The Influence of Student Interest on Student Learning Outcomes in Science Subjects
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amin, A., Alimni, A., Kurniawan, D.A., Septi, S.E., & Azzahra, M.Z. 2021. The study of differences and influences of teacher communication and discipline characters of students. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(4):622–630.
Amin, A., Alimni, Perdana, R., Azzahra, M.Z., & Septi, S.E. 2021. Associative and comparative study on student’s perseverences and religious in islamic education subject. Jurnal Pendidikan Progresif, 11(3):676–691.
Berutu, M.H.A. & Tambunan, M.I.H. 2018. Pengaruh minat dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar biologi siswa SMA se-Kota Stabat. Jurnal Biolokus, 1(2):109–115.
Buadiarti, R.S., Kurniawan, D.A., Triani, E., & Perdana, R. 2021. Evaluation of the results of attitudes and self-efficacy of middle school students in science subjecrs. Journal of Educational Research and Evaluation, 5(4):525–535.
Dewi, P.Y.A. 2020. Hubungan gaya komunikasi guru terhadap tingkat keefektifan proses pembelajaran. Purwadita: Jurnal Agama dan Budaya, 3(2):71–78.
Ernawati, M.D., Asrial, Perdana, R., Septi, S.E., & Rahmi. 2021. Evaluation of students’ attitudes and science process skills toward middle school science subject in Indonesia. Jurnal Pendidikan Progresif, 1(2):258–274.
Fadhli, M. 2017. Manajemen peningkatan mutu pendidikan. TADBIR: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(2):215–240.
Fakhrurrazi, F. 2018. Hakikat pembelajaran yang efektif. At-Tafkir, 11(1):85–99.
Fridani, N., Hasruddin, & Sitompul, H. 2020. Pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar IPA SD dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (PBL). Jurnal Pendidikan Pembelajaran IPA Indonesia, 2(1):7–12.
Hermawan, I. 2019. Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Method). Hidayatul Qur’an Kuningan.
Ilham, D. 2019. Menggagas pendidikan nilai dalam sistem pendidikan nasional. Didakta: Jurnal Kependidikan, 8(3):109–122.
Jayul, A. & Irwanto, E. 2020. Model pembelajaran daring sebagai alternatif proses kegiatan belajar pendidikan jasmani di tengah pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2): 190–199.
Kamid, K., Rohati, R., Rahmalisa, Y., Anggo, M., Septi, S.E., Azzahra, M.Z., & Nawahdani, A.M. 2021. Engklek game in mathemtics: how differences and relationship students toward science process skills? Cypriot Journal of Educational Sciences, 16(6):3109–3123.
Kamid, Sofnidar, Septi, S.E., & Citra, Y.D. 2021. The contribution of the traditional game of congklak to mathematics learning: how is the relationship and influence of intereset, cooperative character and student responses. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 11(2):280–295.
Kartika, S., Husni, & Millah, S. 2019. Pengaruh kualitas sarana dan prasarana terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1):113–126.
Kristiyanto, W., Gunarhadi, & Indriayu, M. 2020. The effect of the science technology society and the quantum teaching models on learning outcomes of students in the natural science course in relation. International Online Journal of Education and Teaching (IOJET), 7(1):177–191.
Lapinova, S. & Saichev, A. 2017. Comparative statistics of garman-klass, parkinson, roger-satchell and bridge estimators. Cogent Physics, 4(1):1-13.
Laras, S.A. & Rifai, A. 2019. Pengaruh minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik di BBPLK Semarang. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 4(2):121–130.
Luetz, J.M. & Sultana, N. 2019. Disaster risk reduction begins at school: research in bangladesh highlights education as a key success factor for building disaster ready and resilient communities—a manifesto for mainstreaming disaster risk education. In Climate Change Management. Springer International Publishing.
Mahmudah. 2018. Pengelolaan kelas: upaya mengukur keberhasilan proses pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 6(1):53–70.
Mansyur, A.R. 2020. Dampak covid-19 terhadap dinamika pembelajaran di Indonesia. Educational and Learning Journal, 1(2):113–123.
Mustari, M. & Rahman, M.T. 2014. Manajemen Pendidikan. RajaGrafika Persada.
Nasrullah, M., Ilmawati, Saleh, S., Niswaty, R., & Salam, R. 2018. Minat menjadi guru pada mahasiswa program studi pendidikan administrasi perkantoran Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Jurnal Administrare: Jurnal Pemikiran Ilmiah dan Pendidikan Administrasi Perkantoran, 5(1):1–6.
Nugraha, M. 2018. Manajemen kelas dalam meningkatkan proses pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(1):27–44.
Nurrita, T. 2018. Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Misykat: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah, 3(1):171-187.
Pradilasari, L., Gani, A., & Khaldun, I. 2019. Pengembangan media pembelajaran berbasis audio visual pada materi koloid untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 7(1):9–15.
Prasetyo, A.R., Nurtjahjanti, H., & Ardhiani, L.N. 2021. Impact of changes in teaching methods during the covid-19 pandemic: the effect of integrative e-learning on readiness for change and interest in learning among Indonesian university students. International Review of Research in Open and Distance Learning, 22(2):87–101.
Putri, N.E., Nirwana, H., & Syahniar. 2018. Hubungan kondisi lingkungan keluarga dengan hasil belajar siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 3(2):98–102.
Ramdhani, M.A. 2014. Lingkungan pendidikan dalam implementasi pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 8(1):28–37.
Rini, Y.S. & Tari, J.P.S. 2013. Pendidikan: Hakekat, Tujuan, dan Proses. Yogyakarta:Pendidikan dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta.
Riwahyudin, A. 2015. Pengaruh sikap siswa dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V Sekolah Dasar di Kabupaten Lamandau. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1):11–23.
Saat, S. 2015. Faktor-faktor determinan dalam pendidikan. Jurnal Al-Ta’dib: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(2):23–34.
Saputra, G.Y. & Agus, R.M. 2021. Minat siswa kelas vii dan viii dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan SMP Negeri 15 Mesuji. Journal of Physics Education (JouPE), 2(1):17–25.
Saputra, H.D., Ismet, F., & Andrizal. 2018. Pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa SMK. Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 18(1):25–30.
Setiawan, T.H. & Aden. 2020. Efektifitas penerapan blended learning dalam mahasiswa melalui jejaring schoology di masa pandemi covid-19. 3(5):493–506.
Sirait, E.D. 2016. Pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1):35–43.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Cetakan ke-18. CV Alfabeta.
Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S.K. 2018. Studi tentang prestasi belajar siswa dalam berbagai aspek dan faktor yang mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2):115-123.
Trongtorsak, S., Saraubon, K., & Nilsook, P. 2021. Collaborative experiential learning process for enhancing digital entrepreneurship. Higher Education Studies, 11(1): 137-147.
Ubaidillah. 2019. Pengembangan Minat Belajar Kognitif Pada Anak Usia Dini. JCE ( Journal of Childhood Education), 3(1): 58–85.
Yuliati, Y. & Lestari, I. 2019. Penerapan model creative problem solving untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1):32-39.
Yunitasari, R. & Hanifah, U. 2020. Pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa pada masa covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3):232–243.
Yuristia, A. 2018. Pendidikan sebagai transformasi budaya. Ijtimaiyah: Jurnal Ilmu Sosial dan Budaya, 2(1):1-13.
Zurweni, Kurniawan, D.A., & Azzahra, M.Z. 2021. A comparative analysis of students’ attitudes and interests in science subjects. Jurnal Pendidikan Progresif, 8(2):53–67.
DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v10i4.25306
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Margaret Dwi Wiwik Ernawati, Sudarmin Sudarmin, Asrial Asrial, Haryanto Haryanto, Aulia Sanova, Dwi Agus Kurniawan, Miftahul Zannah Azzahra
Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education)
ISSN 2338-4379 (print) | 2615-840X (online)
Organized by Universitas Syiah Kuala
Published by Master of Science Education Study Program Graduate School Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Indonesia
Website : http://jurnal.usk.ac.id/jpsi
Email : jpsi@usk.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.