PENERAPAN PEMBELAJARAN INKUIRI MENGGUNAKAN METODE PICTORIAL RIDDLE PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA

Alfi Zarisa, Saminan Saminan

Abstract


Rendahnya hasil belajar siswa di sekolah dipengaruhi oleh kreativitas siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas dan hasil belajar siswa setelah penerapan pembelajaran inkuiri menggunakan metode pictorial riddle. Penelitian menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desainonegroup pretest-posttest design. Sampel penelitian diambil secara acak dari seluruh siswa kelas VIII, sehingga yang menjadi sampel adalah sebanyak 20 orang siswa. Pengumpulan data menggunakan instrumen lembar observasi kreativitas siswa dan tes hasil belajar. Teknik analisis data lembar observasi kreativitas siswa menggunakan tafsiran persentase. Peningkatan tes hasil  belajar siswa dianalisis menggunakan N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran inkuiri menggunakan metode pictorial riddledapat meningkatkan kreativitas siswa sebesar 42% dengan rata-rata skor kreativitas yang diperoleh siswa pada pertemuan pertama sebesar 2,45 dengan kategori cukup dan pada pertemuan kedua sebesar 2,87 dengan kategori baik. Pembelajaran inkuiri menggunakan metode pictorial riddle mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada pertemuan pertama sebesar 19% dengan N-gain sebesar 0,41 dan tergolong dalam kategori sedang, dan sebesar 13% pada pertemuan kedua dengan N-gain sebesar 0,36 dan tergolong dalam kategori sedang.

Keywords


pembelajaran inkuiri, metode pictorial riddle, kreativitas, hasil belajar, alat-alat optik

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 266 times
PDF - 1842 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Sains Indonesia



Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education) © 2013 by JPSI is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International

Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education)

ISSN 2338-4379  (print) | 2615-840X (online)
Organized by Universitas Syiah Kuala 
Published by Master of Science Education Study Program Graduate School Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Indonesia
Website : http://jurnal.usk.ac.id/jpsi
Email     : jpsi@usk.ac.id