Pengembangan Sumber belajar Biologi Berbasis Potensi lokal Dadiah untuk meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa
Abstract
Abstrak: Indonesia merupakan negara dengan keanekaragaman etnis dan budaya yang tersebar di berbagai daerah. Potensi dan kearifan lokal yang dimiliki oleh berbagai suku bangsa belum secara optimal diintegrasikan dalam pembelajaran di sekolah sebagai sumber belajar. Dadiah merupakan salah satu makanan tradisional dari Sumatrera Barat yang biasa disajikan sehari-hari pada berbagai acara adat secara turun menurun. Dadiah merupakan produk fermentasi alami berbahan dasar susu kerbau murni. Proses fermentasi terjadi pada wadah berupa tabung bambu. Hasil penyelusuran ke sekolah pada materi Biologi khususnya Bioteknologi, dadiah sebagai potensi lokal khas Minangkabau tidak pernah diperkenalkan, padahal dadiah merupakan potensi lokal yang perlu dilestarikan. Membelajarkan pembuatan dadiah melalui praktikum dapat menggali dan melatih keterampilan proses sains (KPS) siswa. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah mengembangkan sumber belajar biologi berbasis potensi lokal untuk meningkatkan kemampuan keterampilan proses sains siswa. Metode pengembangan sumber belajar yang digunakan adalah metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Sumber belajar yang akan dikembangkan berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), Lembar kerja siswa (LKS), bahan ajar, evaluasi (soal keterampilan proses sains). Dari hasil penelitian diperoleh sumber belajar untuk membelajarkan bioteknologi sederhana pada biologi khususnya materi dadiah yang valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KPS siswa mengalami peningkatan pada katergori sedang dengan N-gain 0,61.
Kata Kunci : sumber belajar, potensi lokal, dadiah, Minangkabau, fermentasi, keterampilan proses sains
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akinbola, A., O. & Afolabi, F. 2010. Analysis of Science Process Skills
in West African Senior Secondary School Certificate Physics
Practical Examinations in Nigeria. American-Eurasian Journal of
Scientific Research, 5 (4), 234-240.
Dick, W., Carey, L & Carey, O. 1996. The Sistematis Design of
Instruction. Ohio: Pearson.
Gillies, R., M., & Nichols, K. 2015. How to support primary teachers’
implementation of inquiry: Teachers’ reflections on teaching
cooperative inquiry‐based science. Research in Science
Education, 45(2), 171‐191.
Hake, R., R. 1998. Interactive engagement v.s traditional methods:
six- thousand student survey of mechanics test data for
introductory physics courses. American Journal of Physics. Vol.
No.1.
Indrawati, M., & Qosyim, A. 2017. Keefektifan Lembar Kerja Siswa
(LKS) Berbasis Etnosains pada Materi Bioteknologi untuk Melatih
Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas IX. e-jurnal Unesa, 152-
Karamustafaoglu, S. 2011. Improving The Science Process Skills
Ability of Science Student Teachers Using I Diagrams. EJPCE
(Eurasian Journal of Physics and Chemistry Education). 3 (1), 26-
Khusniati, M. 2014. Model Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan
Lokal dalam Menumbuhkan Karakter Konservasi. Indonesian
Journal of Conservation, 3 (1): 67-74.
Kurnia, R., P., dan Suryadarma, G. 2016. Perangkat pembelajaran
biologi kegiatan ecotourism untuk mengasah keterampilan proses
sains dan sikap peduli lingkungan. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA,
(2), 216-231.
Ladyana, B. 2016. Kelayakan Teoritis LKS Project Based Learning
(PJBL) Penggunaan Bahan Alternatif Produk Bioteknologi
Konvensional. Surabaya. Bioedu. 3(3), 2302-9528, 396-403.
Leksono, s.M. 2014. Program Pembelajaran Biologi Konservasi
Berbasis Kearifan Lokal untuk Mengembangkan Literasi
Biodiversitas Calon Guru. Disertasi. Bandung: Sekolah
Pascasarjana UPI. Tidak diterbitkan.
Lestari, N., Fitriani, F. 2016. Physics Education based Ethnoscience:
Literatur Review. International Conference on Mathematics,
Science, and Education 2016 (ICMSE 2016), 31-34.
Muliatiwati, D., I., Saputro, S., dan Raharjo, S., B. 2016.
Pengembangan Handout Berbasis Team Assisted Individualization
(TAI) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Materi
Pembuatan Etanol Skala Laboratorium SMK Kimia Industri. Jurnal
Inkuiri, 5 (1): 37-44.
Nurhamara, E., J. 2019. Pengembangan Sumber Belajar Biologi
untuk Menggali Keterampilan Klasifikasi dan Penguasaan Konsep
Peserta Didik dengan Memanfaatkan Potensi Lokal Tumbuhan
Pewarna Tenun Ikat Sumba Timur. Pascasarjana, Universitas
Pendidikan Indonesia. Tesis: Tidak Diterbitkan.
Ogunniyi, M., B. 1998. Nature of World view Presupposition among
Science Teacher in Bostwana, Indonesia, Japan, Nigeria, and the
Philippines. Journal of Research in Science Teaching. 33(8): 817-
Ozgelen, S. 2012. Students’ Science Process Skills within a Cognitive
Domain Framework. Eurasia Journal of Mathematics, Science &
Technology Education,2012, 8 (4), 283-292.
Purwati, E., Aritonang, S., N., Melia, S., Juliyarsi, I., Purwanto, H.
(2016). Manfaat Probiotik Asam Laktat Dadih Menunjang
Kesehatan Masyarakat. Padang. Lembaga Pengembangan
Teknologi Informasi dan Komunikasi (LPTIK) Universitas Andalas.
Rhashvinder K., A. Singh, Charanjit K., S., Singh, Tunku M., T., M.,
Nor, A., Mostafa1 & Tarsem S., M., S. 2018. A Review of Research
on the Use of Higher Order Thinking Skills to Teach Writing.
International Journal of English Linguistics, 8 (1), 86-93.
Rustaman, N. (2003). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Cetakan I
Malang: Universitas Pendidikan Indonesia.
Situmorang, R., P. 2016. Analisis Potensi Lokal untuk
Mengembangkan Bahan Ajar Biologi di SMA Negeri 2 Wonosari.
Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang,
(1), 51–57.
Tinja, Y., Towaf., S., M., Hariyono. 2017. Pengembangan Bahan Ajar
Tematik Berbasis Kearifan Lokal sebagai Upaya Melestarikan Nilai
Budaya pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 2(9),
-1261.
Yumusak, G., K. 2016. Science Process Skills in Science Curricula
Applied in Turkey. Journal of Education and Practice, 7(20), 94-
Yusi, L. 2017. Kemampuan Calon Guru (Pre-Service Teacher) Biologi
Merencanakan Pembelajaran Berbasis Keterampilan Proses Sains
(Science Process Skills). Bioedukasi. 8 (2), 102-116.
DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i2.18783
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Siti - Sriyati
Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education)
ISSN 2338-4379 (print) | 2615-840X (online)
Organized by Universitas Syiah Kuala
Published by Master of Science Education Study Program Graduate School Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Indonesia
Website : http://jurnal.usk.ac.id/jpsi
Email : jpsi@usk.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.