Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Crossword Puzzle Berbantuan Media Flip Book Terhadap Keaktifan Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Achdiyat, M. and Lestari, K. D. (2016) Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kepercayaan Diri dan Keaktifan Siswa di Kelas. Jurnal Formatif, 6(1), pp. 50–61. doi: http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v11i2.
Agarwal, H. K., Singhal, A. and Yadav, A. K. (2020) Crossword Puzzle: An Innovative Assessment Tool to Improve Learning Of Students In Forensic Medicine. Medico-Legal Update, 20(1), pp. 18–22. doi: https://doi.org/10.37506/v20/i1/2020/mlu/194286.
Anwar, Y. T. and Efransyah (2018) Teaching English Vocabulary Using Crossword Puzzle Game At the Seventh Grade Students. PROJECT (Professional Journal of English Education), 1(3), pp. 235–240. doi: http://dx.doi.org/10.22460/project.v1i3.p235-240.
Avianty, D. and Anantyarta, P. (2020) Efektivitas Online Learning Terhadap Keterlibatan Siswa dalam Pembelajaran Tematik (Matematika & IPA) pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(4), pp. 313–324. doi: http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v8i2.pp313-324.
Dahliana, D. et al. (2019) Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal basicedu, 3(3), pp. 956–962. doi: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i3.192.
Fachrozi, I. F. et al. (2021) The Use of Crossword Puzzles as The Way to Increase Student’s Vocabulary Mastery at SMA Tamansiswa Binjai. English Education and Art (LEEA) Journal, 4(2), pp. 249–256. doi: https://doi.org/10.31539/leea.v4i2.1851.
Fahrezi, G. and Susanti, S. (2021) Pengembangan Bahan Ajar Flip Book Kontekstual Berbasis Android Pada Materi Akuntansi Persediaan. Educatio: Jurnal Ilmu Kependidikan, 16(1), pp. 58–70. doi: https://doi.org/10.29408/edc.v16i1.3550.
Febrianti, F. A. (2021) Pengembangan Digital Book Berbasis Flip PDF Professional untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), pp. 102–115. doi: http://dx.doi.org/10.33603/.v4i2.5354.
Hamdi, S. and Farida, Q. A. (2019) Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs Ma’Arif NU I Jatilawang Kabupaten Banyumas. Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), pp. 43–52. doi: https://doi.org/10.32699/paramurobi.v2i1.815.
Hapnita, W. et al. (2018) Faktor Internal dan Eksternal Yang Dominan Mempengaruhi Hasil Belajar Menggambar Dengan Perangkat Lunak Siswa Kelas Xi Teknik Gambar Bangunan SMK N 1 Padang Tahun 2016/2017. CIVED (Journal of Civil Engineering and Vocational Education), 5(1), pp. 2175–2182. doi: https://doi.org/10.24036/cived.v5i1.9941.
Karlina, K. et al. (2020) Peningkatan Kualitas Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar Kelas Tinggi dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Crossword Puzzle. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 2(1), p. 34. doi: https://doi.org/10.30599/jemari.v2i1.583.
Khardi, S. (2017) Pengelolaan Pembelajaran Menghafal Ayat Al-Qur’an Secara Cepat Dengan Strategi Permainan Crossword Puzzle. Tarbawi, 3(02), pp. 144–152. doi: http://dx.doi.org/10.32678/tarbawi.v3i02.1785.
Kruawong, T. and Soontornwipast, K. (2021) The Development of Thai EFL Secondary School Students’ English Science Vocabulary Knowledge through Science Vocabulary Crossword Puzzle (SVCP) Practices: Action Research. Shanlax International Journal of Education, 9(4), pp. 44–54. doi: https://doi.org/10.34293/ education.v9i4.4054.
Kurniawan, A. W. and Puspitaningtyas, Z. (2016) Metode Penelitian Kuantitatif. Cetakan Pe. Yogyakarta: Pandiva Buku. Available at: https://kuliahfreddy.files.wordpress.com.
Makdis, N. (2020) Penggunaan E-Book Pada Era Digital. Al-Maktabah, 19(1), pp. 77–84. doi: https://doi.org/10.15408/almaktabah.v19i1.21058.
Mardiyah, A. and Hanif, E. (2021) Workshop Pembuatan E-Modul Flip-Book Berbasis Android Bagi Guru-Guru SMP/Mts dan SMA Muhammadiyah Kota Padangsidimpuan. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada …, 4(2), pp. 462–466. doi: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v4i2.462-466.
Marlina, R. et al. (2021) Application of Science Education Crossword Puzzle Multimedia to Improve the Outcomes and Learning Process at Junior High Schools in Digestive System. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 10(4), pp. 622–632. doi: : http://dx.doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i4.25350.
Miswandi (2018) Peningkatan Hasil Belajar PKN SD melalui Stategi Crossword Puzzle. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, 2(3), pp. 300–306. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v2i3.66.
Mursilah (2017) Penerapan Metode Pembelajaran Crossword Puzzle Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ips Kelas Xii Smk Nurul Huda Sukaraja. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 1(1), pp. 37–47. doi: https://doi.org/10.30599/utility.v1i1.61.
Pamungkas, I. B., Wibowo, W. A. and Juanda, A. (2021) Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keaktifan Belajar Mahasiswa Tingkat 1 Program Studi Manajemen Universitas Pamulang. Jurnal Semarak, 4(1), pp. 41–50. doi: http://dx.doi.org/10.32493/smk.v1i1.9347.
Prasetyo, A. D. and Abduh, M. (2021) Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Discovery Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), p. 1718. doi: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.991.
Qumillaila, Susanti, B. H. and Zulfiani (2017) Pengembangan Augmented Reality Versi Android Sebagai Media Pembelajaran Sistem Ekskresi Manusia. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(1), pp. 57–69. doi: https://doi.org/10.21831/cp.v36i1.9786.
Rahayu, S. (2018) Pengembangan Media Pembelajaran Crossword Puzzle Mata Pelajaran Penataan Barang Dagang Kelas XI Pemasaran SMK Negeri 1 Jombang. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 6(4), pp. 198–203. doi: No: B/1796/E5.2/KI.02.00/2020.
Rikawati, K. and Sitinjak, D. (2020) Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa dengan Penggunaan Metode Ceramah Interaktif. Journal of Educational Chemistry (JEC), 2(2), pp. 40–48. doi: 10.21580/jec.2020.2.2.6059.
Rivaldi, K. H. O., Putra, D. K. N. S. and Putra, I. K. A. (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Audio Visual Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), pp. 128–135. doi: 10.23887/jisd.v2i2.15494.
Sasriya, T., Dibia, I. K. and Kusmariyatni, N. (2016) Penerapan Model Pembelajaran NHT Berbantuan Media Teka-Teki Silang untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar. Mimbar PGSD UNDIKSHA, 6(3), p. 2. doi: http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i3.8601.
Siang, J. L. et al. (2020) Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SMP. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), pp. 40–52. doi: 10.21009/jtp.v22i1.15329.
Simatupang, H., Purnama, D. and Simatupang, Z. (2020) The Development of Best Practice Handbook Learning Strategy Based on Flip Book to Support Blended Learning Processes. Journal of Physics: Conference Series, 1462(1), pp. 1–4. doi: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1462/1/012014.
Wahyuliani, Y., Supriadi, U. and Anwar, S. (2016) Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Flip Book Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti Di SMA Negeri 4 Bandung. TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 3(1), pp. 22–36. doi: 10.17509/t.v3i1.3457.
Wicaksono, A., Supriyono, S. and Akhyar, F. (2021) Development Of Electronic Teaching Materials Based Flip Book Makers For Language Skills In Elementary Schools. Journal of Physics: Conference Series, 1987(1), pp. 1–7. doi: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1987/1/012008.
Wirahyuni, K. (2017) Meningkatkan Minat Baca Melalui Permainan Teka Teki Silang dan “Balsem Plang”. Acarya Pustaka, 3(1), pp. 1–11. doi: http://dx.doi.org/10.23887/ap.v3i1.12731.
Yulaika, N. F. and Sakti, N. C. (2020) Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Flip Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan, 4(1), pp. 67–76. doi: 10.26740/jpeka.v4n1.p67-76.
DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v10i4.26281
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Eka Febriyanti, Mayarni Mayarni
Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education)
ISSN 2338-4379 (print) | 2615-840X (online)
Organized by Universitas Syiah Kuala
Published by Master of Science Education Study Program Graduate School Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Indonesia
Website : http://jurnal.usk.ac.id/jpsi
Email : jpsi@usk.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.