MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KUALA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran generatif terhadap peningkatan KPS siswa kelas X SMA Negeri I Kuala. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri I Kuala yang sampelnya dipilih secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengukur peningkatan KPS siswa adalah tes berbentuk pilihan ganda yang berjumlah 15 soal. Berdasarkan hasil persentase rata-rata N-gain siswa kelas eksperimen dan kontrol yaitu 36 dan 57. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata N-Gain kelas eksperimen lebih tinggi dari kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran generatif dapat meningkatan KPS siswa dibandingkan dengan menggunakan motede konvensional pada materi pemuaiaan di kelas X SMA Negeri I Kuala.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Sains Indonesia
Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education)
ISSN 2338-4379 (print) | 2615-840X (online)
Organized by Universitas Syiah Kuala
Published by Master of Science Education Study Program Graduate School Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Indonesia
Website : http://jurnal.usk.ac.id/jpsi
Email : jpsi@usk.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.