ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP GELOMBANG MEKANIK MELALUI APLIKASI ONLINE QUIZIZZ
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Astuti, R.D., Sanjaya, B., Triwijayanti, N., Rondonuwu, F.S., 2009. Konsepsi Mahasiswa Tentang Cepat Rambat Gelombang Pada Permukaan Air, in: Revitalitas MIPA Dan Pendidikan MIPA Dalam Rangka Penguatan Kapasitas Kelembagaan Dan Profesionalisme Menuju World Class University. Presented at the Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, pp. 83–87.
Barniol, P., Zavala, G., 2017. The Mechanical Waves Conceptual Survey: An Analysis of University Students’ Performance, and Recommendations for Instruction. EURASIA J. Math. Sci. Technol. Educ. 13, 929–952. https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.00651a
Basuki, Y., Hidayati, Y., 2019. Kahoot! or Quizizz: the Students’ Perspectives, in: Proceedings of the Proceedings of the 3rd English Language and Literature International Conference, ELLiC, 27th April 2019, Semarang, Indonesia. Presented at the Proceedings of the 3rd English Language and Literature International Conference, ELLiC, 27th April 2019, Semarang, Indonesia, EAI, Semarang, Indonesia. https://doi.org/10.4108/eai.27-4-2019.2285331
Chaiyo, Y., Nokham, R., 2017. The effect of Kahoot, Quizizz and Google Forms on the student’s perception in the classrooms response system, in: 2017 International Conference on Digital Arts, Media and Technology (ICDAMT). Presented at the 2017 International Conference on Digital Arts, Media and Technology (ICDAMT), IEEE, Chiang Mai, Thailand, pp. 178–182. https://doi.org/10.1109/ICDAMT.2017.7904957
Damayanti, P.A., Rusnayati, H., 2018. Profil Hambatan Belajar Epistemologis Siswa SMA Pada Materi Ciri-Ciri Gelombang Mekanik, in: Membangun Kemandirian Dan Daya Saing Bangsa Melalui Pendidikan Dan Penelitian Fisika, 1. Presented at the Seminar Nasional Fisika (SINAFI) 2018, FPMIPA - Universitas Pendidikan Indonesia, pp. 200–206.
Docktor, J.L., Strand, N.E., Mestre, J.P., Ross, B.H., 2015. Conceptual Problem Solving in High School Physics. Phys. Rev. Spec. Top.-Phys. Educ. Res. 11, 020106.
Foroushani, S., 2019. Misconceptions in engineering thermodynamics: A review. Int. J. Mech. Eng. Educ. 47, 195–209. https://doi.org/10.1177/0306419018754396
Gunawan, G., Harjono, A., Sahidu, H., Gunada, I.W., 2019. Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Informasi bagi Guru IPA Fisika di Lombok Barat. J. Pendidik. Dan Pengabdi. Masy. 2, 120–127.
Husain, C., 2014. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran di SMA Muhammadiyah Tarakan. J. Kebijak. Dan Pengemb. Pendidik. 2, 184–192.
Istyowati, A., Kusairi, S., Handayanto, S.K., 2017. Analisis pembelajaran dan kesulitan siswa SMA kelas xi terhadap penguasaan konsep Fisika, in: Biologi, Pembelajaran, Dan Lingkungan Hidup Perspektif Interdisipliner. Presented at the Seminar Nasional III, Pendidikan Biologi-FKIP, Universitas Muhammadiyah Malang, pp. 237–243.
Kennedy, E.M., De Bruyn, J.R., 2011. Understanding of Mechanical Wave Among Second-Year Physics Majors. Can. J. Phys. 89, 1155–1161. https://doi.org/10.1139/P11-113
Küçüközer, A., 2010. Prospective Science Teachers’ Misconceptions Concerning Wave. J. Turk. Sci. Educ. 7, 66–75.
Kurniawan, B.R., Handayanto, S.K., Parno, 2016. Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Fisika Universitas Negeri Malang, in: Inovasi Pembelajaran IPA Yang Bermakna Dan Mencerdaskan. Presented at the Seminar Nasional Pendidikan IPA, Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Malang, pp. 105–111.
Kurniawan, B.R., Taqwa, M.R.A., 2018. Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika pada Materi Listrik Dinamis. J. Pendidik. Teori Penelit. Dan Pengemb. 3, 1451–1457.
Kusairi, S., Zulaikah, S., 2017. Diagnosis Miskonsepsi Siswa SMA di Kota Malang pada Konsep Suhu dan Kalor Menggunakan Three Tier Test. J. Pendidik. Fis. Dan Teknol. 2, 95–105.
Lestari, P.A.S., Rahayu, S., Hikmawati, H., 2017. Profil Miskonsepsi Siswa Kelas X Smkn 4 Mataram pada Materi Pokok Suhu, Kalor, dan Perpindahan Kalor. J. Pendidik. Fis. Dan Teknol. 1, 146–153.
Maulida, F.O., Mardiyana, M., Pramudya, I., 2017. Analisis Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Persamaan Lingkaran Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas XII IPS 4 SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. J. Pendidik. Mat. Dan Mat. SOLUSI 1, 26–45.
Mosik, Maulana, P., 2010. Usaha Mengurangi Terjadinya Miskonsepsi Fisika Melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Konflik Kognitif. J. Pendidik. Fis. Indones. 6, 98–103.
Nawati, I., Saepuzaman, D., Suhandi, A., 2017. Konsistensi Konsepsi Siswa Melalui Penerapan Model Interactive Lecture Demonstration Pada Materi Gelombang Mekanik. J. Penelit. Pembelajaran Fis. 8, 32–38.
Okur, M., Artun, H., 2016. Secondary Students’ Opinions About Sound Propagation. Eur. J. Educ. Stud. 2, 44–62.
Phage, I., 2018. Undergraduate Physics Students’ Conceptual Understanding in The Learning of Kinematics Using A Blended Approach. Int. E-J. Adv. Educ. 4, 199–204.
Sari, W.P., Suyanto, E., Suana, W., 2017. Analisis Pemahaman Konsep Vektor pada Siswa Sekolah Menengah Atas. J. Ilm. Pendidik. Fis. Al-Biruni 6, 159–168. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i2.1743
Sözen, M., Bolat, M., 2011. Determining the misconceptions of primary school students related to sound transmission through drawing. Procedia - Soc. Behav. Sci. 15, 1060–1066. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.03.239
Sutopo, S., 2016. Students’ Understanding of Fundamental Concepts of Mechanical Wave. Indones. J. Phys. Educ. 12, 41–53.
Ulya, H., 2016. Profil kemampuan pemecahan masalah siswa bermotivasi belajar tinggi berdasarkan ideal problem solving. J. Konseling Gusjigang 2, 90–96.
Widiyanto, A., Sujarwanto, E., Prihaningtiyas, S., 2018. Analisis Pemahaman Konsep Peserta Didik dengan Instrumen Four Tier Diagnostic Test pada Materi Gelombang Mekanik. Presented at the Seminar Nasional Multidisiplin, Universitas K.H. A. Wahab Hasbullah, pp. 138–146.
DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i2.14284
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Bakhrul Rizky Kurniawan
Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education)
ISSN 2338-4379 (print) | 2615-840X (online)
Organized by Universitas Syiah Kuala
Published by Master of Science Education Study Program Graduate School Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Indonesia
Website : http://jurnal.usk.ac.id/jpsi
Email : jpsi@usk.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.