Penerapan Modul Problem Based Learning terhadap Self Efficacy dan Hasil Belajar Peserta Didik

Citra Yolantia, Wiwit Artika*, Cut Nurmaliah, Hafnati Rahmatan, Muhibbuddin Muhibbuddin

Abstract


Self-efficacy memiliki kontribusi penting dalam proses pembelajaran karena dapat digunakan sebagai prediktor kinerja belajar siswa. Self-efficacy mampu merangsang motivasi, proses kognitif, aktivitas, prestasi dan ketekunan siswa. Kurangnya kemampuan efikasi diri merupakan salah satu masalah yang sering terjadi dalam pembelajaran. Permasalahan ini dapat diatasi melalui penerapan media pembelajaran seperti penggunaan modul inovatif. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan modul pembelajaran berbasis masalah terhadap efikasi diri dan hasil belajar siswa. Selain itu juga bertujuan untuk melihat hubungan antara efikasi diri dengan hasil belajar akibat penerapan modul pembelajaran berbasis masalah materi sistem pencernaan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 di sebuah sekolah menengah atas di Kabupaten Aceh Barat, Aceh, Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest posttest non-equivalent control group design. Sampel penelitian adalah 93 siswa (total sampling). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket efikasi diri dan tes kognitif materi sistem pencernaan. Data efikasi diri dan hasil belajar dianalisis dengan uji statistik parametrik menggunakan analisis kovarians, sedangkan efikasi diri dianalisis menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan modul pembelajaran berbasis masalah berpengaruh terhadap efikasi diri dan hasil belajar siswa. Selain itu, analisis korelasi menunjukkan bahwa r hitung > r tabel (0,7277 > 0. 2461) yang mengartikan adanya hubungan yang signifikan antara efikasi diri dengan hasil belajar siswa. Efikasi diri berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa: semakin tinggi efikasi diri maka hasil belajar akan semakin tinggi

Keywords


Problem Based Learning Module, Self Efficacy, Learning Outcomes

Full Text:

PDF

References


Alrahlah, A. 2016. How effective the problem-based learning (PBL) in dental education. A critical review. The Saudi Dental Journal, 28(4):155-161.

Bandura, A. 2012. On the functional properties of perceived self-efficacy revisited. Journal of Management, 3(1):9-44.

Banerjee, S., Arora, S., John, G., Dutta, S., Kalra, R., & Sapra, R. 2019. Effectiveness of a self-instructional module on knowledge, attitude, and practice regarding pharmacovigilance among staff nurses. Current Medicine Research and Practice, 9:23-37.

Betoret, F.D., Rosello, L.A., & Artiga, A.G. 2017. Self-efficacy, satisfaction, and academic achievement: the mediator role of students' expectancy-value beliefs. Front. Psychol, 8:1-13.

Demiroren, M., Turan, S., & Teker, G.T. 2019. Determinants of self regulated learning skills: the roles of tutors and students. The American Physiological Society, 44(1):93-98.

Dhamija, N., & Kanchan. 2014. Effectiveness of self learning modules on the achievement and retention of undergraduate students in commerce. Education confab, 3(2):26-32.

Feist, J., & Feist, G.J. 2010. Teori Kepribadian, Salemba Humanika, Jakarta.

Fitri, I. 2017. Peningkatan self efficacy terhadap matematika dengan menggunakan modul matematika kelas viii smp negeri 2 bangkinang. Jurnal Cendekia Jurnal Pendidikan Matematika, 1:25–34.

Geitz, G., Brinke, D.J., & Kirschner, P.A. 2016. Changing learning behaviour: self-efficacy and goal orientation in pbl groups in higher education. International Journal of Educational Research, 75:146–158.

Hidayah, A.N., & Alsa, A. 2016. Penggunaan modul mmfe untuk meningkatkan efikasi diri bahasa inggris peserta didik smp. Gadjah Mada Journal of Professional Phsychology, 2(2):85-99.

Honicke, T., & Broadbent, J. 2016. The influence of academic self efficacy on academic performance: a systematic review. Educational Research Review, 17:63-84.

Jungert, T., & Rosander, M. 2010. Self efficacy and strategies to influence the study environment. Teaching in Higher Education, 15(6):647-659.

Lopes, J.M., Castro, J.G.F., & Peixoto, J.M. 2020. Self-efficacy of medical students in two schools with different education methodologies (problem-basead learning versus traditional). Revista Brasileira De Educacao Medica, 44(2):1-7.

Madalitso, L., & Mataka, P. 2014. Problem Based Learning (PBL) in the College Chemistry Laboratory: Students’ Perceptions of PBI and Its Relationship with Attitude and Self Efficacy Beliefs. Disertasi, Mallinson Institute for Science Education Western Michigan University, Kalamazoo.

Pramesti, B.N., Sajidan. Dwiastuti, S., & Setyaningsih, E. 2019. The feasibility of biology module based on stim-HOTS models. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 5(1):101-108.

Schunk, D. & Dibenedetto, M. 2020. Motivation and social cognitive theory. Contemporary Educational Psychology, 60(1):1-10.

Serrat, M.A., Dom, A.M., Buchanan, J.T., Williams, A.R., Efaw, M.L., & Richardson, L.L. 2014. Independent learning modules enhance student performance and understanding of anatomy. Anatomical Sciences Education, 7:406–416.

Smith, C. S., & Hung L, C. 2016. Using problem-based learning to increase computer self-efficacy in taiwanese students. Interactive Learning Environments, 25(3):1-14.

Stehle, S.M., Burton, E.E. 2019. Developing student 21st century skills in selected exemplary inclusive stem high schools. International Journal of STEM Education, 6(39):1-15.

Ulser, E.L., Pajares, F. 2008. Sources of self-efficacy in school: critical review of the literature and future directions. Review of Educational Research, 78(4):751–796.

Widayanti, Y. 2020. Meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan modul pembelajaran berbasis problem based learning (PBL). Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(1):166-174.

Yew, E.H.J., & Goh, K. 2016. Problem-based learning: an overview of its process and impact on learning. Health Professions Education, 2:75–79.




DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i4.21250

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 citra yolantia



Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education)

ISSN 2338-4379  (print) | 2615-840X (online)
Organized by Universitas Syiah Kuala 
Published by Master of Science Education Study Program Graduate School Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Indonesia
Website : http://jurnal.usk.ac.id/jpsi
Email     : jpsi@usk.ac.id

  

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.