J.P., Ross, B.H., 2015. Conceptual Problem Solving in High School Physics. Phys. Rev. Spec. Top.-Phys. Educ. Res. 11, 020106.

Foroushani, S., 2019. Misconceptions in engineering thermodynamics: A review. Int. J. Mech. Eng. Educ. 47, 195–209. https://doi.org/10.1177/0306419018754396

Gunawan, G., Harjono, A., Sahidu, H., Gunada, I.W., 2019. Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Informasi bagi Guru IPA Fisika di Lombok Barat. J. Pendidik. Dan Pengabdi. Masy. 2, 120–127.

Husain, C., 2014. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran di SMA Muhammadiyah Tarakan. J. Kebijak. Dan Pengemb. Pendidik. 2, 184–192.

Istyowati, A., Kusairi, S., Handayanto, S.K., 2017. Analisis pembelajaran dan kesulitan siswa SMA kelas xi terhadap penguasaan konsep Fisika, in: Biologi, Pembelajaran, Dan Lingkungan Hidup Perspektif Interdisipliner. Presented at the Seminar Nasional III, Pendidikan Biologi-FKIP, Universitas Muhammadiyah Malang, pp. 237–243.

Kennedy, E.M., De Bruyn, J.R., 2011. Understanding of Mechanical Wave Among Second-Year Physics Majors. Can. J. Phys. 89, 1155–1161. https://doi.org/10.1139/P11-113

Küçüközer, A., 2010. Prospective Science Teachers’ Misconceptions Concerning Wave. J. Turk. Sci. Educ. 7, 66–75.

Kurniawan, B.R., Handayanto, S.K., Parno, 2016. Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Fisika Universitas Negeri Malang, in: Inovasi Pembelajaran IPA Yang Bermakna Dan Mencerdaskan. Presented at the Seminar Nasional Pendidikan IPA, Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Malang, pp. 105–111.

Kurniawan, B.R., Taqwa, M.R.A., 2018. Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika pada Materi Listrik Dinamis. J. Pendidik. Teori Penelit. Dan Pengemb. 3, 1451–1457.

Kusairi, S., Zulaikah, S., 2017. Diagnosis Miskonsepsi Siswa SMA di Kota Malang pada Konsep Suhu dan Kalor Menggunakan Three Tier Test. J. Pendidik. Fis. Dan Teknol. 2, 95–105.

Lestari, P.A.S., Rahayu, S., Hikmawati, H., 2017. Profil Miskonsepsi Siswa Kelas X Smkn 4 Mataram pada Materi Pokok Suhu, Kalor, dan Perpindahan Kalor. J. Pendidik. Fis. Dan Teknol. 1, 146–153.

Maulida, F.O., Mardiyana, M., Pramudya, I., 2017. Analisis Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Persamaan Lingkaran Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas XII IPS 4 SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. J. Pendidik. Mat. Dan Mat. SOLUSI 1, 26–45.

Mosik, Maulana, P., 2010. Usaha Mengurangi Terjadinya Miskonsepsi Fisika Melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Konflik Kognitif. J. Pendidik. Fis. Indones. 6, 98–103.

Nawati, I., Saepuzaman, D., Suhandi, A., 2017. Konsistensi Konsepsi Siswa Melalui Penerapan Model Interactive Lecture Demonstration Pada Materi Gelombang Mekanik. J. Penelit. Pembelajaran Fis. 8, 32–38.

Okur, M., Artun, H., 2016. Secondary Students’ Opinions About Sound Propagation. Eur. J. Educ. Stud. 2, 44–62.

Phage, I., 2018. Undergraduate Physics Students’ Conceptual Understanding in The Learning of Kinematics Using A Blended Approach. Int. E-J. Adv. Educ. 4, 199–204.

Sari, W.P., Suyanto, E., Suana, W., 2017. Analisis Pemahaman Konsep Vektor pada Siswa Sekolah Menengah Atas. J. Ilm. Pendidik. Fis. Al-Biruni 6, 159–168. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i2.1743

Sözen, M., Bolat, M., 2011. Determining the misconceptions of primary school students related to sound transmission through drawing. Procedia - Soc. Behav. Sci. 15, 1060–1066. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.03.239

Sutopo, S., 2016. Students’ Understanding of Fundamental Concepts of Mechanical Wave. Indones. J. Phys. Educ. 12, 41–53.

Ulya, H., 2016. Profil kemampuan pemecahan masalah siswa bermotivasi belajar tinggi berdasarkan ideal problem solving. J. Konseling Gusjigang 2, 90–96.

Widiyanto, A., Sujarwanto, E., Prihaningtiyas, S., 2018. Analisis Pemahaman Konsep Peserta Didik dengan Instrumen Four Tier Diagnostic Test pada Materi Gelombang Mekanik. Presented at the Seminar Nasional Multidisiplin, Universitas K.H. A. Wahab Hasbullah, pp. 138–146.




DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i2.14284

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Bakhrul Rizky Kurniawan



Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education)

ISSN 2338-4379  (print) | 2615-840X (online)
Organized by Universitas Syiah Kuala 
Published by Master of Science Education Study Program Graduate School Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Indonesia
Website : http://jurnal.usk.ac.id/jpsi
Email     : jpsi@usk.ac.id

  

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.