KAJIAN SHEAR LAG PADA SAMBUNGAN TARIK BAJA PROFIL WF DENGAN METODE ELEMEN HINGGA
Abstract
Hampir pada seluruh struktur baja terdapat pelemahan pada daerah sambungannya, yang biasa disebut sebagai joint efficiency. Terdapat berbagai faktor dari pelemahan tersebut, diantaranya yang sangat penting adalah fenomena shear lag. Fenomena ini terjadi akibat dari tidak seluruh bagian penampang profil disertakan sambungan (paku keling, baut, atau las) sehingga akan terjadi peningkatan tegangan pada bagian profil yang disertai sambungan. Kondisi shear lag ini sudah tercantum dalam standar AISC 360-16 yang diambil berdasarkan penelitian Munse dan Chesson (1963). Pada penelitian tersebut dilakukan dengan uji eksperimen. Hingga saat ini, fenomena shear lag masih terus diteliti dan disempurnakan formulanya dengan berbagai metode, seperti pada penelitian Alhassan et al (2020), Hsiao dan Shrestha (2018), Ke et al. (2018), Abedin et al. (2019), Borges et al. (2020).
Pada penelitian ini melakukan uji coba pada baja WF600x300, WF400x200 dan WF300x150. Dimana ketiganya dipasang gusset dengan sambungan pada bagian web dengan panjang sambungan yang sama. Pengujian tarik dengan metode elemen hingga dilakukan dengan bantuan perangkat Ansys. Dari uji ini didapat besarnya faktor reduksi kuat tariknya adalah berturut-turut tiap ukuran 0,58; 0,49; dan 0,41. Hasil ini hanya sekitar 71 % dari ketetapan pada standar AISC 360-16.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
. Abambres, M., & Arruda, M. R., 2016. Finite element analysis of steel structures–a review of useful guidelines. International Journal of Structural Integrity.
. Abedin, M., Maleki, S., Kiani, N., & Shahrokhinasab, E., 2019. Shear lag effects in angles welded at both legs. Advances in Civil Engineering, 2019.
. American Institute of Steel Construction (AISC) 360-16., 2016. Specification for structural steel buildings.
. Alhassan, M. A., Abdalla, K. M., & AL-Shatnawi, M. E., 2020. Critical Evaluation of the Shear Lag Factor Provisions for W-Sections. Frontiers in Built Environment, 6, 144.
. Borges, J. F., de Paula, V. F., Evangelista Jr, F., & Bezerra, L. M., 2020. Reliability and uncertainty quantification of the net section tension capacity of cold-formed steel angles with bolted connections considering shear lag. Advances in Structural Engineering, 1369433220971731.
. Buildings Department (BD) – The Government of the Hong Kong Special Administrative Region., 2011. Code of Practice for the Structural Use of Steel, Hong Kong.
. Boyer, H. F., 2002. Atlas of stress-strain curves, ASM,Metals Park, OH.
. CEN - Comité Européen de Normalisation., 2007a. Eurocode 3: Design of Steel Structures − Part 1-6: Strength and Stability of Shell Structures (EN 1993-1-6), Bruxels.
. Fleitas, I., Bonilla, J., Bezerra, L. M., & Mirambell, E., 2020. Net section resistance in bolted cold-formed steel angles under tension. Journal of Constructional Steel Research, 105841.
. Halahla, A., 2018. Study the behavior of reinforced concrete beam using Finite Element Analysis. World Congress on Civil, Structural, and Environmental Engineering, 1–9. https://doi.org/10.11159/icsenm18.103
. Hsiao, J. K. K., & Shrestha, S., 2018. Shear Lag Factors for Tension Angles with Unequal-Length Longitudinal Welds. Advanced Steel Construction, 14(4).
. Indonesia, S. N., 2015. Spesifikasi untuk bangunan gedung baja struktural. Standar Nasional Indonesia 1729: 2015.
. Ke, K., Xiong, Y. H., Yam, M. C., Lam, A. C., & Chung, K. F., 2018. Shear lag effect on ultimate tensile capacity of high strength steel angles. Journal of Constructional Steel Research, 145, 300-314.
. Luperi, F. J., & Pinto, F., 2016. Structural behavior of barges in high-energy collisions against bridge piers. Journal of Bridge Engineering, 21(2), 04015049.
. Munse, W. H., & Chesson, E., 1963. Riveted and bolted joints: net section design. Journal of the Structural Division, 89(1), 107-126.
. Segui, W. T., 2012. Steel design. Cengage Learning.
. Yam, M. C., Ke, K., Jiang, B., & Lam, A. C., 2020. Net section resistance of bolted S690 steel angles subjected to tension. Thin-Walled Structures, 151, 106722.
DOI: https://doi.org/10.24815/jts.v12i1.31162
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
2021 | Jurnal Teknik Sipil Unsyiah