Pengembangan Sumber belajar Biologi Berbasis Potensi lokal Dadiah untuk meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa

Siti Sriyati*, Almira Ivana, Didik Pryandoko

Abstract


Abstrak: Indonesia merupakan negara dengan keanekaragaman etnis dan budaya yang tersebar di berbagai daerah. Potensi dan kearifan lokal yang dimiliki oleh berbagai suku bangsa belum secara optimal diintegrasikan dalam pembelajaran di sekolah sebagai sumber belajar. Dadiah merupakan salah satu makanan tradisional dari Sumatrera Barat yang biasa disajikan  sehari-hari pada berbagai acara adat secara turun menurun. Dadiah merupakan produk fermentasi alami berbahan dasar susu kerbau murni. Proses fermentasi terjadi pada wadah berupa tabung bambu. Hasil penyelusuran ke sekolah pada materi Biologi khususnya Bioteknologi,  dadiah sebagai potensi lokal khas Minangkabau tidak pernah diperkenalkan, padahal dadiah merupakan potensi lokal yang perlu dilestarikan. Membelajarkan pembuatan dadiah melalui praktikum dapat menggali dan  melatih keterampilan proses sains (KPS) siswa. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah mengembangkan sumber belajar biologi berbasis potensi lokal untuk meningkatkan kemampuan keterampilan proses sains siswa. Metode pengembangan sumber belajar yang digunakan adalah metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Sumber belajar yang akan dikembangkan berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), Lembar kerja siswa (LKS), bahan ajar, evaluasi (soal keterampilan proses sains). Dari hasil penelitian diperoleh sumber belajar untuk membelajarkan bioteknologi sederhana pada biologi khususnya materi dadiah yang valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KPS siswa mengalami peningkatan pada katergori sedang dengan N-gain 0,61.

Kata Kunci : sumber belajar, potensi lokal, dadiah, Minangkabau, fermentasi, keterampilan proses sains

 


Keywords


sumber belajar, potensi lokal, dadiah, Minangkabau, fermentasi, keterampilan proses sains

Full Text:

PDF

References


Akinbola, A., O. & Afolabi, F. 2010. Analysis of Science Process Skills

in West African Senior Secondary School Certificate Physics

Practical Examinations in Nigeria. American-Eurasian Journal of

Scientific Research, 5 (4), 234-240.

Dick, W., Carey, L & Carey, O. 1996. The Sistematis Design of

Instruction. Ohio: Pearson.

Gillies, R., M., & Nichols, K. 2015. How to support primary teachers’

implementation of inquiry: Teachers’ reflections on teaching

cooperative inquiry‐based science. Research in Science

Education, 45(2), 171‐191.

Hake, R., R. 1998. Interactive engagement v.s traditional methods:

six- thousand student survey of mechanics test data for

introductory physics courses. American Journal of Physics. Vol.

No.1.

Indrawati, M., & Qosyim, A. 2017. Keefektifan Lembar Kerja Siswa

(LKS) Berbasis Etnosains pada Materi Bioteknologi untuk Melatih

Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas IX. e-jurnal Unesa, 152-

Karamustafaoglu, S. 2011. Improving The Science Process Skills

Ability of Science Student Teachers Using I Diagrams. EJPCE

(Eurasian Journal of Physics and Chemistry Education). 3 (1), 26-

Khusniati, M. 2014. Model Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan

Lokal dalam Menumbuhkan Karakter Konservasi. Indonesian

Journal of Conservation, 3 (1): 67-74.

Kurnia, R., P., dan Suryadarma, G. 2016. Perangkat pembelajaran

biologi kegiatan ecotourism untuk mengasah keterampilan proses

sains dan sikap peduli lingkungan. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA,

(2), 216-231.

Ladyana, B. 2016. Kelayakan Teoritis LKS Project Based Learning

(PJBL) Penggunaan Bahan Alternatif Produk Bioteknologi

Konvensional. Surabaya. Bioedu. 3(3), 2302-9528, 396-403.

Leksono, s.M. 2014. Program Pembelajaran Biologi Konservasi

Berbasis Kearifan Lokal untuk Mengembangkan Literasi

Biodiversitas Calon Guru. Disertasi. Bandung: Sekolah

Pascasarjana UPI. Tidak diterbitkan.

Lestari, N., Fitriani, F. 2016. Physics Education based Ethnoscience:

Literatur Review. International Conference on Mathematics,

Science, and Education 2016 (ICMSE 2016), 31-34.

Muliatiwati, D., I., Saputro, S., dan Raharjo, S., B. 2016.

Pengembangan Handout Berbasis Team Assisted Individualization

(TAI) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Materi

Pembuatan Etanol Skala Laboratorium SMK Kimia Industri. Jurnal

Inkuiri, 5 (1): 37-44.

Nurhamara, E., J. 2019. Pengembangan Sumber Belajar Biologi

untuk Menggali Keterampilan Klasifikasi dan Penguasaan Konsep

Peserta Didik dengan Memanfaatkan Potensi Lokal Tumbuhan

Pewarna Tenun Ikat Sumba Timur. Pascasarjana, Universitas

Pendidikan Indonesia. Tesis: Tidak Diterbitkan.

Ogunniyi, M., B. 1998. Nature of World view Presupposition among

Science Teacher in Bostwana, Indonesia, Japan, Nigeria, and the

Philippines. Journal of Research in Science Teaching. 33(8): 817-

Ozgelen, S. 2012. Students’ Science Process Skills within a Cognitive

Domain Framework. Eurasia Journal of Mathematics, Science &

Technology Education,2012, 8 (4), 283-292.

Purwati, E., Aritonang, S., N., Melia, S., Juliyarsi, I., Purwanto, H.

(2016). Manfaat Probiotik Asam Laktat Dadih Menunjang

Kesehatan Masyarakat. Padang. Lembaga Pengembangan

Teknologi Informasi dan Komunikasi (LPTIK) Universitas Andalas.

Rhashvinder K., A. Singh, Charanjit K., S., Singh, Tunku M., T., M.,

Nor, A., Mostafa1 & Tarsem S., M., S. 2018. A Review of Research

on the Use of Higher Order Thinking Skills to Teach Writing.

International Journal of English Linguistics, 8 (1), 86-93.

Rustaman, N. (2003). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Cetakan I

Malang: Universitas Pendidikan Indonesia.

Situmorang, R., P. 2016. Analisis Potensi Lokal untuk

Mengembangkan Bahan Ajar Biologi di SMA Negeri 2 Wonosari.

Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang,

(1), 51–57.

Tinja, Y., Towaf., S., M., Hariyono. 2017. Pengembangan Bahan Ajar

Tematik Berbasis Kearifan Lokal sebagai Upaya Melestarikan Nilai

Budaya pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 2(9),

-1261.

Yumusak, G., K. 2016. Science Process Skills in Science Curricula

Applied in Turkey. Journal of Education and Practice, 7(20), 94-

Yusi, L. 2017. Kemampuan Calon Guru (Pre-Service Teacher) Biologi

Merencanakan Pembelajaran Berbasis Keterampilan Proses Sains

(Science Process Skills). Bioedukasi. 8 (2), 102-116.




DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i2.18783

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Siti - Sriyati



Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education)

ISSN 2338-4379  (print) | 2615-840X (online)
Organized by Universitas Syiah Kuala 
Published by Master of Science Education Study Program Graduate School Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Indonesia
Website : http://jurnal.usk.ac.id/jpsi
Email     : jpsi@usk.ac.id

  

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.