EVALUASI DRAINASE JALAN PONDOK BARU – PERMATA KABUPATEN BENER MERIAH KM. 4+200 SAMPAI DENGAN KM. 10+522
Abstract
Abstract: The road is a transportation infrastructure that is essential for humans. The road connects a community of people in a region with other regions, one important aspect for highway construction was securing the road from the water, either from rain or from a side-street drainage impact on the road surface damage. Bener Meriah district, a mountainous region with an altitude of 100 meters above sea level up to 2,500 meters, with a fairly high rainfall. Road conditions on the slopes and foothills affect the slope of the road longitudinal slope and drainage in the rainy season the road so much going drainage is not functioning properly. Water flows and puddles on the pavement as well as the water flows out of the drainage caused by slope which was great so happens scouring the drainage, plus more water falling from the slopes directly to the pavement without any treatment, for it was necessary to do research that aims to identify capacity of the existing road drainage network, knowing and planning network capacity as well as the road drainage slope drainage is needed so that the roads are not inundated by rain water discharge. The research was conducted on roads Pondok Baru - Permata on Sta.4 + 200 s / d Sta10 + 522. The method used in this research was the average algebra as well as to get a discharge plan and dimension using numerical equations rational modification with a system of trial and error, to come to the rain plan period of 5 years is 184 mm. Existing drainage conditions based on calculations obtained an average drainage discharge 1.52 m3 / sec and the discharge count 0.52 m3 / sec flow rate of water drainage on average at 7.54 m / sec speeds exceeding 1.5 license m / sec. Having calculated back then obtained an average discharge chute 0.519 m3 / sec and the discharge count 0,517 m3 / sec at the speed of average water flow of 1.31 m / sec, drainage on roads Pondok Baru - Permata diredesign necessary.
Abstrak: Jalan merupakan infrastruktur transportasi yang sangat penting bagi manusia. Jalan menghubungkan suatu komunitas masyarakat di suatu wilayah dengan wilayah lain, salah satu aspek penting untuk konstruksi jalan raya adalah mengamankan jalan dari air, baik dari air hujan maupun dari drainase samping jalan yang berdampak terhadap kerusakan permukaan jalan. Kabupaten Bener Meriah merupakan daerah pegunungan dengan ketinggian dari permukaan laut 100 meter sampai dengan 2.500 meter, dengan curah hujan yang cukup tinggi. Kondisi jalan yang berada di lereng dan kaki gunung mempengaruhi terhadap kemiringan memanjang jalan dan kemiringan drainase jalan sehingga pada musim hujan banyak terjadi drainase tidak berfungsi dengan baik. Air mengalir dan tergenang di perkerasan jalan serta air mengalir dengan cepat pada drainase yang disebabkan oleh slope yang besar sehingga terjadi gerusan pada drainase, ditambah lagi air jatuh dari lereng langsung ke perkerasan jalan tanpa ada penanganan, untuk hal itu perlu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengidentifikasi kapasitas jaringan drainase jalan yang ada, mengetahui dan merencanakan kapasitas jaringan drainase jalan serta drainase lereng yang dibutuhkan agar jalan tidak tergenang oleh debit air hujan. Penelitian ini di lakukan pada ruas jalan Pondok Baru – Permata pada Sta.4+200 s/d Sta10+522. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode rata-rata aljabar serta untuk mendapatkan debit rencana dan dimensi menggunakan metode rasional modifikasi persamaan numeris dengan sistem trial and error, didapat untuk hujan rencana periode 5 tahun yaitu 184 mm. Kondisi drainase eksisting berdasarkan perhitungan didapat debit drainase rata-rata QS 1,52 m3/detik dan debit hitung QT 0,52 m3/detik dengan kecepatan aliran air rata-rata pada drainase 7,54 m/detik yang melebihi kecepatan izin 1,5 m/detik. Setelah dihitung kembali maka didapatkan debit saluran rata-rata QS 0,519 m3/detik dan debit hitung QT 0,517 m3/det dengan kecepatan aliran air rata-rata 1,31 m/detik, drainase pada ruas jalan Pondok Baru – Permata perlu dilakukan desain.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24815/jts.v1i4.10054
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
2021 | Jurnal Teknik Sipil Unsyiah