Analisis Kebutuhan Pengembangan LKPD IPA Berbasis Eksperimen Sains untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Sekolah Dasar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adawiyah, R., Isnaini, N. F., Hasanah, U., & Faridah, N. R. 2021. Kesiapan Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka pada Era New Normal di MI At-Tanwir Bojonegoro. Jurnal Basicedu, 5(4), 2156–2163.
Alfiandri, A., Kurnianingsih, F., & Mahadiansar, M. 2021. SWOT Analysis E-Learning Concepts Based Digitalization in Kepulauan Riau Province Border Area. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 7(2), 43. https://doi.org/10.32884/ideas.v7i2.349
Asmirani, U., Putra, A., & Asrizal, D. 2013. Pengaruh LKS Berbasis Sains Teknologi Masyarakat Terhadap Kompetensi Siswa dalam Pembelajaran IPA Fisika di Kelas VIII SMP N 1 Kubung Kabupaten Solok. Pillar of Physics Education, 1(April), 85–90.
Astuti, R., Setianingsih, G. M., & Rahayu, S. 2021. Efektivitas Praktikum Biokimia Secara Luring dan Daring Guna meningkatkan Pemahaman Materi protein Pada Mahasiswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Sains, 2(1), 13–18.
Ayuni, Q., & Tressyalina. 2020. Analysis of Needs Of E-LKPD Based on Contextual Teaching and Learning (CTL) in Linear Learning for Exposition Text Materials. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 3(1), 179.
Bryson, J. R., & Andres, L. 2020. Covid-19 and rapid adoption and improvisation of online teaching: curating resources for extensive versus intensive online learning experiences. Journal of Geography in Higher Education, 44(4), 608–623. https://doi.org/10.1080/03098265.2020.1807478
Bulu, P. N., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Kupang, U. M., Muhsam, J., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., & Kupang, U. M. 2021. Pengembangan Lembar Kerja Siswa ( Lks ) Berbasis Pendekatan Open Ended Pada Subtema Manfaat Energi Di Kelas Iv Sdk Sta Maria Assumpta Kupang. Seminar Nasional Kependidikan (SNK)-I Program, 303–310.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. 2018. Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (ke 5). SAGE Publications.
Darwanto, & Meilasari, V. 2022. Bahan Ajar Digital Sebagai Alternatif Pembelajaran Jarak Jauh dan Mandiri ( Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah teori Graf). Jurnalbasicedu, 6(1), 1055–1063.
Desstya, A. 2014. Kedudukan dan Aplikasi Pendidikan Sains di Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 1(2), 193–200.
Efstathiou, C., Hovardas, T., Xenofontos, N. A., Zacharia, Z. C., deJong, T., Anjewierden, A., & van Riesen, S. A. N. 2018. Providing guidance in virtual lab experimentation: the case of an experiment design tool. Educational Technology Research and Development, 66(3), 767–791. https://doi.org/10.1007/s11423-018-9576-z
Elfina, S., & Sylvia, I. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMA Negeri 1 Payakumbuh Sisra. Jurnal Sikola, 2.
Endah, A. P., & Hidayat, S. 2022. Analisis Kebutuhan E-LKPD berbasis HOTS Bermuatan Karakter Penguatan Pendidikan Karakter dengan lima. PEDADIDAKTIKA : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, 9(1), 175–185.
Febriyanti, R. H., & Sundari, H. 2020. Rangkiang : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat UP3M STKIP PGRI Sumatera Barat PLATFORM FOR APPLICATION OF USE IN ONLINE ENGLISH BASED TEACHING Rangkiang : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat UP3M STKIP PGRI Sumatera Barat. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 17–27.
Fiteriani, I. 2017. Studi Komparasi Perbedaan Pengaruh Pemahaman Konsep Dan Penguasaan Keterampilan Proses Sains Terhadap Kemampuan Mendesain Eksperimen Sains. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 47–80.
Gusti, D. A., & Ratnawulan. 2020. An analysis of development of student’s worksheets with the theme integrated science energy in life by using integrated type of integrated learning in 21st century. Journal of Physics: Conference Series, 1481(1), 0–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1481/1/012045
Gusti, D. A., & Ratnawulan, R. 2021. Efektivitas LKPD IPA Terpadu Tema Energi dalam Kehidupan Dengan PBL Terintegrasi Pembelajaran Abad 21 untuk Meningkatkan Sikap Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(1), 77–84. https://doi.org/10.24036/jppf.v7i1.111939
Hasmiati, Jamilah, & Mustami, M. K. 2017. Aktivitas dan Hasil belajar Siswa Pada Pembelajaran pertumbuihan dan Perkembangan Dengan Metode Praktikum. Jurnal Biotec, 5, 21–35.
Hodgetts, D. J., & Stolte, O. E. E. 2012. Case-based Research in Community and Social Psychology: Introduction to the Special Issue DARRIN. 22(2012), 379–389. https://doi.org/10.1002/casp
İnan, C., & Erkuş, S. 2017. The Effect of Mathematical Worksheets Based on Multiple Intelligences Theory on the Academic Achievement of the Students in the 4th Grade Primary School. Universal Journal of Educational Research, 5(8), 1372–1377. https://doi.org/10.13189/ujer.2017.050810
Istiqomah, E. 2021. Analisis Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Sebagai Bahan Ajar Biologi. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 2(1), 1–15. https://doi.org/10.35719/alveoli.v2i1.17
Jowsey, T., Foster, G., Cooper-Ioelu, P., & Jacobs, S. 2020. Blended learning via distance in pre-registration nursing education: A scoping review. Nurse Education in Practice, 44(October 2018). https://doi.org/10.1016/j.nepr.2020.102775
Julian, R. 2019. Analisis Kebutuhan E-LKPD Untuk Menstimulasi Kemampuan Berpikir Kritis dalam Memecahkan Masalah. PROCEEDINGS OF THE 1st STEEEM 2019, 1(1), 238–243.
Maharani, S., Majid, M., & Yuhanna, W. L. 2021. Wisata Barokah : Alternatif Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 di RA Al-Ikhlas Mantren. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1676–1687. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.992
Maulidina, S., & Bhakti, Y. B. 2020. Pengaruh Media Pembelajaran Online Dalam Pemahaman Dan Minat Belajar Siswa Pada Konsep Pelajaran Fisika. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(2), 248. https://doi.org/10.31764/orbita.v6i2.2592
Mckenney, S., & Reeves, T. C. 2014. Educational Design Research. In Handbook of Research on Educational Communications and Technology: Fourth Edition (Issue May). https://doi.org/10.1007/978-1-4614-3185-5
Miles, M. B., & Huberman, M. 1994. Qualitative Data Analysis: An expanded Sourcebook 2nd Edition (2nd ed.). SAGE Publication, Inc.
Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press.
Purnama, G. Y., & Suparman, S. 2020. Analisis kebutuhan E-LKPD penunjang model pembelajaran CTL untuk menstimulus kemampuan berpikir kritis siswa. Science, Technology, Engineering, Economics, Education, and Mathematics, 1(1), 55–62. http://seminar.uad.ac.id/index.php/STEEEM/article/view/2825
Safitri, W., Budiarso, A. S., & Wahyuni, S. 2021. Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Ketrampilan Proses Sains Siswa SMP. Saintifika: Jurnal Ilmu Pendidikan Mipa.
Sakkir, G., Dollah, S., Arsyad, S., & Ahmad, J. 2021. Need analysis for developing writing skill materials using facebook for english undergraduate students. International Journal of Language Education, 5(1), 542–551. https://doi.org/10.26858/ijole.v5i1.14856
Sari, P. M., Zulfadewina, & Yarza, H. N. 2021. Pelatihan Pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) IPA Berbasis Keterampilan Proses Sains. Jurnal SOLMA, 10(01s), 111–117.
Sari, W. R., Putri, A. N., & Muhartati, E. 2022. Analisis Kebutuhan E-Lkpd Berbasis Problem Based Learning Terintegrasi Stem Untuk Menstimulus Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Memecahkan Masalah Windi. Student Online Journal, 3, 609–616.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV Alfabeta.
Sulistyorini, S., Harmanto, Abidin, Z., & Jaino. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Peserta didik ( LKPD) Tematik terpadu Mengintegrasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan Literasi Siswa SD di Kota Semarang. Jurnal Kreatif Jurnal Kependidikan Dasar, 9(4), 21–30.
Suryaningsih, S., Nurlita, R., Islam, U., Syarif, N., & Jakarta, H. 2021. Pentingnya Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik ( E-LKPD) Inovatif Dalam Proses pembelajaran Abad 21. Jurnal Pendidikan Indonesia ( Japendi ), 2(7), 1256–1268.
Suryaningsih, Y. (2017). Pembelajaran Berbasis Praktikum Sebagai Sarana Siswa Untuk Berlatih Menerapkan Keterampilan Proses Sains Dalam Materi Biologi. Jurnal Bio Education, 2, 49–57. https://jurnal.unma.ac.id/index.php/BE/article/view/759
Triana, N. 2021. LKPD Berbasis Eksperimen Tingkatkan Hasil Belajar Siswa. Guepedia.
Usmeldi, U., & Amini, R. 2021. Pelatihan Penggunaan KIT IPA dan Pengembangan LKPD Berbasis Praktikum untuk Guru IPA. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara, 1(2), 56–65. https://doi.org/10.37640/japd.v1i2.1010
DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v10i4.26108
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Liana Prabandari
Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education)
ISSN 2338-4379 (print) | 2615-840X (online)
Organized by Universitas Syiah Kuala
Published by Master of Science Education Study Program Graduate School Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Indonesia
Website : http://jurnal.usk.ac.id/jpsi
Email : jpsi@usk.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.