MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN BERBASIS INKUIRI PADA MATERI KALOR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses sains (KPS) dan tanggapan peserta didik setelah diterapkan metode eksperimen berbasis inkuiri pada materi kalor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental dengan one group pretest-posttest design. Populasi yang digunakan adalah seluruh peserta didik kelas X MAN 1 Kembang Tanjong dengan sampel diambil secara acak dan didapatkan kelas X1. Tahapan penelitian meliputi 3 tahap, yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap akhir. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan tes pilihan ganda untuk melihat peningkatan KPS dan angket untuk mengetahui tanggapan peserta didik. Berdasarkan hasil analisis data penerapan metode eksperimen berbasis inkuiri dapat meningkatkan KPS peserta didik pada materi kalor di MAN 1 Kembang Tanjong. Data KPS menunjukkan nilai minimal pretest adalah 2,0, nilai minimal posttest adalah 12,0, dan N-gain sebesar 0,5 dengan skala 0-18. Peserta didik memberikan respon positif terhadap penerapan metode eksperimen berbasis inkuiri dalam proses belajar mengajar.
Keywords
Metode ekperimen berbasis inkuiri, keterampilan proses sains, kalor
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Sains Indonesia
Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education)
ISSN 2338-4379 (print) | 2615-840X (online)
Organized by Universitas Syiah Kuala
Published by Master of Science Education Study Program Graduate School Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Indonesia
Website : http://jurnal.usk.ac.id/jpsi
Email : jpsi@usk.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.